Jika moms ingin memperkenalkan kebiasaan membaca buku kepada si kecil, mulailah dengan membacakan dongeng sebelum tidur untuknya. Jangan khawatir bahwa anak belum memahami apa yang moms ceritakan. Karena sebenarnya rutin membacakan dongeng anak sebelum tidur akan meningkatkan tumbuh kembangnya.

Dongeng Anak Singkat

Tidak perlu mencarikan dongeng yang terlalu panjang. Cukup bacakan dongeng singkat saja. Meskipun singkat, membaca dongeng bisa membangung proses komunikasi yang interaktif dengan anak sekalipun si kecil masih bayi. Selain mempererat hubungan orang tua dan anak, mendongeng juga akan memperbanyak kosakata anak.

Dongeng Anak Singkat
source: https://www.babble.com

Selain itu, membacakan dongeng untuk si kecil juga membantu mengajari mereka bagaimana cara mengolah emosi. Dengan memilihkan bacaan yang tepat, anak akan belajar mengungkapkan dan mengolah emosinya dengan lebih baik. 

baca juga

Dongeng Anak Durhaka

Jika si kecil sudah cukup besar, dongeng yang lebih berkebang seperti dongeng anak durhaka juga bisa mommy bacakan untuk mereka. Dongeng yang berkisah tentang anak durhaka akan melatih respon dan mengolah emosi si kecil. Lewat dongeng dengan topik seperti ini, anak bisa belajar tentang hal yang baik atau tidak untuk dilakukan.

Dongeng Anak Durhaka
source: https://www.spectator.co.uk

Lewat dongeng anak durhaka, moms bisa mengajari si kecil bagaimana caranya bersikap kepada orang yang lebih tua. Selain itu, moms juga bisa mengajarkan si kecil tentang sopan santun lewat dongeng dengan topik ini.

Dongeng Anak Islami

Mengajari si kecil tentang nilai-nilai penting dalam agama Islam juga bisa dimulai sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan membacakan dongeng anak Islami kepada mereka. Pilih dongeng yang sederhana agar si kecil mudah memahami cerita dan pesan yang ingin moms sampaikan.

Dongeng Anak Islami
source: http://ijtihadnet.com

Dengan memperkenalkan nilai agama Islam sejak kecil, si kecil juga akan leih mudah untuk membiasakan diri mengenal dan engikuti pesan baik yang diajarkan. Selain itu, moms juga bisa mulai memperkenalkan kisah-kisah nabi pada si kecil.

baca juga

Dongeng Anak Dunia

Selain membacakan dongeng lokal khas Indonesia, tidak ada salahnya juga memperkenalkan dongeng anak dunia. Ada banyak kisah menarik yang populer seperti Gadis Berkerudung Merah, Rapunzel, dan banyak lagi.

Dongeng Hungaria juga punya banyak dongeng menarik yang cocok untuk anak kecil. Misalnya kisah tentang Gadis Rajin dan Gadis Pemalas yang memberikan pelajaran tentang sikap rajin. 

Video Dongeng Anak

Jika moms tidak punya buku dongeng anak, jangan khawatir! Moms bisa mencari video dongeng anak yang banyak tersedia di internet atau youtube. Moms bisa mempelajari terlebih dahulu dongeng tersebut sebelum mengisahkannya pada si kecil sebelum dia tidur. 

youtube:LWrhAN6xIuk
source: https://www.youtube.com/watch?v=LWrhAN6xIuk
Timun Mas ~ Dongeng Jawa Tengah | Dongeng Kita untuk Anak

Mengajarkan anak nilai-nilai yang baik dalam kehidupan serta cara mengolah emosi bisa dilakukan dengan cara membacakan dongeng untuknya. Tidak hanya baik untuk tumbuh kembangnya kelak, membacakan dongeng juga akan mempererat hubungan antara orang tua dan anak