Alat yang bisa mengukur suhu tubuh seseorang adalah termometer. Jenis termometer ada dua, yakni termometer digital dan juga manual. Pastikan moms punya salah satunya, agar bisa digunakan sewaktu-waktu saat anak atau anggota keluarga lainnya mengalami demam. Dengan mengetahui suhu tubuh, moms bisa cepat tanggap jika harus membawa mereka ke dokter atau rumah sakit.

Termometer manual biasanya terdiri dari tabung, penanda dan zat yang bereaksi dengan tubuh. Beberapa zat ada yang bisa berubah warna dan naik ke ruang kosong di tabung saat berekasi dengan suhu tubuh. Tetapi termometer digital lebih aman daripada termometer kaca karena termometer ini tidak mengandung merkuri.

Cara Menggunakan Termometer Digital
Semakin canggihnya teknologi menghasilkan ragam jenis termometer digital yang bisa menunjukan hasil secara cepat juga akurat. Moms bisa mendapatkan termometer digital di toko obat maupun apotek. Termometer digital ruangan bisa digunakan dengan berbagai cara:

1. Masukan di Mulut



Cara menggunakan termometer digital yang dimasukan di mulut adalah dengan cara meletakan ujung sensor di bawah lidah dengan bibir tertutup. Jangan sampai berbicara, mengigit maupun menjilat. Tunggu sampai terdengar suara yang menandakan hasil pengukuran suhu sudah terbaca.

Pastikan tangan Moms sudah steril sebelum melakukan pengecekan suhu ya.
source: http://www.chkd.org/Patients-and-Families/Health-Library/Way-to-Grow/Taking-a-Temperature-with-a-Digital-Thermometer/

2. Gunakan di Ketiak



Menghimpit termometer di ketiak menjadi salah satu cara yang umum dilakukan untuk mengukur suhu badan. Pastikan sensor untuk pengukuran suhu terkena kulit bukan baju ya Moms. Tahan beberapa menit hingga terdengar sensor berbunyi yag menandakan hasil suhu tubuh. Ada banyak jenis merk termometer ini di pasaran. Moms bisa menanyakan secara langsung harga termometer digital di apotik. 

3. Gunakan di Telinga



Semakin majunya perkembangan teknologi membuat alat kesehatan pun maju. Kini, Moms sudah bisa memiliki jenis termometer yang digunakan di telinga. Termometer digital infrared akan membaca panas di dalam telinga. 

Pastikan lakukan dengan benar ya Moms, jangan terlalu dalam sbab bisa merusak gendang telinga. Cukup letakan sendor inframerah di permukaan lubang telinga dan suhu tubuh akan terlihat di layar. 

4. Taruh di Kening



Biasanya untuk mengecek suhu tubuh pada anak di bawah 5 tahun akan mengalami kesulitan. Sebab mereka merasa panik jika dilakukan pengetesan suhu tubuh. Nah, solusinya adalah Moms bisa menggunakan termometer yang ditaruh di kening hanya dengan mengarahkan sensor inframerah pda termometer di kening kemudian suhu tubuh akan terbaca. Untuk mendapatkan harga termometer digital untuk bayi seperti ini silakan cek ke apotik terdekat ya Moms.

Pastikan usai menggunakan termometer bersihkan dengan kapas yang sudah diberi air hangat dan simpan agar bebas dari jangkauan anak-anak ya Moms. Jika suhu tubuh sudah di atas 40 derajat, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan.