Deskripsi Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia.  Di dalamnya terdiri dari ekosistem hutan bakau, terumbu karang, padang lamun serta ekosistem daratan atau pesisir. Taman nasional bunaken terdapat di daerah perairan Teluk Manado, Sulawesi Utara.

Pulau-pulau yang menjadi bagian Taman Nasional ini memiliki kekayaan jenis flora dan fauna yang tinggi. Perairan TN Bunaken memiliki tidak kurang dari 500 spesies terumbu karang yang didominasi, terutama jenis terumbu karang tepu dan penghalang.

Deskripsi Taman Nasional Bunaken
source: http://ajengprmdw.blogspot.com/

Disini Moms bisa menjumpai sekitar 91 jenis ikan, Seperti ikan kuda gusumi (Hippocampus kuda),ila gasi (Scolopsis bilineatus), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), oci putih (Seriola rivoliana) serta goropa (Ephinephelus spilotoceps dan Pseudanthias hypselosoma).

Tidak hanya itu Moms, disini juga banyak spesies rumput seperti Thalassia hemprichiiThalassaodendron ciliatum dan Enhallus acoroides. Ekosistem hutan bakau di Taman Nasional Bunaken ditumbuhi oleh Rhizophora sp., Lumnitzera sp.,  Sonneratia sp., dan Bruguiera sp. serta dihuni dengan berbagai jenis kepiting, udang, moluska dan berbagai jenis burung laut seperti burung camar, merpati laut dan bangau.

Sementara itu di pesisir taman nasional Bunaken ini Moms bisa menjumpai palem, silar, sagu, kelapa dan woka. Sementara spesies hewannya antara lain, monyet hitam Sulawesi atau Sulawesi black macaques (Macaca nigranigra), polecat (Ailurops ursinus ursinus) dan rusa (Cervus timorensis russa).

Cara Mencapai Lokasi Taman Nasional Bunaken

Jika Moms ingin berlibur ke Taman Nasional Bunaken, banyak kok cara untuk mencapai lokasi Taman Laut Bunaken. Bisa melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Nah, dari Pelabuhan Manado Moms memerlukan sekitar 30 menit untuk sampai di Taman Laut Bunaken. Jika Moms berangkat dari Nusantara Diving Centre, Moms memerlukan waktu sekitar 20 menit saja. Mau lebih cepat lagi? Moms bisa berangkat dari Marina Blue Banter, hanya 10-15 menit menggunakan Kapal Pesiar.

Cara Mencapai Lokasi Taman Nasional Bunaken
source: https://www.twofishdivers.com

Tanda masuk dan tiket ke Pulau Bunaken bisa Moms dapatkan di kota Manado dan di Taman Nasional Bunaken. Moms bisa membeli tiket di counter penjual tiket di Bunaken dan desa-desa Liang di Pulau Bunaken dan Siladen.

baca juga
Cara Mencapai Lokasi Taman Nasional Bunaken
source: https://tempatwisataseru.com/

Wah, Moms seru juga ya sepertinya liburan ke Taman Nasional Bunaken. Yuk, Moms rencanakan liburan ke Taman Laut Bunaken dari sekarang. Persiapkan segala sesuatunya agar liburan Moms nanti sempurna. Selamat liburan, Moms.