Apa itu Kanker Prostat?


Prostat merupakan kelenjar seukuran buah kenari yang terdapat di dalam sistem reproduksi pria. Letaknya di antara kandung kemih dan uretra. Sel prostat yang mengalami mutasi dan berkembang di luar kendali disebut kanker. Penyakit ini menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi dan gejala lainnya. 

Kanker prostat banyak menyerang pria di negara barat. Umumnya terjadi di kalangan pria paruh baya dan lanjut usia. Keganasan kanker prostat dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, khususnya tulang dan kelenjar getah bening di panggul. 

Source: https://www.klikdokter.com
Source: https://www.klikdokter.com

 

Penyebab Kanker Prostat


Penyebab kanker prostat masih belum jelas hingga saat ini. Gaya hidup modern seperti stres dan makan makanan yang serba instan diduga menjadi pemicu kanker prostat. Selain itu faktor usia, ras , riwayat keluarga dan hormon bisa meningkatkan resiko terkena penyakit ini. 

Untuk itu bagi pria yang berusia di atas 50 tahun dan memiliki keluarga yang pernah menderita penyakit ini harus waspada. Hindari makanan yang mengandung kalori dan lemak yang tinggi secara berkepanjangan, merokok, dan kelebihan berat badan. 

Source: https://www.viva.co.id
baca juga

Gejala Kanker Prostat


Perkembangan kanker prostat sangat lambat. Seringkali penderita tidak menyadari jika dirinya menderita penyakit ini. Mereka akan tahu ketika kanker sudah memasuki stadium lanjut.

Gejala kanker prostat yang paling umum memiliki karakteristik yang sama dengan pembesaran prostat non-kanker. Gejala lainnya yakni nyeri tulang, fraktur patologis ataupun penekanan sumsung tulang belakang. Sering buang air kecil di malam hari, urine berdasar dan sulit dihentikan disebut-sebut juga menjadi gejala kanker prostat pada tahap awal. 

Untuk mengetahui penyakit ini perlu pemeriksaan PSA (antigen spesifik prostat). Dokter akan melakukan identifikasi dengan mencolok dubur, tes darah, pemindaian ultrasonografi dan biopsi - probe USG, serta endoskopi kandung kemih. 

Source: http://jogja.tribunnews.com

Tahapan Kanker Prostat


Pada stadium awal penyakit ini tumor masih berukuran kecil dan belum menyerang ke organ lainnya. Perawatan yang dilakukan dengan cara mengangkat prostat dan kelenjar getah bening di sekitarnya.

Memasuki stadium menengah, kanker akan meluas, menginvasi jaringan di sekitarnya. Tindakan pengobatan yang biasa dilakukan adalah radioterapi eksternal. Yang terakhir adalah stadium lanjut, pada tahap ini sel kanker telah menyebar ke tulang dan organ jauh lainnya. Dokter biasanya akan melakukan terapi hormonal bahkan kemoterapi. 

Source: https://hellosehat.com

Mengerikan bukan penyakit ini? Tapi Moms tak perlu takut bila penyakit mematikan ini menyerang keluarga. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat mencegah datangnya kanker prostat.