Tak hanya terbiasa dengan perubahan hormon, perubahan lain yang akan dirasakan Ibu hamil pada trimester kedua adalah perubahan fisik yang semakin terlihat. Seperti apa sih perubahannya? Kita simak ulasannya di bawah ini yuk Moms.
 

1. Berat Badan Bertambah

Pada kehamilan trimester pertama  biasanya ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 1-2 kilogram. Tapi jika bu hamil mengalami morning sickness ya g terlalu sering, maka berat badan justru bisa berkurang. Sebaiknya konsumsi buah-buahan segar untuk mengurangi rasa mual.

source: http://www.redbookmag.com


 

2. Rahim Akan Membesar

Tanpa disadari ukuran rahim Ibu hamil akan semakin membesar, dimana ini disebabkan oleh tekanan yang terjadi pada kandung kemih. Biasaya Ibu hamil akan sering buang air kecil ketika pada kehamilan trimester pertama.
 

source: http://www.mamazone.pl


 

baca juga

3. Nyeri Payudara

Perubahan lain yang akan dirasakan saat trimester pertama adalah rasa nyeri pada payudara. Ini terjadi karena hormon dalam tubuh mempersiapkan saluran susu untuk bayi. Sebaiknya Moms menggunakan bra yang longgar yang tidak terdapat kawat pada bagian bawahnya.

source: https://www.gesund-durch.de


 

4. Perubahan Kondisi Kulit

Pada kehamilan trimester pertama usia kandungan 9 minggu biasanya beberapa wanita akan mengalami masalah kulit seperti jerawat dan kulit kering. Untuk megatasinya perbanyaklah minum air putih dan mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur.
 

source: http://www.vibekeklev.no