Apa sih fungsi dari air ketuban? Air Ketuban merupakan cairan sebagai pelindung janin bayi ketika di dalam rahim. Selain itu ketuban juga membuat bayi bebas bergerak di dalam rahim Ibu hingga waktu melahirkan datang.

Namun, ada beberapa masalah yang muncul ketiba ketuban Ibu hamil pecah dini atau Premature Rupture of Membranes (PROM) yang membuat bayi lahir prematur. Duh, apa saja ya?

Nah, pecah ketuban dini ini juga bisa kita hindari lho Moms dengan cara seperti di bawah ini. Disimak yah Moms!



1. Hindari Goncangan Terlalu Keras

Jika moms banyak beraktifitas di luar rumah seperti berkendara menggunakan sepeda motor, sebaiknya hindari untuk sementara agar ketuban tak mengalami goncangan. Karena tidak semua Ibu hamil memiliki kondisi rahim yang kuat.

source: http://id.pinterest.com




2. Olahraga Ringan

Meski terbilang olahraga ringan, jalan kaki adalah salah satu aktifitas yang bisa mencegah ketuban pecah dini. Biasakan berjalan kaki ringan saat pagi atau sore hari.
 

source: https://www.instagram.com/chelseaoliviaa/
baca juga




3. Jauhi Asap Rokok

Sebaiknya Moms hindari asap rokok dan junk food yang berbahaya untuk kesehatan si janin. Gunakan masker atau hindari kontak langsung dengan perokok demi mencegah ketuban pecah dini.
 

source: http://id.pinterest.com




4. Konsumsi Vitamin C

Fungsi vitamin C di sini adalah untuk menjaga kondisi dan sistem imun Ibu hamil agar tetap sehat dan kuat. Selain itu lengkapi juga dengan mengkonsumsi buah dan sayur ya Moms.
 

source: http://id.pinterest.com