Ramuan Jamu Tradisional untuk Asam Urat

Asam urat adalah sebuah kodisi penyakit ketika terjadi penumpukan asam urat di dalam tubuh. Asam urat biasanya terjadi dibagian kaki terutama jempol kaki. Gejala yang paling umum asam urat adalah:

  1. Nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering terjadi pada pagi hari. 
  2. Sendi bengkak. 
  3. Sendi kemerahan. 
  4. Rasa panas disekitar sendi. 
Di bawah ini beberapa ramuan tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat:
  • Jahe

source: https://images.pexels.com


Jahe memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan bila digunakan sebagai obat tradisional. Caranya sangat mudah, cukup siapkan 2 ruas jahe, potong kecil-kecil dan remukkan. Rebus jahe dengan satu gelas air, tambahkan sedikit gula dan madu murni. Minum air tersebut setiap hari secara teratur. 
  • Cengkeh (Hanya untuk pemakaian luar) 
​​​​​​

​​​​​Tumbuk cengkeh dan jahe. Lalu oleskan pada bagian yang terasa sakit. Oleskan secara rutin agar hasil maksimal. 
  • Kulit manggis 

source: https://cdn.pixabay.com


Iris kulit manggis tipis-tipis dan jemur hingga kering. Seduh dengan air panas, tunggu sampai air berubah warna. Minum air tersebut setiap hari. 
  • Daun kumis kucing 

source: https://cdn.pixabay.com


Daun kumis kucing bersifat diuretik sehingga bisa membantu tubuh membuang kelebihan asam urat melalui urin. Berikut cara mengolah daun kumis kucing, 

Bahan:
  • ​​​​​10 gram daun kumis kucing 
  • 5-7 lembar daun meniran
  • 1 liter air 
Cara membuat:
  1. Cuci bersih daun kumis kucing dan daun meniran. 
  2. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan daun kumis kucing dan meniran. 
  3. Rebus hingga air tersisa setengahnya. 
  4. Dinginkan dan minum 2 gelas sehari pada pagi dan sore. 

Ramuan Tradisional untuk Atasi Asam Lambung


Penyebab asam lambung antara lain infeksi, cedera, konsumsi rutin pil pereda nyeri dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Gejala asam lambung sangat mudah dirasakan sesaat setelah makan makanan asam atau pedas. Gejalanya berupa nyeri perut bagian atas, mual, dan muntah. Berikut ini beberapa ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi asam lambung:

​​​​

  • Jahe 

source: https://cdn.pixabay.com

Tambahkan dua atau tiga potong jahe segar ke dalam gelas berisi air panas. Biarkan sekitar setengah jam. Kemudian minum 20 menit sebelum makan. 
  • ​​​​​Lidah buaya 

source: https://cdn.pixabay.com

Minum sekitar setengah cangkir jus lidah buaya sebelum makan.
  • Teh chamomile 

source: https://cdn.pixabay.com

Minumlah secangkir teh chamomile sebelum tidur untuk membantu menenangkan peradangan perut. 
  • Mentimun 

source: https://cdn.pixabay.com

Makanlah mentimun dua potong setiap dua jam untuk menyembuhkan kelebihan asam lambung. 
  • Kunyit 

source: https://cdn.pixabay.com

Potong-potong kunyit dan rebus dengan satu setengah gelas air sampai benar-benar mendidih selama 15 menit. Tambahkan madu murni sebagai pemanis. Minum air rebusan kunyit secara rutin setiap pagi dan malam.
baca juga

Ramuan Tradisional untuk Atasi Keputihan

Keputihan sering dialami oleh banyak wanita. Penyebab umum keputihan antara lain bakteri, virus, jamur, atau parasit. Keputihan dibagi menjadi dua, keputihan normal dan abnormal. Keputihan abnormal biasanya disertai dengan rasa gatal, panas, dan bau tak sedap disekitar area kewanitaan. Berikut ramuan tradisional yang dapat membantu mengurangi keputihan:

  • Jus daun pepaya, sirih, dan cabe ijo​​​​​

source: https://cdn.pixabay.com

Blender satu lembar daun pepaya, lima lembar daun sirih, dan satu buah cabai hijau dengan setengah gelas air hangat. Lalu saring dan tambahkan beberapa buah asam jawa. Aduk hingga rata. Minum setiap hari secara rutin sebelum tidur hingga keputihan berkurang. 
  • Biji ketumbar 

source: https://cdn.pixabay.com

Rendam satu sendok makan biji ketumbar, biarkan semalaman. Pada pagi sebelum makan minum air biji ketumbar tersebut. 
  • Akar bayam 

source: https://cdn.pixabay.com

Cuci akar bayam hingga bersih. Lalu blender untuk dijadikan jus. Minum jus akar bayam 2 kali sehari hingga keputihan berkurang.

Ramuan Tradisional Menurunkan Berat Badan dalam Satu Minggu

  1. Jeruk nipis dan kelapa 

source: https://cdn.pixabay.com

Siapkan satu buah jeruk nipis dan satu buah kelapa muda yang sudah dipisah air dan dagingnya. Campur perasaan jeruk nipis dan air kelapa, minum 2-3 kali sehari. 
  • Ramuan kunyit asam 

source: https://cdn.pixabay.com

Siapkan dua ruas kunyit, memarkan atau potong kecil-kecil. Rebus ke dalam air hingga mendidih. Setelah itu tambahkan beberapa buah asam jawa. Minum secara rutin setiap pagi. Kunyit asam dapat membantu mengurangi rasa lapar. 
  • Teh daun jati Belanda 

source: https://cdn.pixabay.com

Seduh daun jati Belanda dengan air panas sama seperti membuat teh biasa. Minum saat sudah hangat. Efek yang dirasakan setelah minum teh daun jati Belanda adalah Moms akan sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air besar. 
  • Ramuan campuran jeruk nipis, kayu putih, dan kapur sirih 
Campur ramuan tersebut, kemudian oleskan pada bagian yang diinginkan. Misalnya ingin mengecilkan perut, lumuri area perut dengan ramuan tersebut. Lalu ikat dengan menggunakan stagen atau kain panjang.
baca juga

Jamu Tradisional untuk Wanita

  1. Jamu kunci sirih dapat membantu mengatasi keputihan, menghilangkan bau badan, merapatkan vagina, dan mengecilkan rahim di perut. 
  2. Jamu galian singset terbuat dari campuran kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, Laos, serai, kunyit, cengkeh, kapulaga, ketumbar, dan berbagai rempah lainnya. Jamu ini bermanfaat untuk melangsingkan badan. 
  3. Jamu uyup uyup berkhasiat untuk melancarkan ASI. Sudah menjadi tradisi bagi wanita Jawa yang baru saja melahirkan dan sedang menyusui minum jamu ini secara rutin setiap hari.
  4. Jamu pahitan berkhasiat untuk menghilangkan jerawat dan bau badan. 
​​​​​

source: https://encrypted-
​​​​​tbn2.gstatic.com