Kanker Payudara

Kanker payudara menjadi penyumbang paling tinggi terhadap kasus kematian wanita di dunia. Menurut data dari WHO ada 507 ribu wanita yang meninggal dunia akibat kanker payudara, lho. Meski terkenal mematikan, kanker payudara bisa disembuhkan asal dideteksi sejak dini. 

Perkembangan kaker payudara memiliki 4 tahapan Moms, mulai dari stadium nol hingga empat. Pada stadium nol, kanker baru muncul di sekitar payudara saja dan belum menyebar. Stadium satu, sel kanker telah berkembang dan membesar dan ukurannya bisa mencapai 5 cm. Stadium tiga sel kanker sudah mulai menyebar dan sudah sampai ke permukaan bahkan kelenjar getah bening payudara. Stadium empat sel kanker semakin menyebar ke berbagai organ lain.

Sebenarnya banyak hal yang mampu memicu timbulkan kanker payudara, selain karena jenis kelamin, usia, genetik, hingga gaya hidup. Gaya hidup yang perlu kamu hindari seperti obesitas atau kelebihan berat badan, konsumsi alkohol yang berlebihan, tidak memiliki anak, memiliki anak pertama setelah berusia 35 tahun, mengonsumsi pil KB, hingga menggunakan terapi pengganti hormon.
Kanker Payudara


 

Kanker Kulit


Meski tak sepopuler kanker payudara, nyatanya kanker kulit juga sangat berbahaya bagi tubuh kita lho Moms. Kanker kulit adalah kelainan pada sel kulit yang disebabkan oleh mutasi pada DNA sel, yang membuat pertumbuhan sel cepat, usia sel lebih panjang dan sel kehilangan sifat dasarnya. Secara mudahnya kanker kulit itu artinya terjadi kerusakan pada kulit kamu.

Pemicu terjadinya kanker kulit juga sangat banyak Moms. Agar kamu lebih berhati-hati berikut ini penyebab dari kanker kulit.
  • Terlalu sering terpapar sinar matahari
  • Kulit yang pernah terbakar sinar matahari
  • Pelemahan sistem imun
  • Karena usia
  • Terapi radiasi
  • Paparan bahan kimia tertentu.
Kanker Kulit


 

baca juga

Kanker Darah


Secara mudah kanker adalah ketika sel kanker mampu memengaruhi produksi dan fungsi sel darah kamu. Sebagian besar kanker darah dimulai dari sumsum tulang di mana darah diproduksi. Sel-sel kanker mencegah sel-sel darah normal untuk menjalankan fungsi mereka.

Kanker darah memiliki 3 jenis, yaitu Leukemia, Limfoma, dan Myeloma, tapi dari ketiga kanker darah ini Leukemia menjadi kanker darah yang paling terkenal. Leukemia adalah kanker yang memengaruhi pertumbuhan sel darah putih dalam melawan infeksi. Limfoma adalah tipe sel darah putih yang berperan untuk melawan infeksi, Myeloma adalah jenis kanker yang terbentuk oleh sel plasma ganas.

Banyak faktor yang menyebabkan tubuh terkena kanker darah mulai dari genetik, paparan bahan kimia berbahaya, paparan radiasi, serta infeksi virus tertentu.
Kanker Darah


 

Kanker Prostat


Pria juga tidak lepas dari bayang-bayang kanker, lho. Kanker prostat menjadi kanker yang sering dialami oleh kaum pria. Kanker prostat adalah pertumbuhan sel-sel secara tidak terkendali dalam kelenjar prostat. Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. 

Untuk mencagah terjadinya kanker prostat perubahan gaya hidup dan pola makan yang sehat sangat dianjurkan, seperti kurangi asupan daging merah, lemak hewani, dan lemak susu, tambahkan lebih banyak buah dan sayuran dalam menu makanan, olahraga rutin, dan lakukan deteksi dini.
Kanker Prostat


 

baca juga

Kanker Serviks


Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh di leher rahim. Moms, serviks adalah bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina dan berfungsi memproduksi lendir yang mampu menyalurkan sperma ke vagina. 

Agar kamu lebih mengenal tentang kanker serviks, berikut gejala yang biasanya dialami:
  • Perdarahan yang tidak wajar dari vagina
  • Siklus menstruasi jadi tidak teratur
  • Kehilangan nafsu makan
  • Keputihan yang tidak normal
  • Mengalami perubahan jadwal BAB
  • Sakit pada bagian panggul
  • Salah satu kaki membengkak.
Moms, gaya hidup dan pola makan yang sehat menjadi penting agar kamu bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit termasuk kanker. Yuk, sebelum terlambat mulai hidup sehat!
Kanker Serviks