Fungsi Sunblock

Sunblock adalah salah satu jenis perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari. Cara kerja sunblock adalah dengan membentuk lapisan di permukaan kulit agar sinar ultraviolet tidak langsung mengenai kulit kita. Selain kulit tubuh, sunblock untuk wajah juga penting untuk digunakan. Manfaat dari menggunakan sunblock antara lain:

Terhindar dari Bahaya Radiasi Sinar Matahari 

Sinar matahari mengandung sinar UV A dan UV B yang berbahaya apabila terpapar pada kulit kita secara langsung. Sunblock dapat memblokir sinar matahari sebelum efek negatifnya mengenai permukaan kulit. Dengan begitu, wajah Anda pun akan terlindungi dari bahaya radiasi sinar tersebut.

Terhindar dari Kerusakan Jaringan Kulit

Kulit yang terpapar sinar matahari secara langsung sangat berpotensi mengalami kerusakan jaringan kulit apabila terjadi dalam intensitas tinggi dan dalam jangka waktu yang lama. Lapisan yang dibentuk oleh sunblock akan berfungsi sebagai penghalang yang melindungi kulit Anda dari kerusakan.

Mencegah Terjadinya Masalah Penuaan Dini

Ancaman bahaya paparan sinar matahari dapat membuat kulit mengalami penuaan dini apabila tidak dilindungi secara benar. Garis-garis halus, bintik hitam dan elastisitas kulit yang menurun adalah tanda-tanda terjadinya penuaan dini pada kulit Anda.

Menjaga Elastisitas dan Kelembaban Kulit

Kulit yang berada dibawah terik sinar matahari langsung tanpa dilindungi oleh sunblock sangat rentan mengalami masalah seperti kulit kering bahkan terbakar. Hal ini karena paparan sinar UVB yang berdampak buruk jika mengenai permukaan kulit manusia. Sunblock biasanya juga dilengkapi dengan zat untuk melembabkan wajah Anda. Komposisi inilah yang membantu menjaga kadar kelembaban kulit dan mencegahnya menjadi kering.

Fungsi Sunblock
source: https://www.pexels.com

Cara Menggunakan Sunblock

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus menggunakan sunblock secara benar. Ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan saat menggunakan sunblock, yaitu:

Gunakan sesuai takaran. Menggunakan sunblock yang benar adalah sebanyak ukuran uang koin. Kebanyakan dari Anda mungkin menggunakannya kurang dari itu karena merasa kurang nyaman dengan rasa lengket ketika menggunakan sunblock cukup banyak. Padahal, lapisan yang terlalu tipis tidak akan memberikan perlindungan yang optimal bagi kulit Anda.

Mengulang pemakaian setiap 2 jam atau ketika terkena air. Perlindungan sunblock hanya bertahan kurang lebih 2 jam, maka Anda harus mengulang pemakaian sunblock tersebut. Ketika terkena air, sunblock juga bisa luruh, sehingga Anda perlu menggunakannya kembali.

Tetap hindari paparan sinar matahari berlebih. Secanggih apapun produk sunblock yang Moms gunakan, akan lebih baik jika Anda menghindari paparan sinar matahari secara berlebihan. Lindungi kulit Anda dengan pakaian tertutup, topi atau payung saat keluar rumah agar kulit Anda lebih terlindungi.
Cara Menggunakan Sunblock
source: https://www.pexels.com
baca juga

Rekomendasi Merk Sunblock

Ada beberapa merk sunblock yang bisa Moms pilih untuk melindungi kulit Anda. Selain harganya yang relatif terjangkau, merk sunblock ini juga mudah ditemui di pasaran. Merk sunblock bagus yang dapat Moms pilih antara lain:

  1. Sunblock Emina. Sunblock ini mengandung SPF 30, serta diperkaya dengan Aloe Vera Extract dan emollien untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu Rp30.000
  2. Sunblock Nivea. Sunblock ini diperkaya vitamin E dan anti-oksidan yang efektif melindungi kulit wajah dari keriput / penuaan dini, noda hitam, dan kerusakan sel kulit wajah. SPF 50 di dalamnya sangat ampuh melindungi kulit Anda yang suka beraktivitas di luar ruangan.
  3. Sunblock Parasol.Sunblock ini memiliki kelebihan tidak berminyak dan tidak lengket, tudak mengandung vaselin, minyak mineral dan alkohol, tidak mengandung wewangian, PABA free, waterproof dan mengandung Aloe Vera dan Vitamin E.
  4. Sunblock Wardah. Kalau sunblock ini mengandung aloe vera dan vit B5 yang menjaga kelembaban kulit Anda. Tidak hanya sekedar SPF 30, kandunga PA++ nya juga mampu menjaga kulit Anda dari efek negatif sinar UV A dan UV B.
Rekomendasi Merk Sunblock
source: https://journal.sociolla.com

Menggunakan sunblock itu penting sekali. Meskipun Moms beraktivitas di dalam ruangan, tapi sinar yang masuk melalui jendela juga bisa memberikan efek negatif yang sama. Kalau ingin kulit Anda tetap terjaga kesehatannya, jangan sampai malas pakai sunblock, ya Moms!