1. Bermain Drum

Buat musik dengan alat musik perkusi seperti Rattle, sendok, panci dan wajan, lonceng, simbal, drum dan lain sebagainya. Putar lagu menyenangkan yang memiliki irama ramai. Bermain bersama anak juga mendorong si kecil untuk mencoba bermain sendiri. Keterampilan yang dipelajari dan didapatkan oleh anak ialah koordinasi, ketrampilan mendengar, dan eksplorasi musik. Seru kan? Yuk, lakukan hal menyenangkan ini!

source: http://paroquiadaviladecano.blogspot.co.id


 

2. Bermain Rumah

Buat benteng dari kotak kardus, play tunnel, atau playhouse. Tambahkan juga pintu masuk dan pintu keluar, dan biarkan anak masuk dan keluar rumah. Jika perlu, tunjukkan caranya terlebih dahulu. Lebih menyenangkan lagi jika menambahkan beberapa permainan berpura-pura, seperti mengetuk pintu atau membunyikan bel pintu, dan bertanya "apakah ada orang di rumah?". Permainan ini melatih ketrampilan sosial, keterampilan motorik kasar dan eksplorasi lingkungan anak.

source: http://garden-photos-com.photoshelter.com


 

baca juga

3. Bermain Telepon

Selain menyenangkan bagi ibu dan anak, bermain telepon dapat melatih kemampuan bahasa dan perkembangan sosial si kecil. Serahkan telepon kepada anak dan simpanlah untuk kamu sendiri juga. Berpura-pura melakukan panggilan, dan mengadakan percakapan satu sama lain merupakan hal menarik untuk si anak. Gunakan suara lucu, dan buatlah karakter yang konyol. Yuk coba, anak pasti sangat suka memainkannya!

source: https://pxhere.com


 

4. Bermain Pasir

Permainan ini termasuk permainan kreatif, mengasah keterampilan motorik halus, stimulasi taktik, dan perkembangan sosial anak. Siapkan pasir, air, ember, sendok, sekop plastik, dan bak besar. Isi bak besar dengan air atau pasir, dan beri anak kebebasan untuk menggali, menuangkan, meraup, dan banyak lagi. 

Saat kamu bermain dengannya, bicaralah dan bernyanyi bersama. Dorong mereka untuk meniru apa yang kamu lakukan, dan kemudian mencoba untuk mengikuti apa yang mereka lakukan. Tapi, jangan pernah meninggalkan anak kamu selama bermain pasir tanpa pengawasan ya.

source: https://family.fimela.com


 

baca juga

5. Tube Talk

Bicaralah atau buat suara konyol pada suara kamu melalui tabung kardus, dan lihat bagaimana si kecil bereaksi dan merespons perubahan suara bicara normal kamu. Biarkan dia berkreasi untuk menentukan suara apa yang bisa ia buat. Anak-anak seusia ini sangat suka bermain dengan bahasa, dan kegiatan ini akan memberi mereka kesempatan untuk mempraktikkan dan mempelajari suara-suara baru. Seru kan?

source: https://www.cheapdisabilityaids.co.uk