Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Banyak krim dan pelembap di pasaran yang digadang dapat mengatasi kulit kering pada wajah. Namun, kebanyakan produk biasanya dibanderol dengan harga mahal dan mengandung bahan kimia yang belum tentu cocok untuk kulit semua orang. Salah satu alternatifnya, Moms bisa menggunakan cara mengatasi kulit kering secara alami dengan pengobatan rumahan. Selain murah, bahan-bahan alami ini juga sudah banyak diteliti ilmuwan dan lebih efektif dalam menutrisi dan melembapkan kulit kering agar kembali menjadi sehat.

1. Olive oil

source: https://cdn1.medicalnewstoday.com/
 

Olive oil alias minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan asam lemak yang baik untuk kulit. Minyak ini memberikan efek tenang bisa mengatasi kulit kering di seluruh tubuh Moms.

Cara menggunakannya:

Untuk mengatasi kulit wajah kering, Moms tinggal oleskan sedikit minyak zaitun sebelum menggunakan pelembap yang biasa Moms pakai. Untuk tubuh, pakai minyak zaitun pada bagian yang kering sekitar setengah jam sebelum mandi, ya Moms.

Gosokkan minyak zaitun di tangan dan kaki atau area kulit kering lainnya kemudian pijat perlahan. Sehabis itu, silakan mandi kemudian pakaikan lagi body lotion yang ringan.

2. Lidah buaya
 

source: https://cdn.medcom.id/
 

Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, antifungal, dan sensasi sejuk. Selain itu,  gel lidah buaya juga bisa membantu mengatasi kuli t kering, gatal iritasi, dan mencegah kulit pecah-pecah. Lidah buaya juga bisa untuk mengatasi kulit wajah kering dan kusam. Cukup sediakan gel lidah buaya asli, ini sudah bisa menjadi treatment alami harian yang akan melembapkan kulit membuat lapisan perlindungan alami kulit dari kotoran.

Cara menggunakannya:

  • Potong dan belah lidah buaya segar dan keluarkan gelnya
  • Oleskan gelnya ke kulit kering Anda. Biarkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat dan lakukan 2 kali sehari.

Cobalah metode pengobatan ini untuk menghilangkan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh kulit kering dan untuk mengembalikan kelembutan alami serta tekstur halus kulit.

Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami
source: http://asset-a.grid.id

3. Madu

source: http://home.bt.com/
 

Madu dianggap sebagai salah satu pelembap alami terbaik yang mengandung antioksidan, anti mikroba, serta, membantu mengunci kelembapan dalam kulit sehingga terlihat lebih halus dan lembut. Ditambah lagi, madu memiliki banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Cara menggunakannya:

Sebelum mandi, oleskan madu ke seluruh tubuh atau wajah dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Ulangi setiap hari dan nikmati kulit yang lembap.

4. Susu
 

source: https://www.hindustantimes.com/
 

Susu memiliki kandungan anti peradangan serta memberi sensasi menenangkan pada kulit yang bisa membantu menyembuhkan kulit kering dan gatal-gatal. Ditambah, asam laktat pada susu juga berfungsi meremajakan sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melembapkan. Susu juga dapat membantu Moms mencerahkan kulit. Untuk itu, susu dipercaya sebagai cara mengatasi kulit kering bersisik dan gatal lho, Moms.

Cara menggunakannya:

Celupkan kain lap bersih di susu dingin dan usapkan pada kulit kering Moms selama 5 hingga 7 menit. Perlahan cuci susunya dengan lap lain yang telah dicelupkan ke air hangat. Dengan cara ini kulit Moms akan mendapat pelembap alami. Lakukanlah setiap hari.

Tambahkan beberapa tetes air mawar dan jus lemon ke 4 sendok makan susu. Balurkan ramuan ini ke seluruh tubuh. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas tubuh dengan air dingin. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari setiap hari.
 

Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi

Moms tak perlu khawatir, ada beragam cara merawat dan mengatasi masalah kulit kering ringan pada bayi. Berikut yang bisa Moms lakukan di rumah agar kulit si kecil kembali lembap dan sehat:

Persingkat Waktu Mandi Si Kecil
Mandi terlalu lama dapat menghilangkan kelembapan kulit bayi dan membuatnya menjadi kering. Untuk itu, cobalah untuk mempersingkat waktu mandinya ya, Moms, dengan cara: 

  • Batasi waktu mandi Si Kecil 5 - 10 menit saja.
  • Gunakan air hangat dan tidak terlalu panas.
  • Perhatikan juga produk sabun mandi bayi yang Moms gunakan. Sebaiknya pilih produk sabun mandi khusus yang tidak mengandung banyak pewangi dan ditujukan untuk kulit sensitif.


Gunakan Pelembap Secara Rutin
Untuk merawat dan mengatasi masalah kulit kering pada bayi, Moms harus rutin dan rajin mengoleskan pelembap khusus bayi atau anak-anak pada kulit tubuh si Kecil.

  • Keringkan Si Kecil dengan handuk bayi yang bersih dan oleskan pelembap pada kulitnya segera setelah mandi. Gunakan pelembap secukupnya.
  • Moms bisa memilih produk pelembap bayi dengan kandungan moisturizer yang lebih banyak dan lebih efektif, untuk menjaga kelembapan kulit Si Kecil seharian.
  • Moms bisa mengoleskan pelembap pada kulit bayi setidaknya dua kali sehari, setelah mandi pagi, siang, atau sore hari, dan juga sebelum tidur.
  • Untuk menghindari kulit kering akibat paparan klorin pada air kolam renang, pastikan Si Kecil segera mandi setelah berenang dan gunakan pelembap setelah mandi.
Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi
source: https://babyologist.com/

Selain dengan pelembap dan membatasi waktu mandi, Moms bisa melakukan beberapa hal lain ini yang dapat menjaga kelembapan kulit bayi, antara lain:

  • Menjaga suhu ruangan di kamar Si Kecil tetap sejuk dan lembap.
  • Pastikan Si Kecil tetap terhidrasi dengan asupan cairan yang cukup, baik air putih maupun ASI atau susu formula.
  • Cuci pakaian bayi dengan deterjen yang lembut dan bebas parfum atau pewangi.
  • Jika kulit Si Kecil terlalu sensitif, ada baiknya mengenakan pakaian dengan bahan katun yang nyaman di kulit. Hindari mengenakan pakaian yang ketat, atau berbahan kasar dan gatal, seperti wol.
  • Lindungi kulit Si Kecil dari paparan sinar matahari atau pun udara dingin, dengan menggunakan pakaian yang tertutup dan sarung tangan.


Yuk, Moms mengatasi kulit kering pada bayi dengan benar!