Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu

Janin yang berusia kurang dari 3 minggu sudah mulai bisa terlihat berupa titik saat Moms melakukan USG. Setelah memasuki usia 5 minggu perkembangan janin mulai bisa terdeteksi lebih jelas dengan adanya detak jantung. Lalu di saat memasuki usia kandungan 3 bulan atau janin usia 12 minggu perkembangannya yakni jaringan otot pada bagian wajah dan tubuh mulai terbentuk, bersamaan dengan jaringan otak dan sistem sarafnya.
 

source: https://assets.babycenter.com/ims/2015/01/pregnancy-week-4-yolk-sac_4x3.jpg

Perkembangan Janin 5 Bulan

Perkembangan janin usia 5 bulan sudah semakin seru, Moms. Pasalnya, di usia ini janin sudah mulai bisa mendengar suara. Suara Moms berbicara, suara jantung Moms, serta musik yang Moms dengarkan sudah mulai didengarkan pula oleh janin. Inilah saat yang tepat jika Moms hendak mengenalkannya dengan musik. Namun perhatikan volumenya ya, Moms. Tidak perlu keras-keras agar tidak mengganggu perkembangan pendengaran janin.
 

source: https://assets.babycenter.com/ims/2018/02/24weeks-fetal-ultrasound-UK.jpg?width=600
baca juga

Perkembangan Janin 6 Bulan

Di usia 6 bulan indera pengelihatan bayi di dalam kandungan sudah mulai bisa membedakan antara gelap dan terang. Jika Moms mengarahkan sumber cahaya ke perut, bayi dalam kandungan Moms akan menolehkan kepalanya ke arah cahaya tersebut. Rasakan dengan seksama, gerakan ini dapat Moms rasakan. Selain itu, salah satu perubahan yang paling signifikan dari janin usia 6 bulan yakni ia sudah mulai melakukan gerakan otot untuk bernafas, walaupun belum ada udara di paru-parunya.
 

source: https://image.slidesharecdn.com/thefetaldevelopment101-120116223658-phpapp02/95/the-fetal-development-11-728.jpg?cb=1326754559

Perkembangan Janin 7 Bulan

Perkembangan janin  usia 7 bulan sudah bisa Moms rasakan. Moms sudah bisa merasakan dengan jelas tendangan dan gerakan bayi di dalam kandungan Moms. Cobalah mengetuk perut Moms dengan lembut dengan menggunakan ujung jari, lalu simak reaksi bayi Moms. Namun, jika Moms sedang sibuk, seringkali tendangan atau gerakan bayi ini terlewat oleh Moms. Mandilah dengan berendam air hangat yang cenderung agak dingin, buat diri Moms senyaman mungkin, lalu rasakan tendangan dan gerakan dari si kecil di dalam perut Moms.
 

source: https://thefederalistpapers.org/wp-content/uploads/2015/12/fetus.jpg
baca juga

Gambaran Perkembangan Janin

Seperti terlihat pada gambar, perkembangan janin dari waktu ke waktu dapat diamati dengan jelas. Mulai dari ukurannya yang bertambah besar, anggota tubuhnya yang semakin lengkap, serta posisinya yang berubah saat semakin mendekati waktu kelahiran.
 

source: https://www.scienceabc.com/wp-content/uploads/2015/05/stages-of-fetal-development.jpg