Pertama-tama Moms perlu tahu bekas luka tersebut berasal dari mana. Bekas luka bisa berasal dari luka bakar, kecelakaan atau pascaoperasi. Untuk wajah, bekas luka juga bisa berasal dari jerawat, peradangan atau infeksi.

Bekas luka dapat berupa jaringan parut yang merupakan hasil dari proses alami tubuh dalam menyembuhkan luka. Atau dapat berupa kerusakan pada lapisan kulit terluar sehingga warna kulit berubah warna, memerah atau menghitam.

Meski biasanya bekas luka akan memudar dengan sendirinya dari waktu ke waktu, namun ada juga yang dirasa sangat mengganggu penampilan. Saatnya kita bahas penghilang bekas luka alami.

1. Lidah Buaya atau Aloe Vera

Aloe vera memang terkenal memiliki banyak manfaat baik untuk rambut hingga tubuh. Aloe vera sangat dianjurkan sebagai penghilang bekas luka bakar. Selain dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar dari gel di dalamnya, gel atau getah dalam lidah buaya juga dapat meredakan rasa sakit dan nyeri akibat luka bakar.

Sensasi dingin pada aloe vera juga membantu meredakan peradangan pada luka bakar. Tidak perlu khawatir, saat ini cukup banyak aloe vera yang dijual dalam bentuk gel dari berbagai macam brand. Penggunaannya juga cukup mudah, cukup oleskan secukupnya pada kulit yang memiliki luka bakar secara rutin.
Bekas Luka Mengganggu Penampilan? Begini Cara Menghilangkannya, Moms
source: http://organicfacts.net


 

2. Madu

Madu dikenal memiliki bahan antiseptik yang cukup bagus. Selain dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, madu juga dapat menyamarkan bekas luka dan membuat kulit halus kembali. Cukup oleskan madu pada bagian yang luka secara teratur, diamkan sesaat dan kemudian bilas dengan air. Madu juga dapat menghilangkan bekas luka pada wajah loh! Untuk menghilangkan bekas luka di wajah madu bisa dicampur dengan minyak zaitun dan dibuat masker wajah.
Bekas Luka Mengganggu Penampilan? Begini Cara Menghilangkannya, Moms
source: http://pixabay.com


 

baca juga

3. Kencur

Bumbu dapur yang satu ini merupakan bahan penghilang luka yang bagus buat kulit. Kencur mengandung zat anti inflamasi dan anti oksidan yang dapat membantu proses pergantian kulit lebih cepat.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, campurkan kencur dengan sedikit air dan beras lalu tumbuk hingga halus. Oleskan pada permukaan secara rata, diamkan beberapa saat dan kemudian bilas. Menggunakan olahan kencur ini merupakan salah satu cara menghilangkan bekas luka koreng loh!

Bekas Luka Mengganggu Penampilan? Begini Cara Menghilangkannya, Moms
source: http://cintaihidup.com


 

4. Putih Telur

Banyak Moms yang sudah menggunakan putih telur sebagai bahan alami menghilangkan bekas luka di wajah. Penggunaannya juga mudah, cukup campurkan putih telur dengan perasan jeruk atau madu. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah. Tunggu hingga kering, kelupas dan bilas wajah dengan air hangat.
Bekas Luka Mengganggu Penampilan? Begini Cara Menghilangkannya, Moms
source: http://teen.co.id


 

baca juga
5. Oatmeal

Apabila bahan-bahan yang disebutkan sebelumnya dirasa kurang nyaman digunakan di wajah, Moms bisa coba masker oatmeal. Selain enak dikonsumsi, oatmeal juga dapat memudarkan bekas luka di wajah terutama bekas jerawat atau radang.

Cukup campurkan oatmeal dengan jeruk atau lemon, aduk hingga rata dan oleskan ke seluruh tubuh lalu diamkan. Setelah kering, bilas dengan air hangat. Sekarang brand lokal juga sudah cukup banyak yang mengeluarkan masker dengan bahan dasar oatmeal.
Bekas Luka Mengganggu Penampilan? Begini Cara Menghilangkannya, Moms
source: http://healthline.com


 

Apabila menurut Moms, cara di atas terlalu ribet, Moms bisa cari salep penghilang luka. Saat ini cukup banyak salep penghilang luka yang bisa dibeli di apotik. Beberapa rekomendasi untuk salep penghilang luka:

1. Mederma

Mederma dikenal sebagai obat penghilang bekas luka yang efektif. Dengan menggunakan 3 kombinasi zat aktif, cepelin, allantoin dan aloe vera, Mederma dapat menyamarkan bekas luka dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Mederma cukup banyak dijual di apotik maupun e-commerce. Harga salep penghilang bekas luka ini dibandrol cukup mahal, sekitar 325.000
Bekas Luka Mengganggu Penampilan? Begini Cara Menghilangkannya, Moms
source: http://target.com


 

2. Melanox

Melanox ini berfokus pada menyamarkan bekas luka pada wajah, serta flek hitam dan bekas jerawat. Mengandung hydroquinon, salep penghilang bekas luka ini dapat memutihkan kulit yang hiperpigmentasi secara bertahap, serta memudarkan bintik-bintik hitam akibat penuaan. Melanox ini dijual dengan harga 170 ribu dan bisa didapatkan di apotik.
Bekas Luka Mengganggu Penampilan? Begini Cara Menghilangkannya, Moms
source: http://mediskus.com


 

3. Bio-Oil

Penghilang bekas luka kali ini berupa minyak. Bio-Oil banyak dipercaya dapat menyamarkan bekas luka, kulit belang dan stretchmark dengan bertahap. Mengandung vitamin A, vitamin E, calendula oil, lavender oil, rosemary oil dan chamomile oil, produk Bio Oil ini menjadi favorit Mommies.

Selain aman digunakan untuk kulit sensitif, Bio Oil juga dapat melembabkan kulit kering dan menjaga agar tetap terhidrasi dengan baik. Bio-Oil ini sudah dijual baik disupermarket maupun online shop dengan harga sekitar 100 ribu.
Bekas Luka Mengganggu Penampilan? Begini Cara Menghilangkannya, Moms
source: http://perfectbeauty.id
Itu semua cara menghilangkan bekas luka baik pada tubuh maupun pada wajah. Bisa dicoba dari bahan alami ataupun pakai salep ya Moms! Jangan lupa rajin membersihkan bagian tubuh yang ada bekas luka, karena adanya perbedaan tekstur kulit dapat membuat kotoran menumpuk pada bekas luka dan membuat warnanya semakin gelap. Untuk wajah, juga sebaiknya rajin exfoliate seminggu sekali ya, Moms! Untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk.