Selain olahraga, makanan juga paling penting untuk diperhatikan. Program diet sangat penting diperlukan, selain untuk mendapatkan tubuh yang ideal disisi lain juga mendapatkan sehat. Berikut ini beberapa tips sehatnya.

Makanan Diet Sehat

Tidak ada salahnya untuk melakukan diet, namun tetap harus diperhatikan gaya hidup. Jangan  sampai berat badan turun, namun kesehatan ikut menurun. Beberapa tips untuk melakukan diet sehat antara lain memilih makan yang tepat dan jangan melewatkan waktu makan, mengatur porsi sesuai kebutuhan, mengurangi konsumsi gula, rajin berolahraga, menerapkan pola hidup sehat.

Jangan Sampai Diet Malah Bikin Lemas, Cek Menu Makanan Sehat Ini!
source: https://hellosehat.com


 

Makanan Diet Keto


Diet keto atau ketogenik adalah diet yang menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Beberapa studi mengatakan bahwa diet keto mampu menurunkan berat badan secara cepat namun tetap meningkatkan energi. Manfaat dari diet keto selain menurunkan berat badan adalah mencegah diabetes, epilepsi, kanker, dan alzheimer.

Asupan karbohidrat dikurangi 5% dari biasanya dan ditukar dengan makanan tinggi protein untuk mencukupi 20% kebutuhan tubuh. Beberapa makanan yang harus dihindari saat diet keto antara lain kacang-kacangan, alkohol, makanan manis, tepung

Makanan Diet Keto
source: https://hellosehat.com/


 

baca juga

Makanan Diet Pengganti Nasi


Untuk kamu yang lagi menghindari nasi enggak masalah. Asalkan bisa diimbangi dengan gizi yang lain. Kamu bisa mengkonsumsi oatmeal, selain rasanya yang lezat oatmeal kaya akan mineral, vitamin, dan antioksidan. Oatmeal memiliki efek kesehatan yang menguntungkan, seperti menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Jagung yang kaya akan karbohidrat dan antioksidan sudah menjadi makanan pokok pengganti nasi diberbagai negara. Jagung memiliki serat yang cukup tinggi. Menurut penelitian, kandungan serat yang cukup tinggi akan memerlukan waktu lama untuk dicerna, sehingga membantu kamu yang sedang diet agar kenyang lebih lama.

Ada beras merah yang populer karena kandungan antosianinnya yang berfungsi melindungi sel dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Beras merah juga mengandung banyak serat dan protein, sehingga membantu untuk kenyang lebih lama.

Makanan Diet Pengganti Nasi
source: https://kuliner.com


 

Daftar Menu Sehat Seminggu


Kurangnya variasi menu makanan akan membosankan dan berdampak terhadap selera makan, sehingga menimbulkan gangguan kesehatan. Berikut daftar menu masakan sehari-hari yang mudah didapatkan:

Senin: ayam goreng, tumis kangkung, sambal goreng
Selasa: ikan, sayur bayem, tempe bacem
Rabu: cumi goreng tepung, sayur asem, pepes tahu
Kamis: oseng, capcay, perkedel kentang
Jum'at: sop, asin jambal roti, tempe mendoan
Sabtu: Gado-gado, oreg tempe, rendang
Minggu: Balado telur, sup makaroni, gurame asam manis

Ingat ya, Moms tetap jangan lupakan 4 sehat 5 sempurna

Daftar Menu Sehat Seminggu
source: https://resephariini.com/
baca juga

Daftar Menu Diet Sehat & Murah

Berikut ini beberapa menu diet sehat dan murah :

Jamur

Jamur adalah salah satu bahan makanan yang tidak hanya berfungsi sebagai sumber serat dan kalori, namun dapat digunakan sebagai pengganti MSG (Monosodium Glutamat). Kaldu jamur sebagai penyedap makanan yang sehat dan murah ini sudah banyak terdapat di toko-toko.

Teh Hijau

Zaman Kerajaan, teh hijau sering digunakan dalam upacara. Di sisi lain, teh hijau ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Misalnya seperti mengecilkan perut dan detoksifikasi. Meskipun ada teh hijau, namun janganpernah melupakan 8 gelas air putih sehari ya, Moms.
Daftar Menu Diet Sehat & Murah

Yoghurt

Olahan susu satu ini mengandung banyak protein. Selain itu juga terdapat ekstrak buah di dalamnya. Karena sifat yoghurt memaksimalkan enzim dalam mengikat vitamin dalam ekstrak buah, maka sudah tidak perlu diragukan lagi ya betapa sehatnya menu satu ini.