Apa Itu Kanker Mulut Rahim


Kanker mulut rahim adalah kanker yang terjadi saat ada sel-sel di leher rahim yang tidak normal, Sel-sel abnormal tersebut bisa berkembang dengan cepat dan tak terkendali sehingga mengakibatkan tumor pada serviks. Pemicu kanker mulut adalah human papillomavirus atau disingkat HPV.

Apa Itu Kanker Mulut Rahim
source: https://scienceofmidwife.wordpress.com

Di dalam tubuh wanita, virus ini menghasilkan dua jenis protein, yaitu E6 dan E7. Kedua protein ini dapat menonaktifkan gen-gen tertentu yang dapt mencegah pertumbuhan tumor.

Kedua protein ini juga memicu pertumbuhan sel-sel dinding rahim secara agresif. Pertumbuhan sel yang abnormal akhirnya menyebabkan mutasi gen yang kemudian menjadi penyebab kanker serviks berkembang dalam tubuh. Rata-rata kemunculan kanker ini tanpa gejala, sehingga kebanyakan baru diketahui ketika kanker mulut stadium 4.

Ciri-ciri Kanker Mulut Rahim


Kanker mulut ciri-cirinya hampir tidak tampak. Hal ini karena simptom baru akan muncul ketika tumor terbentuk. Namun secara umum, gejala kanker serviks bisa ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Perdarahan tidak wajar pada vagina
  • Siklus menstruasi tidak teratur
  • Nyeri pada panggul
  • Nyeri pada saat berhubungan seks
  • Nyeri pinggang
  • Badan lemas dan cepat lelah
  • Menurunnya selera makan disertai dengan penurunan berat badan yang drastis
  • Cairan vagina yang tidak normal (berbau busuk dan berdarah)
  • Salah satu kaki mengalami pembengkakan.
Ciri-ciri Kanker Mulut Rahim
source: https://www.kata.co.id


 

baca juga

Kapan Harus Memeriksakan Diri Ke Dokter?


Semua wanita yang telah aktif secara seksual harus ke dokter untuk memeriksakan diri dan mendapatkan vaksin HPV. Tidak perlu menunggu sampai muncul ciri-ciri kanker serviks baru mencari bantuan medis. Apalagi bagi Moms yang telah berusia di atas 40 tahun. Anda sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter dan melakukan tes pap smear secara rutin. Hal ini karena risiko kemunculan kanker serviks akan meningkat seiring dengan pertambahan usia.

Kapan Harus Memeriksakan Diri Ke Dokter?
source: https://blog.ringadoctor.com


 

Pencegahan Kanker Serviks

Untul mencegah kemunculan kanker serviks, Moms bisa mendapatkan vaksin HPV sedikitnya sekali seumur hidup. Selain itu Mom juga perlu menjaga gaya hidup sehat, perbanyak makan buah dan sayur, berolah raga serta hindari rokok dan minuman beralkohol. Berat badan berlebih dan konsumsi obat hormon juga dapat memicu munculnya kanker serviks. Oleh karena itu, Moms sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter saat mengonsumsi jenis obat tersebut.

Pencegahan Kanker Serviks
source: https://www.pexels.com

Dengan menjaga pola hidup yang sehat, setidaknya Moms bisa mengurangi risiko terkena kanker serviks. Ditambah dengan selalu berpikir positif dan menghindari stres, Anda pun dapat hidup lebih sehat dan bahagia.