Pengertian dan Gejala tentang Kanker Lidah


Kanker lidah adalah kanker yang berkembang pada lidah, tepatnya pada sel-sel skuamosa yang terletak di permukaan lidah. Jenis kanker ini terbagi menjadi dua yaitu kanker mulut, di mana sel kanker tumbuh pada lidah bagian depan, dan kanker orofaring yang sel kankernya tumbuh di pangkal lidah.

Pengertian dan Gejala tentang Kanker Lidah
source: https://www.alodokter.com

Kanker lidah awal biasanya ditunjukkan dengan beberapa gejala ringan seperti munculnya sakit tenggorokan yang tak kunjung sembuh, adanya bercak merah dan putih yang tidak biasa, serta benjolan dan sariawan yang terus-menerus. Dampak dari gejala tersebut adalah rasa sakit saat menelan, kebas di mulut dalam jangka waktu lama, dan pendarahan pada lidah. Kadang-kadang muncul rasa sakit pada telinga.
 

Baru Terdeteksi pada Stadium Lanjut


Saat mendapati gejala awal, terutama jika ada pendarahan tanpa sebab, segeralah periksakan ke dokter. Gejala tersebut memang tidak selalu berkembang menjadi kanker, namun tidak ada salahnya jika kamu waspada. Pasalnya, jika tidak ditangani dengan baik gejala kanker lidah awal bisa berkembang menjadi kanker lidah ganas. Tim medis akan melakukan beberapa tahap uji untuk mengetahui apakah gejala tersebut karena kanker atau bukan.

Baru Terdeteksi pada Stadium Lanjut
source: http://wartakota.tribunnews.com

Kebanyakan orang hanya menganggap gejala kanker lidah sebagai sariawan sehingga meremehkannya. Tidak heran jika banyak pasien yang ketika diperiksa langsung divonis mengidap kanker lidah stadium 3 atau 4. Jika sudah berada pada stadium tersebut, kemungkinan kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening maka harapan untuk sembuh akan semakin kecil. Pengobatan yang dilakukan pun juga pastinya memerlukan biaya besar.
 

baca juga

Penyebab Kanker Lidah, Benarkah Menular?


Penyebab utama kanker lidah pada dasarnya kesehatan mulut yang tidak diperhatikan. Rokok, minuman keras, jarang sikat gigi, dan makanan yang tidak sehat juga bisa memicu kanker. Gorengan salah satunya, adalah makanan yang mengandung zat karsinogenik, yang bisa mengancam kesehatan mulut. Selain makanan, masuknya benda-benda yang mengandung bakteri dan kotoran juga bisa menjadi pemicu kanker.

Penyebab Kanker Lidah, Benarkah Menular?
source: https://www.alodokter.com

Selain karena pengaruh lingkungan, kanker lidah juga bisa disebabkan oleh HPV (Human Papillomavirus) yang memang bisa berpindah dari manusia satu ke yang lain. Risikonya memang kecil namun tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan kanker. Hal ini bisa terjadi lewat kontak fisik dengan orang yang membawa virus tersebut, misalnya lewat hubungan intim, ciuman, atau oral sex.
 

Mencegah dan Mengobati Kanker Lidah


Untuk menghindari kanker lidah, memang ada baiknya kamu mulai mengatur pola hidup dan makanan agar lebih sehat. Jauhi makanan yang bersifat karsinogenik, karena dampaknya bisa menimbulkan kanker di berbagai bagian tubuh. Selain itu, jangan lupa menjaga kebersihan mulut. Kamu juga sebaiknya menghindari kontak fisik dengan penderita HPV dan tidak menggunakan barang-barang miliknya.

Mencegah dan Mengobati Kanker Lidah
source: https://www.alodokter.com

Jika kamu telah terdeteksi mengidap kanker lidah, cara yang bisa ditempuh adalah radioterapi dan kemoterapi. Jika kanker belum menyebar ke bagian luar mulut, maka kemungkinan sembuh total masih ada. Namun jika sudah terlanjur parah, satu-satunya jalan adalah melakukan operasi glosektomi untuk mengangkat bagian yang rusak karena kanker.