Biasanya, komedo banyak terdapat pada bagian hidung, dagu, dan kening. Penyebab komedo putih ini salah satunya adalah perubahan hormon yang biasa terjadi pada masa pubertas, kehamilan, menstruasi, atau menopouse. Berikut ini beberapa penyebab dan cara membasmi komedo putih.

Komedo Putih di Hidung

Komedo putih bisa muncul di bagian tubuh manapun. Namun, hidung adalah bagian tubuh yang paling sering dihinggapi oleh masalah kulit yang satu ini. Kira-kira, apa sih penyebab munculnya komedo putih pada hidung?

​​​​​​​Selain karena adanya peningkatan hormon, munculnya komedo putih juga diseabkan oleh kulit yang berminyak, yang dapat terjadi karena pelembab wajah atau kondisi cuaca yang lembab. Untuk mengatasinya, bersihkan wajah secara rutin sebelum tidur dan setelah beraktivitas. Gunakan Produk sabun cuci muka atau salep yang mengandung benzoyl peroxide yang berfungsi mengontrol kadar minyak berlebih di dalam pori-pori.

Komedo Putih Mengganggu, Kenali Penyebab dan Cari Tahu Cara Membasminya Moms!
source: https://akamaized.net


 

Komedo Putih di Dagu

Dagu juga merupakan bagian wajah yang banyak ditumbuhi komedo putih. Namun terkadang bagian dagu tidak terlalu menjadi perhatian, padahal daerah ini juga merupakan yang paling banyak ditumbuhi komedo putih.

Munculnya komedo putih di bagian dagu bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makan yang tidak sehat dan merokok. Cara mengatasinya selain rutin membersihkan wajah, yaitu dengan memperbaiki pola makan dan berhenti merokok. Jika semakin parah, dapat melakukan terapi sepetri chemical peeling.

Komedo Putih Mengganggu, Kenali Penyebab dan Cari Tahu Cara Membasminya Moms!
source: https://amazonaws.com
baca juga

Komedo Putih di Pipi

Komedo putih pada pipi sangat mengganggu, karena pipi merupakan salah satu bagian yang menjadi pusat perhatian pada wajah. Penggunaan kosmetik yang mengandung bahan kimia atau tidak cocok pada jenis kulit dapat menyebabkan timbulnya komedo putih pada pipi.

Ganti produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit dan rutin membersihkan wajah setelah menggunakan make up. Salah satu terapi untuk menghilangkan komedo putih pada pipi yaitu ekstraksi komedo, yaitu dengan cara mencabut komedo dengan bantuan alat dokter.

Komedo Putih Mengganggu, Kenali Penyebab dan Cari Tahu Cara Membasminya Moms!
source: https://cintaihidup.com


 

Komedo Putih di Wajah

Komedo putih juga muncul pada bagian wajah secara keseluruhan. Selain penyebab yang sudah disebutkan diatas, munculnya komedo putih juga disebabkan karena kebiasaan memencet jerawat.

Tangan yang tidak steril dapat menyebabkan jerawat akan semakin parah karena bakteri, dan dapat mengakibatkan adanya bekas jerawat pada wajah. Kebiasaan ini juga dapat mengakibatkan munculnya komedo putih. Hal ini dikarenakan folikel rambut pada kulit akan pecah dan menimbulkan tumbuhnya komedo.



 

Komedo Putih Mengganggu, Kenali Penyebab dan Cari Tahu Cara Membasminya Moms!
source: http://tampilcantik.com


 

baca juga

Komedo Putih dan Hitam

Selain komedo putih juga terdapat komedo hitam. Komedo hitam biasanya lebih mengganggu daripada komedo putih. Hal ini disebabkan karena warnanya yang lebih mencolok dan terlihat di permukaan wajah. Komedo hitam juga biasanya lebih sulit diangkat karena tekstur yang lebih keras.

Komedo ini berwarna hitam karena keluar dari permukaan kulit maka akan mengalami oksidasi secara langsung. Cara membasmi komedo hitam yaitu dgunakan pembersih wajah yang dapat mengangkat kotoran dengan sempurna. Setelah itu gunakan masker clay dua kali dalam seminggu untuk mengangkat komedo dan menghilangkan minyak berlebih pada wajah.

Komedo Putih Mengganggu, Kenali Penyebab dan Cari Tahu Cara Membasminya Moms!
source: https://idntimes.com

Demikian penyebab dan cara membasmi komedo putih. Semoga bermanfaat Moms!