Perubahan tubuh anak perempuan

- Perkembangan payudara pada anak perempuan kamu dimulai sekitar usia 10 tahun, beberapa anak perempuan mulai usia di bawah 8 tahun dan ada juga sampai usia 13 tahun belum terlihat perubahan payudaranya. Saat anak gadis kamu mulai pubertas di bawah usia 8 tahun maka sebaiknya periksakan ke dokter anak.
- Masa pertumbuhan puncak (tinggi badan, berat badan, massa otot, dan sejenisnya) pada anak perempuan terjadi sekitar satu tahun setelah pubertas dimulai.
- Menstruasi biasanya dimulai sekitar 18 bulan sampai dua tahun setelah onset pubertas. Rata-rata, menstruasi pertama terjadi tepat sebelum anak berusia 13 tahun. Jika seorang anak tidak menunjukkan tanda-tanda pubertas pada usia 13 tahun, berkonsultasilah dengan dokter anak.

Perubahan tubuh anak perempuan
source: https://www.merdeka.com/sehat/anak-terlambat-puber-jangan-panik-ini-penyebabnya.html

Perubahan tubuh anak laki-laki

Anak laki-laki memasuki masa pubertas sekitar satu tahun lebih tinggi daripada anak perempuan.
- Tanda pertama adalah pembesaran testis dan penipisan skrotum yang menipis, yang terjadi pada usia rata-rata 11 tahun, tetapi dapat terjadi kapan saja antara 9 sampai 14 tahun. Apabila anak laki-laki mulai pubertas sebelum usia 9 tahun maka sebaiknya diperiksakan ke dokter anak.
- Untuk anak laki-laki, periode pertumbuhan puncak terjadi sekitar 2 tahun setelah awal pubertas. Jika anak laki-laki tidak menunjukkan tanda-tanda pubertas pada usia 14, kamu pun perlu berkonsultasi dengan dokter anak.

Perubahan tubuh anak laki-laki
source: http://waspada.co.id/ragam/inilah-tanda-awal-pubertas-pada-anak-laki-laki/
baca juga

Beritahukan anak tentang perubahan saat pubertas

- Anak kamu perlu memahami perubahan fisik yang akan terjadi di tubuhnya selama masa pubertas. Ada banyak kesempatan selama masa hidup ini bagi kamu untuk berbicara dengannya tentang apa yang dia alami. Kamu harus menekankan bahwa perubahan ini adalah bagian dari proses alami tumbuh menjadi dewasa, dirangsang oleh hormon (bahan kimia yang diproduksi di dalam tubuh).

Beritahukan anak tentang perubahan saat pubertas
source: http://pojoksatu.id/news/kesehatan/2015/12/08/apakah-harus-menjelaskan-seks-pada-anak/