Normalkah Siklus Menstruasi Mommy ? Yuk Cari Tahu Lewat Tulisan Ini

Siklus menstruasi adalah perubahan yang mulai terjadi dalam tubuh wanita, khususnya pada organ reproduksi, dimulai sejak hari pertama mengalami menstruasi. Siklus menstruasi pada tiap wanita tentunya berbeda-beda, bisa terjadi antara 21-35 hari. Namun rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari. Berikut gambar siklus menstruasi biologi yang normal:

Normalkah Siklus Menstruasi Mommy ? Yuk Cari Tahu Lewat Tulisan Ini
Siklus Menstruasi yang normal terjadi antara 21-35 hari dan berlangsung sekitar 3-7 hari.
source: http://biomags.com

Terdapat 4 fase dalam siklus menstruasi yaitu:

Fase Menstruasi

Fase Menstruasi biasanya terjadi selama 3-7 hari. Pada masa ini, lapisan dalam dinding rahim luruh menjadi darah menstruasi. Banyaknya darah yang keluar pada tiap siklus berkisar 30-40 ml. Nyeri pada bagian perut yang biasanya dirasakan pada hari-hari pertama adalah hal yang normal, nyeri tersebut dipicu oleh kontraksi dalam rahim yang terjadi karena peningkatan hormon prostaglandin selama menstruasi terjadi.

Fase Folikular (Pra Ovulasi)

Fase  Folikular atau pra ovulasi dimulai saat lapisan dinding rahim yang sempat luruh akan mulai menebal kembali. Lapisan dinding tersebut cukup tipissehingga sperma dapat melewati lapisan ini dengan mudah dan bisa bertahan kurang lebih 3-5 hari. Proses penebalan rahim dipicu oleh peningkatan hormon.

Fase  Ovulasi

Pada fase ini ovarium akan melepaskan sel telur yang sudah matang ke saluran indung. Sel telur akan keluar dari ovarium saat hormon LH dalam tubuh mencapai puncaknya. Sel telur menuju rahim untuk siap dibuahi sperma. Untuk Mommys yang sedang berencana memiliki momongan disarankan melakukan hubungan intim  pada masa pra ovulasi hingga ovulasi, atau lebih akrab kita dengar dengan masa subur. 

Fase  Luteal

Fase luteal umumnya terjadi umumnya sekitar 11-17 hari dengan rata-rata 14 hari. Pada fase ini dinding rahim makin menebal. Fase ini juga dikenal dengan fase pra menstruasi. kita akan mulai merasakan gejala pra menstruasi (PMS) ditandai dengan perubahan emosi yang lebih sensitif dan perubahan kondisi fisik seperti nyeri pada payudara, pusing, cepat lelah dan gejala lainnya.

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari pada kebanyakan wanita, tapi nggak semua wanita mengalami siklus yang sama.

Menstruasi menjadi tidak normal jika :

  • Menstruasi lebih dari 7 hari
  • Keluar darah yang banyak sehingga mengganti pembalut setiap 1-2 jam
  • Terjadi menstruasi lebih sering
  • Menstruasi hanya 1-2 hari (siklus haid pendek)
  • Nyeri yang tidak biasanya dan berlangsung selama berhari-hari


Gimana Moms? Apa siklus menstruasi Mommy normal atau nggak? Segera ke dokter jika terdapat gejala seperti tertulis ya!