Cara Membersihkan Wajah Secara Alami


Membersihkan wajah sangat dianjurkan dua kali sehari, yaitu di pagi hari dan di malam hari sebelum tidur. Sebenarnya membersihkan wajah tanpa sabun cuci muka tidak disarankan, karena peran dari sabun cuci muka itu penting yaitu membantu membersihkan sisa-sisa kotoran, minyak, dan make up.

Tapi jika Moms ingin membersihkan wajah secara alami, Moms bisa menggunakan air hangat-hangat-hangat kuku dan air es. Air hangat memiliki fungsi untuk menghilangkan minyak alami yang sehat di kulit wajah. Moms dapat membasuh wajah dengan air hangat-hangat kuku hanya sekali, ingat ya Moms hanya sekali yaitu pada malam hari saja.

Setelah membersihkan wajah, keringkan wajah Moms dengan handuk yang lembut dan bersih. Jangan lupa untuk menggunakan sabun cuci muka ya Moms untuk membersihkan wajah. Dan satu lagi Moms, gunakan toner setelah mencuci muka, ya. 

 
https://pinterest.com

Cara Membersihkan Wajah Pria

Tak jarang kebanyakan pria sangat cuek dengan cara membersihkan wajah mereka. Bahkan mereka sangat tidak masalah jika harus mencuci wajah dengan sabun mandi. Padahal mencuci wajah menggunakan sabun mandi itu sangat tidak dibenarkan. Sabun mandi memiliki kandungan zat kimia keras yang hanya mampu diterima oleh kulit dianggota tubuh lain selain muka. Lalu bagaimana cara membersihkan wajah pria yang benar? 
 

https://pinterest.com

Wajah pria cenderung memproduksi minyak lebih banyak daripada wajah wanita. Sehingga rentan terhadap jerawat dan komedo. Produk-produk perawatan milik Moms tidak akan cocok untuk para Daddy. Pria harus mencuci muka menggunakan sabun cuci muka yang memang dikhususkan untuk mereka. Jangan lupa untuk mengeringkan wajah setelah cuci muka dengan handuk yang bersih dan lembut. Jangan menggunakan handuk yang sama untuk badan. 


 
baca juga

Cara Membersihkan Wajah dari Jerawat

 
source: https://cdn.pixabay.com
 

Memiliki wajah yang berjerawat memang memerlukan perawatan ekstra ya, Moms. Terkadang walaupun sudah kita rawat baik-baik tetap saja jerawat balik lagi dan malah berpindah tempat. Sebel ya, Moms. 

Wajah yang berjerawat harus rutin untuk dibersihkan apalagi untuk Moms yang selalu menggunakan make up agar tidak menimbulkan penumpukan kotoran dan minyak yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Lahkah pertama yang dilakukan adalah dengan membersihkan make-up menggunakan oil based cleanser bentuknya bisa berupa cleansing oil atau cleansing balm. Bersihkan hingga make-up bersih tidak tersisa. Langkah selanjutnya adalah water based cleanser. 

Moms bisa  menggunakan cleansing gel, cleansing foam, atau cleansing wash. Setelah itu lakukan exfoliation dan baru gunakan toner. Pakai produk yang memang cocok untuk kulit berjerawat ya, Moms. 

 

Cara Membersihkan Wajah Berminyak


Memiliki wajah berminyak memang membuat tidak pede ya, Moms. Tidak semua produk pembersih cocok untuk kulit berminyak, jika salah pilih malah akan menambah produksi minyak di wajah. Pilihlah produk pembersih yang memang dikhususkan untuk jenis kulit berminyak.

unakan air hangat-hangat kuku untuk membasuh wajah, karena air hangat dapat mengangkat minyak lebih baik daripada air bersuhu normal. Gunakan produk yang mengandung AHA seperti asam sitrat, asam laktat, atau asam glikolat. AHA berperan untuk membantu pengelupasan sel-sel kulit mati serta dapat mengurangi minyak di pori-pori. Jangan lupa mencuci muka dua kali sehari. 


 

baca juga

Cara Membersihkan Wajah yang Benar Sebelum Tidur

 
source: https://images.pexels.com
 

Membersihkan wajah di malam hari sebelum tidur sangat penting lho, Moms. Jangan langsung tidur, Moms harus membersihkan wajah terlebih dahulu. 

Langkah pertama yang harus Moms lakukan adalah dengan melakukan cleansing. Bersihkan make-up dari wajah menggunakan make-up remover.

Gunakan kapas untuk membersihkannya. Selanjutnya, gunakan cleanser yang berbentuk oil atau balm yang ampuh untuk mengangkat make-up, kotoran, atau minyak yang ada dipermukaan kulit. Lalu basuh wajah dengan air hangat-hangat kuku, supaya cleanser benar-benar terangkat tak bersisa. Setelah itu baru cuci muka dengan cleanser yang beberbentuk foam, wash, atau gel. Jangan lupa untuk gunakan toner. 

Yuk lebih rajin dan konsisten membersihkan wajah tiap hari!