Jika karang gigi tidak dibersihkan akan berakibat negatif pada tubuh. Dari menggangu penampilan, bau mulut yang tidak sedap, infeksi gusi sampai gigi goyang. Untuk itu, penting sekali membersihkan karang gigi minimal enam bulan sekali. Kalau enggan atau takut ke dokter gigi, Moms bisa membersihkannya sendiri lho. Berikut lima cara menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter, Moms bisa pilih salah satunya.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Karang gigi bisa hilang jika Mommy menerapkan pola hidup yang sehat. Dengan cara rajin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride ya Moms untuk mencegah plak berkembang. 

Menggosok gigi saja tidak cukup. Kadang ada sisa kotoran yang tertinggal di sela-sela gigi. Moms bisa membersihkannya dengan benang gigi. Bisa juga berkumur dengan mouthwash yang banyak dijual di pasaran. 

Tidak makan sembarangan dan merokok, serta mengonsumsi sayuran dan buah-buahan juga bisa mencegah timbulnya karang gigi. 

Source: http://tipsinfo-hidupsehat.blogspot.com
Source: http://tipsinfo-hidupsehat.blogspot.com

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam

Menghilangkan karang gigi bisa menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Salah satunya adalah garam. Menurut penelitian garam memiliki sifat antiseptik yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut. 

Moms hanya perlu mencampurkan satu sendok garam ke dalam air hangat. Setelah tercampur dan larutan rata, Moms bisa menggunakannya untuk berkumur. Lakukan tiga kali dalam satu hari. Durasi waktunya satu menit setiap kali berkumur dan arahkan ke area karang gigi. 

Source: https://hellosehat.com
baca juga

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda

Satu lagi bahan-bahan dapur yang bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi adalah baking soda. Menurut hasil studi penelitian, baking soda memiliki sifat anti bakteri yang mencegah timbulnya plak, serta dapat memutihkan gigi. 

Caranya sangat muda. Moms bisa melarutkannya terlebih dahulu dalam air, kemudian mencelupkan sikat gigi ke dalam larutan dan gunakan untuk menggosok gigi. Atau bisa juga ditambahkan pada pasta gigi, lalu gosok gigi seperti biasa. 

Ingat ya Moms, jangan sering menggunakan baking soda, karena bisa merusak email gigi.

Source: https://www.fimela.com

Saat ini banyak obat perontok karang gigi yang dijual di pasaran. Moms, bisa membelinya di apotek-apotek. Dari testimoni masyarakat yang sudah menggunakannya, obat itu cukup efektif jadi cara menghilangkan karang gigi dengan cepat. 

Tapi jika malas pergi ke apotek dan ingin berhemat, Moms bisa kembali menggunakan obat rumahan. Selain garam dan baking soda, mengunyah daun jambu biji ternyata bisa menghilangkan karang gigi dengan cepat. Moms, bisa mengambil satu daun jambu biji yang ditaburi dengan garam lalu kunyah satu - dua kali dalam sehari. 

Cuka juga bisa digunakan. Cuka mengandung asam asetat yang dapat mencegah demineralisasi email gigi dan mengurangi akumulasi karang gigi. Larutkan dua sendok cuka dan garam ke dalam air hangat. Berkumurlah dengan larutan tersebut selama 20 detik. Moms perlu berkumur lagi dengan air bersih, setelah itu. 

Source: https://kliksehat.co

 

baca juga

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Bagaimana jika karang gigi sudah mengeras? Moms, tak perlu khawatir karena garam, baking soda, daun jambu biji, cuka dan obat perontok karang gigi bisa mengatasinya. Asalkan Moms rutin menggunakan salah satunya, maka karang gigi yang mengeras pun dapat teratasi. 

Bahan lainnya yang jika rutin digunakan, akan menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras adalah lemon, biji wijen dan minyak kelapa murni. Lemon memiliki sifat antimikroba dan merupakan agen pemutih alami. Cara menggunakannya, lemon diperas dan diambil airnya. Celupkan sikat gigi pada jus lemon dan gunakan untuk menggosok gigi. 

Sementara itu, biji wijen merupakan scrub alami. Jika Moms, mencampurkannya dengan pasta gigi untuk menggosok gigi dua kali dalam seminggu, bisa menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Selanjutnya minyak kelapa murni yang memiliki sifat menyerap semua kotoran dalam rongga mulut. Moms hanya perlu mengoleskannya pada karang gigi rutin setiap hari. 

Source: http://bangka.tribunnews.com

Rongga mulut merupakan anggota tubuh yang menjadi perantara masuknya makanan dan minuman. Untuk itu perlu dijaga kebersihannya. Menjaga kebersihan gigi adalah langkah untuk menjaga kesehatan. Yuk Moms, mulai sekarang biasakan membersihkan karang gigi. Selamat mencoba.