Namun membuat kue sus tidak selalu mudah, seringkali bentuk kue sus yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Kue sus bisa menjadi bantat dan tidak mengembang atau kempes setelah keluar dari panggangan, tapi ada trik jitu yang bisa membuat kue sus Anda cantik dan lezat. Simak yuk Moms tips membuat kue sus cantik anti gagal berikut ini!

Gunakan Tepung Protein Tinggi

Untuk membuat adonan kue sus yang kokoh, Moms harus menggunakan tepung terigu protein tinggi. Tepung terigu protein tinggi ini cocok untuk membuat donat, kue sus, roti tawar,roti manis, burger/hot dog bun, mi instan, mi basah, mi kering, martabak telur, dan roti goreng. Hasil olahan dari tepung terigu ini akan renyah di luar dan lembut di dalam.

Resep Cara Membuat Kue Sus, Dijamin Anti Gagal!
source: http://jatim.tribunnews.com

Pastikan Bahan Cair Mendidih Sebelum Dicampur

Air, susu, atau mentega yang dipanaskan harus benar-benar mendidih sebelum ditambahkan tepung. Hal ini berfungsi agar kedua bahan dapat segera mengikat. Bahan-bahan yang tercampur dengan baik akan mencegah adonan menggumpal dan membuat bentuk kue sus Anda kurang cantik. Saat memasukan tepung aduk cepat menggunakan spatula kayu agar tepung tidak menggumpal.

Pastikan Bahan Cair Mendidih Sebelum Dicampur
source: https://id.wikihow.com
baca juga

Jangan Terlalu Lama Proses Memasaknya

Angkat segera adonan setelah kalis (menyatu dan tidak lengket di panci). Proses masak yang lama akan membuat adonan lebih berminyak dan menghasilkan adonan yang lebih encer. Sehingga ketika dipanggang, adonan tidak akan mendapatkan volume yang diinginkan.

Jangan Terlalu Lama Proses Memasaknya
source: http://cakeita.blogspot.com

Jangan lupa untuk memastikan adonan cukup hangat saat telur dimasukan. Karena adonan yang terlalu panas akan membuat telur terlalu matang. Akibatnya, adonan tidak dapat mengembang secara maksimal ketika dipanggang.

Beri Jarak yang Cukup Saat Proses Pemanggangan

Gunakan cetakan kue sus atau semprit untuk membentuk kue sus. Namun jangan lupa untuk mengatur jarak yang cukup antar adonan sebelum dipanggang. Adonan kue sus yang disemprot dalam jumlah banyak akan menghasilkan kue sus yang jauh lebih besar. Jika jarak satu dan lainnya terlalu berdekatan, kue sus tidak akan mengembang maksimal.

Beri Jarak yang Cukup Saat Proses Pemanggangan
source: https://review.bukalapak.com
baca juga

Menjaga Suhu Selama Proses Pemanggangan.

Gunakan suhu 200° C dan panggang selama ± 30 menit. Selama proses memanggang hindari membuka pintu oven yang akan menurunkan tekanan udara panas dan berakibat kue sus menjadi kempis. Moms juga bisa menggunakan oven dengan kipas yang dapat membantu adonan sus Anda lebih mengembang.

Menjaga Suhu Selama Proses Pemanggangan.
source: https://www.tokopedia.com

Membuat kue sus itu mudah, jika Anda tahu triknya. Moms bisa membuat sus sederahan dengan fla atau kue sus buah yang segar kesukaan keluarga. Membuat kue apapun tentulah perlu kesabaran. Namun, ketika hasil buatan Anda dapat dinikmati oleh seluruh keluarga, tentunya akan membawa kepuasan tersendiri bagi Anda. Selamat mencoba ya Moms!