Banyak wanita yang masih belum mengetahui bagaimana aturan dan cara mengganti pakaian dalam agar terhindar dari penyakit organ intim. Dilansir dari health.com, berikut ini aturan memakai celana dalam wanita.

1. Sirkulasi udara

Menggunakan pakaian dalam yang ketat dalam jangka waktu lama tentu membuat vagina menjadi tidak nyaman karena membatasi aliran udara. Pilihan celana dalam wanita yang bagus biasanya terbuat dari bahan yang tepat seperti katun. Menurut Melissa Goist, MD, dokter di The Ohio State University Wexner Medical Center, kain sintetis cenderung membuat organ intim lembab yang menyebabkan iritasi kulit. 



2. Penggunaan detergen


Sebaiknya pilih jenis detergen yang ramah dengan kulit. Sebab celana dalam wanita model terbaru maupun celana dalam wanita unik dan lucu memiliki fungsi yang sama yakni melindungi organ intim wanita. Menggunakan detergen yang ramah untuk kulit merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit dan terhindar dari penyakit organ intim.

3. Kapan diganti?

Moms harus mengganti celana dalam setiap hari selama dua kali. Jika berada dalam kondisi sedang keputihan, ganti celana dalam sesering mungkin untuk menghindari jamur yang menyebabkan infeksi. Jangan duduk terlalu lama saat sedang berkeringat. Dr. Goist menambahkan bahwa bakteri senang berkembang biak di lingkungan yang hangat dan basah.

4. Pilih bentuk

Dr. Goist menjelaskan desain thong dengan tali berpotensi menyebarkan bakteri usus ke dalam vagina. Jadi, Moms, jika memang harus menggunakan celana dalam berbentuk thong atau g-string sebaiknya gunakan dalam waktu sebentar saja. Ada banyak jenis celana dalam wanita murah yang bisa Moms gunakan dan ganti setiap hari dengan bahan yang terbuat dari katun. 



Dr. Goist juga menjelaskan, menggunakan celana dalam saat berolahraga sangat dianjutkan sebab gerakan-gerakan dalam berolahraga bisa membuat gesekan dan rasa sakit yang tidak nyaman. Ia menambahkan, saat memakai celana jeans, jangan lupakan celana dalam untuk mencegah radang dan luka serta infeksi. 

Pilihlah jenis celana dalam yang membuat Moms nyaman. Tidak semua harga celana dalam wanita yang bagus itu mahal, tinggal sesuai dengan kebutuhan dan pilih bahan yang menyerap keringat ya Moms.