Spirulina Mask

Belakangan ini masker spirulina semakin tren di dunia kecantikan dan digemari para wanita dari segala usia. Masker ini sendiri dibuat dari bahan dasar ganggang biru hijau bernama latin Arthospira atau dikenal dengan sebutan spirulina.

Spirulina ini memang sudah cukup banyak dikenal sebagai bahan dasar suplemen kesehatan yang bermanfaat untuk mengeluarkan racun dan kotoran dalam tubuh. Selain itu masker ini bisa dengan alami mencerahkan kulit, karena spirulina mampu mengeluarkan toksin dalam tubuh.

Spirulina memiliki kandungan utama yang merupakan nutrisi penting paling lengkap untuk tubuh, dan beragam mineral. Zat-zat tersebut sangat diperlukan untuk tubuh, maka dari itu spirulina diolah menjadi masker herbal sehingga cocok untuk perawatan wajah. 

Spirulina Mask
source: https://cloudfront.net

Manfaat Masker Spirulina

1. Mampu mencerahkan kulit
Kandungan vitamin C yang tinggi pada spirulina berfungsi mencerahkan serta memudarkan noda hitam dan bekas jerawat.

2. Menghilangkan jerawat dan bekas jerawat
Tanaman ganggang spirulina memiliki kemampuan untuk membersihkan bakteri penyebab jerawat pada wajah.

3. Mengangkat sel kulit mati
Spirulina dapat mempersingkat proses metabolisme tubuh sehingga sel kulit baru pun akan cepat tumbuh.

4. Mengurangi kadar minyak berlebih di wajah
Spirulina yang dicampur dengan putih telur akan lebih terserap pori-pori kulit dan mengurangi minyak berlebih.

5. Mencegah penuaan dini
Kandungan vitamin E, tirosin, dan selenium dalam spirulina dapat mencegah dari penuaan dini.

Manfaat Masker Spirulina
source: https://www.pexels.com/
baca juga

Review Masker Spirulina

Selain bisa diminum, spirulina juga biasa digunakan untuk masker yang dioleskan ke wajah. Masker ini memiliki tekstur yang halus dengan bau khas ganggang. Nah, untuk yang tidak tahan dengan bau yang strong, masker ini memang tidak disarankan. Namun untuk sedikit mengurangi baunya, Moms bisa campur dengan air mawar atau bisa dengan air matang biasa. Setelah tercampur, oleskan masker ke wajah atau bagian wajah tertentu sesuai dengan khasiat yang diinginkan. Tunggu selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Moms bisa mencoba spirulina 3 kapsul dalam seminggu untuk hasil yang lebih bagus. Masker ini direkomendasikan untuk yang berumur 22 tahun ke atas, karena bagus untuk membantu meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini.

Review Masker Spirulina
source: https://assets-a2.kompasiana.com/

Spirulina Asli

Dikarenakan banyaknya peminat dari penggunaan masker spirulina ini, Moms harus berhati-hati dalam membedakan yang asli dengan yang palsu. Berikut beberapa cara membedakan masker spirulina yang asli.

1. Kapsul. Jika dilihat sekilas, memang terlihat sama. Namun, untuk yang asli, cangkang kapsulnya berbentuk satu panjang dan satunya pendek ketika dibuka.
2. Aroma. Dari segi aroma, masker spirulina memiliki bau khas dari ganggang biru.
3. Warna. Spirulina yang asli memiliki warna hijau sedikit kebiru-biruan dengan tekstur yang halus.
4. Bahan. Spirulina yang asli terdapat kandungan polisakarida dan gamma linolenic acid. Sedangkan untuk yang palsu, memakai bahan kimia tiruan yang berbahaya dan tentunya harganya lebih murah.
5. Kemasan. Pastikan kemasan dalam produk asli dalam keadaan tersegel rapi dengan tanggal kadaluarsa yang masih lama.

Spirulina Asli
source: https://bp-guide.id/AXq9fTpB
baca juga

Bahaya Masker Spirulina

Spirulina masker manfaatnya memang banyak, tapi ternyata juga memiliki efek samping. Salah satu efek samping spirulina yaitu dapat menimbulkan sakit kepala, nyeri otot, demam dan masalah pencernan seperti diare, sakit perut, dan sembelit dalam beberapa kasus.

Selain itu, spirulina juga menyebabkan alergi dengan ditandai munculnya ruam kulit dan gatal-gatal. Orang dengan alergi terhadap makanan laut juga harus menghindari masker hijau ini.

Sementara itu, untuk Moms yang memiliki kondisi tiroid, gangguan autoimun, asam urat, batu ginjal, fenilketonuria (PKU), atau sedang hamil atau menyusui, spirulina mungkin tidak dianjurkan. Hal ini disebabkan karena kemungkinan spirulina yang tumbuh di alam liar dapat menyerap racun dari air, seperti microcystins (diketahui menyebabkan kerusakan hati yang parah), polutan, dan logam berat.

Nah, untuk yang memiliki kondisi-kondisi tersebut di atas, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan spirulina.

Bahaya Masker Spirulina
source: https://pixabay.com/