Cara Membuat Pasir Kinetik dari Lem

    Bahan-bahan:

    • 2 sdm lem bening (bisa pakai tepung kanji yang dicairkan) 
    • 1 sdm detergen cair 
    • Pewarna makanan cair secukupnya
    • Pasir halus 1 plastik (pasir biasa yang bersih dan sudah diayak) 

    Cara membuat:

    1. Masukkan pasir halus ke dalam wadah lalu campurkan dengan pewarna makanan cair. Aduk-aduk sampai rata agar pewarna makanan bisa melekat sempurna ke pasir. Diamkan beberapa saat sampai pasir kembali mengering (sebaiknya didiamkan selama satu malam).
    2. Setelah itu, masukkan lem bening/ larutan kanji ke dalam wadah. Sambil diaduk-aduk, masukkan detergen cair. Aduk terus sampai lem tidak melekat dan teksturnya mirip slime.
    3. Setelah itu, ambil wadah yang lebih besar untuk mencampur adonan dengan pasir halus.
    4. Masukkan pasir perlahan-lahan lalu uleni dengan adonan yang tadi sudah dibuat. Uleni terus menerus sampai membentuk tekstur seperti yang Anda inginkan. Anda bisa membuatnya menjadi lebih padat atau sedikit cair dengan permukaan mirip slime.

youtube:BSEAB_z00TI
source: https://youtu.be/BSEAB_z00TI
DIY KINETIC SAND | Things to do when you're bored this summer

Cara Membuat Pasir Kinetik dengan Tepung Kanji

    Bahan-bahan yang digunakan:

    • 3 cangkir tepung kanji
    • 1 ½ cangkir air
    • 6 cangkir pasir bersih dan halus
    • Bahan pewarna makanan (jika hendak memberikan warna pada pasir kinetik)

    Cara pembuatan:

    1. Tuang 1 ½ air ke dalam mangkuk besar. Jangan gunakan mangkuk yang terbuat dari porselin. Lebih baik gunakan mangkuk besar biasa yang terbuat dari plastik dan yang mudah dibersihkan.
    2. Masukkan 3 cangkir tepung kanji ke dalam air, setelah itu, aduk rata untuk menghilangkan gumpalan-gumpalan karena tepung kanji memiliki tekstur yang menggumpal.
    3. Tuang pasir. Pada tahap ini penting untuk mengaduk adonan dengan baik agar semua bahan tercampur rata. Terus aduk!
    4. Pasir dapat dibeli di toko perabotan rumah tangga. Anda juga bisa menggunakan pasir mainan (tersedia di toko perlengkapan kerajinan tangan); yang juga memiliki variasi warna – artinya Anda tidak perlu mengkhawatirkan tahap selanjutnya.
    5. Ingin mengubah warna pasir kinetik. Jika Anda menginginkan pasir kinetik berwarna merah muda atau biru, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan yang cocok atau beberapa sendok makan cat tempera bubuk untuk dicampur.
    6. Jika Anda ingin berbagai warna, Anda harus memisahkan pasir secara merata ke dalam wadah yang lebih kecil dan tambahkan warna yang berbeda secara terpisah.
    7. Jika Anda ingin menambahkan glitter atau wewangian (Anda bisa menggunakan ekstrak yang biasa digunakan untuk memanggang kue), lakukan dengan cara yang sama juga. 
    8. Campurkan pewarna, wewangian atau glitter secara merata.
Cat tempera bubuk (berbeda dengan pewarna makanan) akan menghasilkan warna yang lebih padat. Cukup gunakan beberapa sendok makan, walaupun tetap sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Membuat Pasir Kinetik dengan Tepung Kanji
source: https://shadethenightfury.tumblr.com/
baca juga

Cara Membuat Pasir Kinetik dari Tepung Tapioka

    Bahan-bahan:

    • 2 cup tepung terigu
    • 1/4 cup baby oil

    Cara membuat:

    1. Campur tepung terigu dan baby oil. Uleni dengan tangan hingga menyatu.
    2. Jika sekiranya hasilnya belum terlalu menyatu atau belum bisa dibentuk adonannya, tambahkan baby oil lagi.
    3. Selesai dan siap dimainkan. Hasil akhirnya si pasir sedikit lengket di tangan, maksudnya gak bakalan sebersih kalo kita main pasir kinetik, dan kalo jatuh ke lantai bisa bikin licin.

Cara Membuat Pasir Kinetik dari Tepung Tapioka
source: https://www.appletreebsd.com

    Setelah jadi, Moms bisa langsung memainkannya bersama buah hati tercinta. Pasir ajaib ini bisa dimainkan dengan berbagai cara. Moms bisa mencetaknya dengan cetakan-cetakan pasir yang lucu. Moms juga bisa membuatnya mirip roti lalu memotong-motongnya. Mainan ini lebih higienis dibandingkan dengan bermain pasir alami. Setelah selesai bermain, Moms pun bisa dengan mudah membereskan mainan ini karena tekstur pasir saling menyatu satu sama lain.

Bahaya Pasir Kinetik

Tidak banyak isu yang mencuat ke media terkait permainan edukatif ini. Pasir kinetik yang dijual di pasaran telah dinyatakan lulus uji dan aman bagi anak. Namun, bagaimana pun juga orang tua tetap harus waspada terhadap berbagai potensi bahaya yang mengintai. Pasir kinetik tetap harus digunakan dengan wajar dan diletakkan pada tempat yang semestinya.
    
Terpeleset

Meskipun mainan, tekstur dari pasir kinetik tentu menyerupai aslinya. Jika dibiarkan tercecer di lantai rumah, mainan ini dapat menyebabkan kotor dan bisa membuat orang terpeleset. Pastikan mainan pasir kinetik diletakkan kembali di tempatnya selesai digunakan.

Tertelan

Sebaiknya permainan ini diberikan kepada anak usia 3 tahun ke atas yang sudah lebih memahami apa yang baik dan tidak dimasukkan ke dalam mulut. Mainan ini merupakan campuran antara pasir dan sejenis silikon. Tentu sangat berbahaya jika sampai tertelan.

Mungkin terlihat sekadar mainan. Namun, Anda bisa menjadikan mainan pasir kinetik sebagai sarana untuk menjaga relasi dengan anak. Selalu jaga anak ketika bermain. Sekali-kali Anda juga bisa ikut bermain agar anak lebih dekat dengan orang tuanya.