Sejak zaman dahulu nenek moyang kita sudah menggunakan beragam jenis tumbuhan yang digunakan untuk mengobati penyakit luar maupun dalam. Seiring bertambahnya zaman, sekarang ini orang-orang pada umumnya lebih memilih pengobatan dokter yang tentu saja menggunakan obat kimia. Padahal kita juga tahu efek samping yang di timbulkan obat-obatan kimia.

Bukan berarti obat herbal tidak punya efek samping, tapi setidaknya obat herbal diolah dengan cara yang alami dan minim campuran bahan kimia. Yang paling umum diketahui adalah manfaat tanaman herbal untuk kolesterol adalah menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Yuk kita cari tahu tanaman herbal dan manfaatnya .

Obat Segala Penyakit, Ini Dia Manfaat Tanaman Herbal
source: http://deherba.com

Penyembuhan Alami 

Obat herbal tidak menghambat kemampuan penyembuhan tubuh. Sebaliknya, obat-obatan ini dapat membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat dan tubuh bisa mempertahankan lingkungan internal yang ideal untuk penyembuhan. Terdapat banyak tumbuh-tumbuhan yang dapat merangsang berbagai macam kelenjar, mengaktifkan hormon-hormon tertentu. Hormon-hormon ini membawa sinyal tanda bahaya untuk memulai proses biologis tertentu, guna memulai proses penyembuhan.

Manfaat Berkelanjutan 

Banyak obat herbal disertai oleh intruksi khusus mengenai pola makan, istirahat, dan olahraga yang dapat membuat obat tersebut lebih mujarab, dengan cara mempersiapkan tubuh agar dapat merespon terhadap pengobatan dengan cara yang efektif dan diinginkan. Perubahan pola makan dan gaya hidup ini dapat membantu pasien memiliki tubuh yang lebih sehat. Ketika perubahan ini menjadi kebiasaan, kemungkinan terkena penyakit yang sama akan menjadi lebih kecil.

Kekebalan Tubuh (Imunitas) 

Obat herbal juga membuat sistem imunitas menjadi lebih kuat, karena obat herbal cenderung memperbaik proses penyembuhan alami tubuh dan juga membenarkan kebiasaan tidak baik. Sebagai akibatnya, tubuh jadi lebih terlindungi dari serangan patogen-patogen.

Metabolisme & Nutrisi 

Sistem imun kuat dibarengi dengan pola makan dan gaya hidup yang baik meningkatkan metabolisme tubuh, sebagai akibatnya nutrisi dapat diserap dengan lebih baik. Karena itu kebanyakan pengobatan herbal melarang konsumsi junk food dan makanan yang mengandung 
stimulan seperti kafein. Alasannya, junk food tidak memberikan tubuh nutrisi yang cukup lengkap dan stimulan dapat menghambat pengobatan.

Obat Segala Penyakit, Ini Dia Manfaat Tanaman Herbal
source: http://deherba.com

Berikut tanaman herbal yang sering dan mudah kita temui beserta manfaatnya

  •  Kulit Manggis

Kulit manggis adalah salah satu tanaman herbal untuk asam urat dikarenakan kristal asam urat yang telah menumpuk dan mengkristal dalam persendian tubuh dapat dipecah-pecah menjadi bagian yang lebih kecil sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh kita melalui urin atau kotoran. 

  • Daun Kemangi

Pada daun kemangi, diketahui terdapat kandungan zat yang berfungsi untuk membantu proses sekresi insulin. Ketika insulin dapat di produksi dengan baik, berarti pengaturan kadar gula dalam tubuh pun juga akan membaik. Daun kemangi juga terkenal sebagai tanaman herbal untuk diabetes.

  • Jahe

Jahe merupakan bahan makanan yang serbaguna, selain sebagai rempah untuk melezatkan makanan jahe juga bisa berguna sebagai obat alami 
yang bisa menyembuhkan beragam penyakit. Jahe juga merupakan tanaman herbal untuk asam lambung.

  • Temu lawak

Temulawak merupakan tanaman rempah asli Indonesia yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah bagian akar atau sering juga disebut dengan rimpang. Bagian inilah yang sering diolah untuk dijadikan sebagai obat berbagai penyakit. Salah satunya adalah dijadikan obat sakit ginjal

  • Lidah buaya

Tanaman obat yang memiliki beragam khasiat selanjutnya adalah lidah buaya. Yups, boleh dibilang kalau lidah buaya sebagai tanaman sejuta manfaat karena banyak sekali khasiat dari tanaman ini. Selain fungsi utamanya untuk kesehatan rambut, menghilangkan jerawat dan kecantikan tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengoati berbagai penyakit.Sebagai tanaman obat lidah buaya berkhasiat untuk mengobati penyakit serangan jantung, diabetes, radang tenggorokan, sembelit, dan masih banyak jenis penyakit lain yang bisa diobati dengan tanaman ini.

  •  Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah obat sejuta penyakit, bahkan lebih dari itu banyak orang menggunakan jeruk nipis sebagai pencegah penyakit, dengan meminum campuran jeruk nipis dengan air hangat setiap hari. Manfaatnya bisa membuat tubuh bugar dan menghilangkan racun dalam tubuh, selain itu juga
membantu dalam menurunkan berat badan.

Itu dia Moms beberapa manfaat dan jenis tanaman herbal di sekitar kita, padahal di Indonesia ada lebih dari seratus tanaman herbal untuk pengobatan loh Moms.