Contohnya, untuk kulit berjerawat, Moms bisa menggunakan concealer yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid. Benzoyl peroxide dapat dipercaya mengurangi jumlah jerawat yang disebabkan oleh bakteri serta yang disebabkan oleh kulit kering dan mengelupas. Selain itu, produk yang berbahan salicylic acid dapat digunakan pada kulit berminyak dan berjerawat. Kandungan ini dipercaya dapat meringankan peradangan dan kemerahan.

Apa saja macam-macam concealer?

Sama halnya seperti lipstik, concealer juga memiliki bermacam-macam bentuk, ada yang stick, krim, maupun cair. Lalu apa saja yang perlu moms ketahui:

1. Concealer berbentuk stick

Biasanya concealer  jenis ini diaplikasikan di bawah mata, caranya sama seperti ketika mengaplikasikan lipstik pada bibir. Moms bisa memakainya setelah atau sebelum menggunakan alas bedak.

Tips: hindari menggunakannya pada area mata dengan cara menarik atau menggores-goreskannya, hal ini dapat menyebabkan kulit Moms menjadi kendur. Jika di bawah area mata Moms kering dan berkeriput, Moms dapat memberikan pelembap yang ringan terlebih dahulu. Pastikan pelembap tidak terlalu berminyak, sehingga tidak terlihat berat di wajah. Jika Moms merasa mengoleskan pelembap terlalu banyak, Moms bisa menepuk-nepuknya dengan tisu.

Kelebihan: concealer jenis ini dapat menutupi kekurangan dengan hampir sempurna.

Kekurangan: biasanya jenis ini lebih berminyak, jadi tidak perlu mengoleskannya tebal-tebal. Moms perlu memikirkannya kembali jika kulit Anda termasuk kulit berminyak.

2. Liquid concealer

Biasanya concealer ini memiliki wadah seperti tabung serta memiliki ‘tongkat’ aplikator untuk mengaplikasikannya.

Tips: Moms bisa mengoleskannya dengan jari atau dengan aplikator, dan bubuhkan berupa titik-titik kecil pada area di kulit yang ingin Moms tutupi.

Kelebihan: concealer ini biasanya lebih ringan dan tidak terlalu berminyak, sehingga Moms bisa menambahkan lapisannya lagi.

Kekurangan: karena berbentuk cair, concealer ini memiliki tekstur yang sulit untuk diatur sebab mudah ‘lari’ ke mana-mana.

3. Concealer berbentuk krim

Biasanya concealer tipe ini dituangkan pada sebuah wadah kecil, seperti wadah eyeshadow, teksturnya pun lembut dan creamy.

Tips: concealer jenis ini sangat mudah diaplikasikan pada wajah baik dengan menggunakan jari, kuas, atau spons.

Kelebihan: concealer ini cocok digunakan untuk kulit kering. Teksturnya creamy dan melembapkan, namun ada kalanya menjadi tebal dan berat. Kelebihan lainnya adalah mudah dibaurkan pada wajah.

Kekurangannya: terkadang konsistensinya menjadi terlalu tebal dan berminyak. Hal tersebut dapat memperlihatkan garis muka Moms.

Selain itu, Moms juga akan menemukan concealer  yang berjenis matte-finish liquid concealer, matte-finish cream-to-powder, dan ultra-matte liquid concealer. Kelebihan dari matte-finish liquid concealer adalah tidak membuat garis muka terlihat, dan menutupi jerawat dengan baik. Selain itu, bisa juga digunakan untuk alas eyeshadow Moms (diaplikasikan sebelum menggunakan eyeshadow), sedangkan kekurangannya adalah mudah kering dan terlihat tebal. Untuk kulit berjerawat dan kulit kering, Moms juga perlu menghindari matte-finish cream-to-powder, sebab hasil akhirnya dapat membuat kulit kering dan garis-garis wajah terlihat jelas.

Lengkapi Complexion dengan Concealer, Apa Sih Kegunaannya?
source: https://akm-img-a-in.tosshub.com/

Bagaimana cara memakai concealer?

Moms tidak perlu menggunakan concealer yang bagus jika tidak memiliki noda hitam atau area di wajah yang ingin Moms “sembunyikan”. Moms juga tidak perlu menggunakannya, jika alas bedak yang Moms gunakan cukup menutupi kekurangan yang ada. Yang perlu Moms lakukan adalah oleskan tipis-tipis concealer, sekitar satu sampai dua lapis, lalu ratakan dengan jari atau spons sehingga menyatu dengan alas bedak Moms. Pastikan tangan atau spons yang Moms gunakan bersih, ya.

Pilihan Produk-Produk Concealer

Wardah Double Function Kit
 

source: https://my-best.id/
 

Sekilas jika dilihat dari kemasannya, mungkin Moms akan berpikir bahwa ini adalah eyeshadow. Namun, produk dari Wardah ini merupakan concealer dengan fungsi ganda dalam satu kemasan yang compact dan mudah dibawa. Moms bisa menggunakannya baik sebagai eye shadow base maupun sebagai concealer.

Warna shade coklat dapat Moms pakai untuk menyamarkan jerawat, bekas jerawat, atau kantong mata. Di sisi lain, warna putihnya dapat Moms gunakan sebagai eye shadow base. Dengan dua fungsi basic ini, concealer wardah ini bisa menjadi solusi cepat untuk tampil natural kapan pun Moms butuhkan.


L.A. Girl HD Pro.Conceal

source: https://my-best.id/
 

Produk ini mampu menyamarkan dan menetralisir warna kulit dengan sangat baik. Daya coverage-nya juga cukup tinggi serta memiliki jangkauan yang luas. Dengaan teksturnya yang cair dan lembut, Moms tinggal mengoleskannya secara tipis ke seluruh permukaan wajah untuk meratakan warna kulit Moms.

Concealer ini cocok untuk segala jenis kulit, tahan lama, dan memberikan hasil akhir yang natural. Tersedia dalam varian warna yang melimpah, Moms semakin bebas memilihnya sesuai dengan permasalahan dan warna kulit. Bila Moms mencari concealer yang menawarkan sangat banyak pilihan warna, produk ini adalah opsi yang pas.

Focallure Concealer Stick

source: https://my-best.id/
 

Tidak berbau dan terasa lembut di kulit, Moms tentu akan merasa semakin nyaman menggunakan produk ini sepanjang hari. Focallure juga mengklaim bahwa concealer ini tidak mudah terhapus oleh air dan dapat bertahan cukup lama setelah Moms aplikasikan di wajah.

Lalu, bila Moms menginginkan concealer yang mampu membantu menjaga kualitas kulit wajah, produk ini tentu tak boleh Moms lewatkan. Kombinasi vitamin E plus formula khusus soft focus powder pada produk ini akan membantu menjaga kulit tetap terlihat kencang dan awet muda.


Maybelline Fit Me Concealer

source: https://my-best.id/
 

Untuk Moms yang memiliki jenis kulit berminyak, wajah tampak berkilap karena menggunakan makeup akan terasa mengganggu. Namun, Moms tak perlu khawatir lagi karena concealer ini bisa menjadi solusinya. Formulasi bebas kilapnya memungkinkan produk ini untuk menyamarkan noda tanpa membuat wajah terlihat berminyak.

Selain itu, dengan daya coverage-nya yang tinggi concealer ini mampu menutupi area yang hendak Moms samarkan dengan cukup luas. Tampilan wajah memukau pun bisa Moms dapatkan dengan menggunakan concealer ini. Tenang saja, concealer maybelline
 ini juga bersifat non-comedogenic sehingga tak akan menimbulkan komedo di wajah.

Jadi, sudah menemukan concealer yang bagus dan cocok untuk kulit, Moms?