Namun Moms, membersihkan telinga si kecil memang gampang-gampang susah. Pasalnya, ada beberapa bagian-bagian telinga yang rentan dan mudah terluka jika terkena goresan. Karenanya, sebelum membersihkan telinga si kecil, Moms perlu tahu dulu bagian telinga dan fungsinya masing-masing.

Bagian-bagian Telinga Luar dan Fungsinya

Telinga luar terdiri dari tiga bagian utama, yatitu daun telinga atau pinna dan saluran telinga luar atau meatus auditorius eksternus. Masing-masing memiliki fungsi sendiri-sendiri yaitu daun telinga sebagai media untuk mengumpulkan bunyi yang akan diteruskan sedangkan fungsi saluran telinga luar adalah untuk meneruskan bunyi yang dikumpulkan daun telinga menuju gendang telinga atau membran timpani.

Hati-Hati Membersihkan Telinga Si Kecil, Moms! Ketahui Bagian dan Fungsi di Dalamnya

Saluran telinga luar memang cukup unik karena menghasilkan serumen seperti cairan lilin yang dapat mengeras. Karenanya, selain sebagai penerus bunyi, fungsi saluran telinga luar adalah untuk menyaring kotoran dan benda asing yang masuk ke dalam telinga. Kotoran umumnya akan tertahan di bagian ini dan tidak dapat masuk lebih ke dalam. Karenanya, jika Moms ingin membersihkan telinga, cukup eksplor bagian ini saja.

Bagian-bagian Telinga Tengah dan Fungsinya

Setelah mengenal bagian luar, maka Moms juga perlu mengetahui bagian bagian telinga tengah. Secara garis esar, ada tiga bagian di dalamnya, yaitu gendang telinga (membran timpani), tiga tulang pendengaran (tulang martil, landasan, dan sanggurdi), dan saluran eustachius.

Bagian-bagian Telinga Tengah dan Fungsinya

Tulang tengah pada dasarnya berfungsi untuk mengolah getaran dan bunyi yang berasal dari telinga luar, agar dapat diteruskan menuju bagian telinga dalam. Hanya saluran eustachius yang fungsinya berbeda yaitu untuk menghubungkan telinga dan rongga mulut sekaligus mengatur keseimbangan udara.
 

baca juga

Bagian-bagian Telinga Dalam dan Fungsinya

Hal terakhir yang perlu Moms ketahui adalah bagian-bagian telinga dalam. Bagian sekaligus fungsi telinga bagian dalam adalah tiga saluran setengah lingkaran (untuk menjaga keseimbangan tubuh), tingkap oval atau jorong untuk meneruskan getaran ke rumah siput, dan terakhir adalah rumah siput (koklea) yang fungsinya untuk meneruskan getaran dan bunyi ke otak untuk dicerna.
 

Bagian-bagian Telinga Dalam dan Fungsinya

Nah Moms, sudah tahu kan bagian penting apa saja yang ada di dalam telinga? Berbeda dengan orang dewasa, bagian bagian telinga si kecil memang lebih rentan sehingga harus diperlakukan dengan ekstra hati-hati. Jangan lupa, gunakan selalu alat pembersih yang lembut agar tidak menimbulkan luka.