Penyebab dan Kebiasaan yang Memicu Jerawat

Sebenarnya penyebab utama jerawat adalah penumpukan kotoran pada kulit. Hal ini bisa terjadi karena banyak hal, misalnya polusi, radikal bebas, dan berbagai kebiasaan yang salah dalam merawat kulit. Selain itu, penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai jenis kulit juga bisa memicu jerawat.
 

Penyebab dan Kebiasaan yang Memicu Jerawat
Meski demikian, radikal bebas dan produk kecantikan tidak selalu menjadi alasan munculnya jerawat. Beberapa orang memang mengalami gangguan kulit tertentu sehingga timbul banyak jerawat di wajah dan tubuh. Selain itu, munculnya jerawat juga bisa dikarenakan pengaruh hormon. Karenanya, kalian perlu melakukan konsultasi dengan ahli kulit untuk melakukan tindakan yang tepat.

Cara Mencegah Jerawat

Hal paling penting jika kamu ingin mencegah jerawat adalah menjaga kebersihan wajah. Jangan malas untuk cuci muka, terutama sebelum tidur. Jangan biarkan makeup menempel terlalu lama di kulit karena akan menghalangi kulit mendapatkan udara segar. Kalau sudah bercampur dengan keringat dan bakteri, maka sel kulit mati akan terjebak dalam kulit dan menyebabkan jerawat.
 

Cara Mencegah Jerawat

Selain itu, biasakan untuk melindungi wajah dari pengaruh buruk lingkungan. Tabir surya adalah hal wajib yang harus kamu pakai sebelum beraktivitas. Kamu juga disarankan untuk selalu menutrisi kulit dengan berbagai macam bahan alami, baik dalam bentuk masker, pelembap, atau produk lain yang sesuai dengan kulit.

baca juga

Jerawat Batu, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Meski jerawat sepertinya mudah dibasmi, nyatanya ada beberapa jenis gangguan yang sangat sulit diatasi. Salah satu jerawat yang sangat merepotkan adalah jerawat batu yang berupa benjolan merah bernanah yang teras sakit ketika disentuh. Penyebabnya adalah adanya penyumbatan di kulit akibat adanya bakteri dan kotoran dengan jumlah cukup banyak.

Jerawat Batu, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan bahan yang mengandung asam salisilat. Selain itu, kamu juga perlu menggunakan benzoil peroksida untuk membunuh bakter dan mempercepat penyembuhan. Dan ingat, sementara jauhkan kulit dari makeup.

Jerawat di Dagu, Tanda Tubuh Kamu Perlu Perhatian

Munculnya jerawat di dagu umumnya disebabkan oleh penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai jenis kulit. Biasanya hal ini terjadi jika produk yang digunakan menggunakan minyak atau bahan yang cukup keras. Parahnya lagi, beberapa orang justru menutupinya dengan makeup tebal sehingga membuat kulit semakin susah bernapas.
 

Jerawat di Dagu, Tanda Tubuh Kamu Perlu Perhatian

Meski demikian, di dunia medis hal ini juga dikaitkan dengan kondisi kesehatan tubuh. Selain karena kebiasaan hidup yang salah, jerawat di dagu juga dianggap sebagai indikasi adanya masalah pada ginjal atau akibat stress yang berlebihan. Namun untuk mengatasinya ternyata cukup mudah. Kau hanya perlu rutin berolahraga, istirahat teratur, menjaga pola makan dan rutin membersihkan wajah.
 

baca juga

Jerawat di Hidung Bisa Jadi Tanda Infeksi

Gangguan lain yang tak bisa diremehkan adalah munculnya jerawat di hidung, terutama di bagian dalam. Biasanya, hal ini disebabkan oleh berkembangnya bakteri yang menyebabkan infeksi di bagian hidung. Kondisinya pun biasanya cukup bervariasi, mulai dari kecil hingga sangat besar dan mengganggu.

Jerawat di Hidung Bisa Jadi Tanda Infeksi

Jika kamu mengalami hal ini, jangan dipencet karena akan menimbulkan luka dan infeksi yang lebih parah.Pengobatan paling cepat adalah dengan menggunakan antibiotik, namun itu harus dengan resep dokter. Selain itu, kamu juga harus menjaga agar wajah selalu bersih dengan cara rajin cuci muka.