Menurut Healthline.com, penyebab ketombe adalah:

  • Kulit yang kering
  • Dermatitis seborrheic
  • Penggunaan produk rambut 
  • Pertumbuhan jenis jamur tertentu di kulit kepala


Berikut ini cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan bahan alami: 


1. Jeruk Nipis



Salah satu cara alami yang banyak dilakukan adalah dengan cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis. Peras jeruk nipis dan olesi bagian kulit kepala yang ada ketombenya. Kandungan citric acid yang ada di jeruk nipis mampu menyeimbangkan pH dan mengurangi bakteri untuk memproduksi ketombe.

Selain itu, astringet effect yang ada di jeruk nipis bisa menyeimbangkan level sebum di kulit kepala sehingga mencegah terjadinya rambut kering dan berminyak. Menggunakan jeruk nipis juga menjadi cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen lho, Moms!

2. Garam dan Minyak Kelapa



Siapa sangka salah satu jenis bumbu dapur ini juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan garam adalah campurkan dengan minyak kelapa. Kemudian pijat campuran garam dan minyak kelapa pada kulit kepala dan diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih juga shampoo untuk menghilangkan garam pada rambut.

andungan vitamin E minyak kelapa memberikan nutrisi pada kulit rambut. Formula minyak kelapa dan garam menjadi cara menghilangkan ketombe membandel. 

3. Lidah Buaya



Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Selain bermanfaat untuk menutrisi rambut dan membuatnya menjadi hitam berkilau, lidah buaya juga bisa menjadi solusi bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Cukup ambil daging lidah buaya dan oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit kepala. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih juga shampoo. 

Semoga cara di atas bisa membantu Moms mengatasi masalah ketombe ya.