Jika dibiarkan berantakan maka gigi akan keropos dan membusuk, sehingga secara nggak langsung akan berpengaruh pada syaraf-syaraf penting dalam tubuh. Itulah kenapa penting untuk meratakan gigi dengan memakai behel. Selain untuk kesehatan, behel juga punya fungsi estetika, menjadikan gigi lebih rapi dan enak dipandang.

Memang harga pasang behel di ahli gigi nggak murah, tapi tentu saja menjamin kesehatan dan keindahan gigi kamu. Pastinya kita nggak boleh sembarangan dalam memakai behel gigi, walaupun banyak jasa pemasangan yang mematok harga behel gigi murah. Moms haruslah waspada, dan lebih baik langsung konsultasi ke dokter gigi untuk urusan yang satu ini.

Waspada Pasang Behel Gigi, Jangan Sampai Pakai yang Palsu
source: http://pixabay.com

Kawat gigi (behel) asli biasanya dipasang oleh dokter gigi atau ahli gigi untuk alasan kesehatan. Sedangkan yang palsu biasanya dipasang oleh seseorang yang bukan dokter gigi atau praktisi kesehatan, dengan tujuan trend atau estetika semata. Nah, behel palsu ini dibanderol dengan harga yang relatif murah. Padahal memasang behel bukanlah perawatan yang sederhana. Dibutuhkan ketelatenan dan perhatian ekstra dari dokter ahli maupun pasien itu sendiri.

Manfaat memasang behel gigi

Jika di pasang oleh dokter gigi asli dan ahli kesehatan gigi, maka gigi yang dipasangi behel akan mulai rata, dengan tidak menyentuh syaraf lainnya, karena dokter gigi tahu persis struktur syaraf gigi. Selain akan mencapai tujuan meratakan gigi, juga menambah kesan estetika pengguna.

Ada banyak pilihan juga agar behel gigi jadi estetik. Biasanya dokter menyediakan behel gigi warna-warni dan transparan. Harga behel gigi transparan biasanya lebih terjangkau ketimbang yang berwarna. So, moms tinggal pilih deh mau yang mana.

Akibat pasang behel palsu 

Jika tidak dipasang oleh dokter gigi atau praktisi kesehatan, maka besar kemungkinan terjadi kesalahan. Bukannya membuat gigi makin rapi dan sehat, sebaliknya akan menghilangkan fungsi gigi. Lebih dari itu, behel palsu akan membuat gigi rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. Yang lebih mengerikan, behel palsu bisa membuat luka dalam mulut.

Serem ya Moms! Mendingan bayar harga behel asli untuk merapikan gigi meski mahal, daripada murah tapi ternyata abal-abal. Jadi kita harus waspada dan nggak boleh sembarangan untuk kesehatan gigi dan mulut kita.