Metabolisme Adalah


Jadi Moms metabolisme adalah proses yang dilakukan tubuh untuk mendapatkan energi, sedangkan energi didapatkan dari proses pembakaran yang telah dilakukan oleh tubuh.

Menurut Abbie E. Smith-Ryan, Profesor dan direktur laboratorium fisiologi terapan di University of North Carolina, AS, metabolisme adalah proses pembakaran kalori yang tidak hanya terjadi saat kita berolahraga.

Metabolisme memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu untuk mempertahankan kehidupan seorang makhluk hidup. 
Metabolisme Adalah


 

Metabolisme Karbohidrat


Moms, sudah dengar apa itu metabolisme karbohidrat? Jadi metabolisme karbohidrat adalah sesuatu proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup dengan tujuan untuk mengolah karbohidrat, baik itu anabolisme atau reaksi pembentukan maupun katabolisme atau reaksi pemecahan. 

Metabolisme karbohidrat memiliki berbagai macam proses yaitu:
  • Glikogenesis adalah proses metabolisme karbohidrat yang merubah glukosa menjadi glikogen atau dengen kata lain, proses pembentukan glikogen dari glukosa.
  • Glikolisis yaitu peristiwa penguraian karbohidrat menjadi piruvat.
  • Daur Krebs yaitu proses piruvat yang dialihbentukkan menjadi asam laktat, asetat, dan etanol.
Metabolisme Karbohidrat


 

baca juga

Metabolisme Protein


Protein merupakan zat yang paling penting dalam tubuh serta dibutuhkan sebagai struktur, fungsi dan pengaturan organ dan jaringan pada tubuh manusia. Sedangkan metabolisme protein sendiri adalah proses deskripsi dari proses fisik dan kimia yang menyebabkan pembentukan atau sintesis, asam amino menjadi protein dan pemecahan, atau katabolisme, protein menjadi asam amino. 

Bagian tubuh yang berfungsi untuk melakukan metabolisme protein adalah hati. Hati bertanggung jawab untuk memproses dan mengeluarkan kotoran produk limbah yang dihasilkan sebagai produk sampingan dari metabolisme protein.
Metabolisme Protein


 

Metabolisme Lemak


Lemak memiliki fungsi sebagai sumber cadangan energi bagi tubuh. Sedangkan metabolisme lemak merupakan serangkaian reaksi kimia mencakup reaksi pembentukan dan reaksi penguraian lemak di dalam tubuh. Moms, kamu juga perlu tahu bahwa lemak mampu menjadi sumber energi yang dapat menggantikan glukosa dari karbohidrat.
Metabolisme Lemak


 

baca juga

Metabolisme Sel

Moms, kamu asing nggak sih dengan istilah metabolisme sel? Metabolisme sel adalah susunan dari proses kimia yang memungkinkan suatu organisme untuk merespon lingkungan, mengekstrak energi, tumbuh, berkembang biak serta mempertahankan dirinya.

Proses dalah metabolisme ini bisa dikelompokkan ke dalam proses katabolik yang terlibat dalam ekstraksi energi, dan proses anabolik, yang melibatkan penggunaan energi untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. 

Nah, Moms jadi metabolisme itu memiliki pengertian yang cukup kompleks dan jenis yang banyak. Jadi jangan salah paham ya tentang pengertian metabolisme dalam tubuh. 

Metabolisme Sel