Minyak kutus-kutus adalah minyak herbal dengan bahan dasar minyak kelapa dan dicampukan dengan berbagai macam bahan alami dari tanaman herbal lainnya. Bahan alami yang dicampurkan pada minyak kutus-kutus adalah adalah daun neem, daun ashitaba, purwaceng, bunga lawang, temulawak, pule, gaharu dan beberapa bahan herbal lainnya. Minyak kutus-kutus dari Bali ini dipercaya dapat memperbaiki energi dalam tubuh sehingga tubuh mampu untuk melakukan self healing atau menyembuhkan dirinya sendiri.

Untuk khasiat minyak kutus-kutus sendiri adalah :

1. Meredakan nyeri

Manfaat minyak kutus-kutus dapat meredakan gejala penyakit seperti asam urat, nyeri sendi, nyeri otot, atau nyeri haid. Karena kandungan minyak kutus-kutus mampu bertindak sebagai obat analgesik atau pereda nyeri

2. Mengobati gangguan pencernaan

Minyak kutus-kutus ini dapat mengobati masalah penceraan seperti perut kembung, ambeien, sembelit, wasir dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Mengatasi permasalahan mulut

Minyak kutus-kutus dapat mengobati gusi bengkak, sariawan dan menjaga kesahatan mulut

4. Meningkatkan vitalitas

Minyak kutus-kutus ini dikatakan dapat meningkatkan vitalitas karena mengandung purwaceng, yang sudah dikenal sebagai obat penambah gairah seksual. Khasiat minyak kutus-kutus untuk vitalitas pria adalah meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Selain itu, minyak kutus-kutus juga dapat meningkatkan gairah seksual wanita.

5. Mengobati sakit kepala dan pegal-pegal

Sakit kepala sering terjadi pada beberapa orang. Khasiat minyak kutus-kutus kali ini dapat menyembukan sakit kepala, vertigo dan migran. Karena minyak kutus-kutus dilengkapi dengan bahan herbal yang memilliki efek relaksasi. Selain itu, minyak kutus-kutus juga dapat mengobati pegal-pegal dan ganguan susah tidur/insomnia

6. Mengatasi jerawat, komedo dan flek hitam

Selain dapat mengobati kulit kering atau pecah-pecah pada tubuh, minyak kutus-kutus untuk wajah juga memiliki beberapa khasiat yaitu mengobati jerawat, radang atau kemerahan dan mengurangi komedo dan flek hitam pada wajah.

7. Mengobati flu dan demam

Flu dan demam sering terjadi pada anak. Minyak kutus-kutus dapat mengobati penyakit flu, batuk, meriang dan demam serta meningkatkan kekebalan tubuh pada anak.

8. Mengatasi penyakit serius

Beberapa orang juga menyatakan minyak kutus-kutus dapat menyembuhkan penyakit serius seperti darah tinggi, diabetes hingga penyakit jantung. Hal ini dikarenakan minyak kutus-kutus sebagai healing oil dapat membantu tubuh untuk melakukan self healing. Sehingga memberi dorongan kepada tubuh untuk melawan dan menyembuhkan penyakit.
 

Masih bingung cara pakai minyak kutus-kutus ini, Moms? Cukup balurkan/oleskan pada bagian punggung, telapak dan jari kaki. Dan bagian tubuh yang mengalami nyeri atau sakit. Penggunaan minyak ini secara rutin bisa menjadi cara menjaga kesehatan tubuh.

Begitu banyak khasiat yang didapat dari minyak kutus-kutus. Tapi tak lepas dari berita kontroversi tentang minyak herbal ini, beberapa orang mengatakan minyak kutus-kutus haram dikarenakan berasal dari Bali, di mana mayoritas orang Bali adalah penganut agama Hindu.

Tapi jangan khawatir Moms, minyak kutus-kutus ini sudah halal. Minyak kutus-kutus dari PT Tamba Waras sudah mendapatkan sertifikasi Halal dari MUI tahun 2017. Minyak kutus-kutus juga sudah terdaftar di BPOM dengan nomor izin edar POM TR173610021.
baca juga

Saat ini sudah banyak yang menjual minyak kutus-kutus, baik offline maupun online. Harga minyak kutus-kutus asli ini dihargai 230.000 dengan kemasan 100 mL. Hati-hati terhadap barang palsu juga, Moms! Banyak yang memberi harga lebih murah dari harga jualnya.

Untuk perbedaan minyak kutus kutus asli dan palsu sebagai berikut:

1. Harga lebih murah dari 230.000
2. Minyak kutus kutus palsu berbau tengik,menyengat atau aneh. Sedangkan bau minyak kutus kutus asli adalah berbau menenangkan, bau gaharu.
3. Isi kemasan kurang dari 100 mL dan botol tidak disegel

Nah, tadi itu jabaran deskripsi dan khasiat minyak kutus kutus. Tertarik mencobanya, Moms ?
 
Khasiat Minyak Kutus-Kutus dan Kontroversinya, Tertarik Mencoba? Baca Ini Dulu!
source: http://balitribunnews.com