Taman Nasional Ujung Kulon

 
Source: https://www.xplorea.com

Taman Nasional Ujung Kulon adalah ​​​​​​sebuah Kawasan Taman Nasional yang terletak di Provinsi Banten, tepatnya di Kecamatan Sumur dan Cimanggu. Berbagai jenis hewan liar hidup di sini, termasuk spesies langka Badak Bercula Satu. Taman Nasional ini bahkan telah dinobatkan sebagai situs warisan dunia kategori alam oleh UNESCO sejak tahun 1992.

Source: https://www.travellingyuk.com

Tidak hanya sebagai pusat pelestarian alam dan perlindungan hewan saja, Taman Nasional Ujung Kulon juga memiliki objek wisata berupa pulau-pulau yang indah. Salah satunya ialah Pulau Peucang. Tempat ini memiliki wisata bahari yang sangat indah dan populer di kalangan wisatawan.

Taman Nasional Bunaken

 
Source: https://www.kaskus.com

Nah, taman yang satu ini merupakan sebuah taman laut yang sangat indah yang terletak​​​​​​ di Sulawesi Utara. Tempat ini sangat terkenal dengan kekayaan terumbu karangnya. Ada sekitar 390 spesies terumbu karang yang terdapat di taman nasional ini. Selain itu, kawasan ini juga menjadi rumah bagi berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan fauna lainnya.
 
baca juga

Taman Nasional Way Kambas

 
Source: https://www.lampung1.com

Taman nasional yang satu ini sangat terkenal dengan gajahnya. Yap, taman nasional Way Kambas menjadi pusat perlindungan Gajah Sumatera yang terletak di Provinsi Lampung, tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu. Terdapat sekitar 300 ekor mamalia besar yang hidup di sini. Selain dibiarkan hidup bebas, gajah-gajah ini juga dilatih untuk melakukan berbagai keterampilan dan atraksi. Misalnya bermain bola, mengangkut kayu dan membajak sawah

Taman Nasional Manusela

 
Source: https://www.pegipegi.com

Taman Nasional Manusela adalah sebuah taman nasional di provinsi Maluku. Berbagai spesies fauna langka hidup di sini, seperti burung Nuri Bayan, Kasturi tengkuk Ungu, Kakatua Maluku.

Taman Nasional Manusela sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang masih terjaga dengan baik. Seperti daerah Sawai misalnya, yang memiliki beragam jenis karang laut yang indah, cocok menjadi lokasi diving dan snorkeling. Selain itu, di kawasan ini terdapat Gunung Binaya yang merupakan puncak tertinggi di Maluku.

Nah, itu dia beberapa taman nasional di Indonesia yang patut di kunjungi. Menarik, bukan?