Apa Itu Make Up Primer?

Primer adalah produk yang digunakan untuk mengisi pori-pori, sehingga terbentuk lapisan di atas kulit yang menjadi base sebelum menggunakan makeup. Dengan menggunakan primer, kulit Anda akan tampak mulus dan rata. Kulit dengan tampilan demikian sangat penting untuk mendapatkan hasil riasan yang sempurna.

Apa Itu Make Up Primer?
source: https://www.oilfreefacemoisturizer.com

Jenis-jenis Primer

Meskipun umumnya memiliki fungsi yang sama, primer banyak jenisnya. Jenis-jenis primer antara lain:

  1. Pore-Minimizing. Primer jenis ini memiliki formula yang akan menyamarkan dan mambuat wajah tampak lebih halus. Umumnya, primer dengan jenis ini akan berbahan dasar polymer atau sillicone. Saat Anda menggunakan primer ini, Moms akan mendapatkan tampilan kulit yang halus dan flawless. Rekomendasi produk primer ini antara lain primer Maybelline Baby Skin Instant Pire Eraser dan primer Nyx Pore Filler.
  2. Color-Correcting. primer jenis ini amat cocok bagi Anda yang memiliki masalah warna kulit tidak merata, jerawat kemerahan dan mata panda. Color-correcting bekerja dengan konsep roda warna, di mana tiap warna akan ‘menghapuskan’ warna yang berlawanan. Misalnya warna hijau akan menyamarkan jerawat kemerahan dan warna pink baik untuk menutupi area gelap di bawah mata. Rekomendasi primer jenis ini antara lain primer Make Over Corrective Base Makeup dan NYX Color Correcting Liquid Primer
  3. Mattifying. Primer jenis ini adalah primer yang bagus untuk kulit berminyak. Primer jenis ini diformulasikan agar dapat menyamarkan tampilan pori-pori, sekaligus membantu menahan minyak pada wajah. Untuk rekomdasi produk primer jenis ini antar lain Innisfree No Sebum Blur Primer dan Make Up For Ever Mattifying Primer Shine Control Primer
  4. Illuminating. Jika Anda menyukai tampilan make up dewy dan glowing, primer ini sangat cocok untuk Anda. Primer ini dapat membantu membuat wajah yang kusam agar tampak lebih cerah. primer Wardah Instaperfect dan primer Pixy Primer Make It Glow adalah rekomendasi produk primer jenis ini.
  5. Hydrating. Jika Anda memiliki tipe kulit kering, Anda dapat mencoba jenis primer Hydrating yang memang dikhususkan untuk kulit kering. Kulit kering dapat menyebabkan fondation yang Moms gunakan kurang merata sehingga tampak patchy atau flaky. Dengan primer jenis ini, kulit Anda akan mendapatkan kelembaban tambahan sekaligus memberikan tampilan kulit yang lebih halus. Produk primer jenis ini antara lain primer Too Faced Hangover Replenishing Face Primer dan primer Glossier Priming Moisturizer.
Jenis-jenis Primer
source: https://review.bukalapak.com/
baca juga

Tips Memilih Primer yang Cocok

  1. Kenali jenis kulit Anda. Seperti memilih produk kecantikan lainnya, memilih primer pun harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Moms tidak ingin kan tampilan make up Anda tampak berantakan atau wajah Anda kelihatan terlalu berminyak karena salah menggunakan primer.
  2. Hasil akhir yang diinginkan. Primer ibarat sebuah kanvas kosong yang akan Moms jadikan tempat melukis. Pastikan Anda mengenali jenis produk primer yang Moms gunakan. Jika ingin tampilan make up dewy, Anda tidak akan mendapatkannya jika menggunakan primer mate.
  3. Teliti sebelum membeli. Banyak produk primer yang dijual di pasaran. Anda perlu cermat dalam memilih produk primer. Tidak hanya merk primer tetapi juga keaslian produk dan kondisi primer saat Anda membelinya.
Tips Memilih Primer yang Cocok
source: https://www.pexels.com/

Jadi, sudah tahu produk primer mana yang cocok untuk Anda? Memilih primer yang sesuai, akan membantu Moms mendapatkan tampilan make up seperti yang Anda inginkan. Moms pun bisa tampil lebih maksimal dan percaya diri.