Nah, biasanya kue kering yang digoreng adalah kue kering tradisional asli di Indonesia, dengan bahan dasar tepung terigu, tepung beras, ataupun tepung ketan. Namun, perkembangan zaman membuat khususnya para Moms berkreasi untuk membuat kue kering yang lezat dan mudah dibuat. Berikut ini merupakan aneka resep kue kering goreng yang bisa Moms coba di rumah. Yuk, simak!

Aneka Resep Kue Kering yang Digoreng

Sajian kue kering itu memang sangat pas dan cocok untuk dinikmati ketika sedang bersantai. Apalagi jika dinikmati dengan segelas teh, susu atau kopi. Pastinya menambah cita rasa dan juga semakin menikmati waktu bersantai ketika sudah lelah dengan kesibukan yang setiap hari Moms lakukan. Nah, kue kering sendiri, sudah menjadi salah satu makanan favorit bagi banyak orang di seluruh dunia. Kue kering bisa bermanfaat untuk Moms yang sedang menjalani proses diet karena berbagai kue kering memiliki kandungan yang dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Terlebih kue kering tidak selalu harus dioven, tapi bisa juga digoreng! Jadi sangat mudah dan praktis, lho. Mau coba? 

Tak Selalu Pakai Oven, Yuk Coba Resep Kue Kering Goreng Ini!
source: https://www.pexels.com

Resep Kue Kering Goreng dari Tepung Terigu

Tepung terigu adalah salah satu bahan makanan yang dibuat dari biji gandum. Berbeda dengan gandum yang berwarna cokelat, tepung terigu warnanya putih dan teksturnya lebih halus karena mengalami beberapa tahap pengolahan. Tepung terigu banyak mengandung gluten dengan kadar kekenyalan yang tinggi. Oleh karena itu, tepung terigu sering digunakan sebagai bahan pokok pembuatan mie hingga kue, Moms. Nah, berikut salah satu langkah mudah membuat olahan kue kering goreng menggunakan tepung terigu.

Langkah pertama, siapkan tepung terigu, tepung maizena, dan kentang kukus yang sudah dihaluskan sebagai bahan utamanya. Lalu, siapkan juga baking powder, kaldu ayam bubuk, garam, selederi yang dicincang halus dan diperas, telur yang dikocok lepas, dan minyak goreng secukupnya. Untuk bahan taburan, Moms hanya perlu menyiapkan cabai bubuk.
Langkah kedua, aduk semua bahan yang telah disiapkan. 
Langkah ketiga, setelah semua bahan tercampur dengan merata, giling adonan hingga tipis. Potong bulat berigi menggunakan cetakan berukuran bebas.
Langkah keempat, goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering. Jangan lupa diangkat dan ditiriskan.
Langkah terakhir, taburkan cabai bubuk ke kue kering goreng. Moms bisa kombinasi taburan dengan varian rasa lain atau saus pedas.

Resep Kue Kering Goreng dari Tepung Terigu
source: https://www.pexels.com
baca juga

Resep Kue Kering Goreng Sederhana

Memilih membuat kue kering memang pilihan yang tepat, karena jika dibandingkan kue basah, kue kering daya tahannya lebih lama atau tidak mudah basi. Nah, seringkali daripada repot, banyak yang memilih untuk membelinya di toko. Padahal cara membuat kue kering yang digoreng, sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama, lho. Yuk, simak langkah membuat kue kering yang digoreng berikut!

Langkah pertama, siapkan tepung terigu, beng beng drink cokelat atau susu kental, gula pasir, minyak sayur, dan air.
Langkah kedua, campurkan tepung terigu, beng beng drink cokelat, gula pasir, dan aduk hingga merata.
Langkah ketiga, tambahkan air sedikit demi sedikit dan minyak sayur untuk meratakan adonannya.
Langkah keempat, bentuk bulat-bulat kecil dan pipihkan atau Moms bisa mengkreasikan bentuknya.
Langkah kelima, goreng hingga kecokelatan. Untuk langkah terakhir merupakan pilihan Moms bisa menambahkan kue kering sederhana ini dengan keju parut. Selamat mencoba! 

Resep Kue Kering Goreng Sederhana

Resep Kue Kering Goreng dari Tepung Beras

Tepung beras adalah tepung yang dibuat dari beras ditumbuk atau digiling. Tepung beras ini tidak sama dengan pati beras yang dibuat dengan merendam beras dalam larutan alkali. Tepung ini bisa dikonsumsi oleh penderita intoleransi gluten karena tepung beras tidak mengandung gluten. Nah, untuk membuat kue kering dengan bahan tepung beras, Moms bisa mencoba resep berikut.

Langkah pertama, siapkan tepung beras, mentega, penyedap makanan, bawang merah, dan air panas.
Langkah kedua, haluskan bawang merah. 
Langkah ketiga, siapkan wadah untuk mencampurkan tepung beras, bawang merah yang telah dihaluskan, penyedap rasa, dan mentega.
Langkah keempat, masukkan air sedikit demi sedikit, sampai adonan kalis.
Langkah kelima, ambil sedikit adonan, bentuk tipis, lalu langsung digoreng di minyak panas. Tunggu hingga kecokelatan. Jangan lupa diangkat dan ditiriskan.

Resep Kue Kering Goreng dari Tepung Beras
source: https://www.rumahmesin.com
baca juga

Resep Kue Kering Goreng dari Tepung Ketan

Tepung ketan adalah tepung yang terbuat dari beras ketan hitam maupun putih yang diolah dengan cara digiling, ditumbuk, atau dihaluskan. Berbeda dengan tepung beras, tepung ketan teksturenya lebih lengket karena mengandung pati yang berperekat. Nah, resep kue kering yang digoreng dengan bahan tepung ketan ini salah satunya kastengel cincin goreng. Yuk, simak!

Langkah pertama, siapkah tepung ketan, sagu tani, keju, margarin, garam, telur, penyedap rasa, dan minyak untuk menggoreng.
Langkah kedua, campurkan semua bahan yang disiapkan selain minyak goreng, di dalam satu wadah. Aduk-aduk hingga merata.Tips untuk membuat adonan cepat kalis, Moms bisa memberikan sedikit air selama mengaduk. 
Langkah ketiga, setelah semua tercampur merata, bentuk adonan seperti cincin. 
Langkah keempat, goreng adonan yang telah dibentuk di minyak dengan api kecil. Tunggu hingga adonan matang, dan jangan terlalu sering diaduk untuk menghindari hasil jelek. 




 

Resep Kue Kering Goreng dari Tepung Ketan
source: https://www.pexels.com