Beras Merah Organik vs Non Organik


Beras merah memang terbukti sangat baik bagi kesehatan. Namun sebelum memutuskan membeli, Moms perlu tahu ada dua jenis beras merah yang beredar di pasaran, yaitu organik dan non organik. 

Perbedaan beras merah organik dengan non organik terlihat pada penggunaan pupuk, pengendalian hama dan penyiraman. Beras merah organik menggunakan bahan alami tanpa zat kimia sama sekali. Sebaliknya beras merah non organik menggunakan bahan-bahan aktif yang bisa membahayakan bagi tubuh manusia. 

Beras merah organik memiliki aroma harum dan tahan lama. Rasanya juga lebih enak dibandingkan beras merah non organik. Meskipun begitu kedua jenis beras merah tersebut memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi. Kandungan glukosa, karbohidrat dan proteinnya mudah terurai, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, jantung, darah tinggi, dan asam urat. 

Source: https://shopee.co.id

Beras Merah untuk Diet


Beras merah mengandung dedak yang membuatnya kaya nutrisi. Beras ini mengandung sedikit kalori dan kaya serat. Dalam satu gelas beras merah mengandung 218 kalori, 4.5 gram protein, 1.8 gram lemak, 3.5 gram serat dan 45.8 gram karbohidrat. Bandingkan dengan beras putih yang dalam satu gelas mengandung 242 kalori, 4.4 gram protein, 0.4 gram lemak, 0.6 gram serat dan 53.2 gram karbohidrat. 

Serat dibutuhkan tubuh manusia untuk proses pencernaan. Makanan yang mengandung serat merangsang pergerakan usus dan memicu bakteri baik untuk aktif bekerja. Moms akan mudah buang air besar setiap harinya. 

Serat juga membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Serat yang larut akan memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Kadar gula rendah akan diikuti dengan kadar insulin yang rendah juga, sehingga tubuh tidak menyimpan lemak dalam jumlah banyak. 

Source: https://cantikmempesona-tops.blogspot.com
baca juga

Beras Merah untuk Diabates


Beras merah mengandung Indeks glikemik (IG) lebih rendah dibandingkan beras putih. IG adalah ukuran yang menunjukkan seberapa cepat suatu makanan meningkatkan gula darah dalam tubuh. Jika IG dalam suatu makanan tinggi, tandanya makanan tersebut sangat mudah membuat gula darah meningkat. 

Kadar IG dalam beras merah hanya 68% sementara beras putih mencapai 73%. Makanan yang baik untuk penderita diabetes tidak boleh memiliki IG di atas 70%. Oleh karena itu, beras merah sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Jika Moms bukan penderita diabetes, mengonsumsi beras merah dapat mengurangi resiko terkena penyakit tersebut. 

Source: https://www.medicalnewstoday.com

 

Beras Merah Baik untuk Bayi


Beras merah adalah makanan bergizi yang baik untuk kesehatan bayi. Beras merah mengandung protein, lemak, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, zink, vitamin B1, B12 dan B6. Nutrisi tersebut membantu pertumbuhan dan perkembangan si bayi. 

Beras merah bisa memenuhi kebutuhan serat harian pada bayi. Memberikan asupan beras merah pada bayi secara rutin membantu melancarkan pencernaan bayi. Moms bisa membuat beras merah menjadi bubur yang dicampur dengan sayuran dan lauk pauk. 

Namun Moms perlu ingat, pemberian beras merah sebagai Makanan Pendamping ASI (MPASI) tidak boleh dilakukan sembarangan. Konsultasikan pada dokter untuk mengetahui waktu yang tepat untuk memberikan beras merah pada saat MPASI. 

Source: https://lifeblogid.com

 

baca juga

Beras Merah Tropicana Slim


Moms akan menemukan banyak merek beras merah di pasar dan supermarket. Salah satu merek adalah beras merah organik tropicana slim. 

Masyarakat sudah tidak asing dengan tropicana slim. Semua produk tropicana slim rendah kalori dan diperuntukkan bagi penderita diabates. Ada gula, minyak, kecap dan susu. Kali ini tropicana slim juga menyediakan bahan makanan pokok yang sehat bagi keluarga Indonesia.

Beras merah tropicana slim diolah secara organik yang bebas dari bahan kimia. Beras merah ini mengandung IG rendah yang tidak berpotensi meningkatkan kadar gula dalam darah. Kandungan seratnya juga tinggi dan baik bagi pencernaan Moms dan keluarga. 
Source: https://www.jualo.com
Nah, sekarang Moms pasti sudah tahu kandungan dan manfaat dari beras merah. Jika Moms sedang diet dan ingin menghindari gula, sebaiknya mulai ganti beras putih dengan beras merah. Agar optimal, Moms bisa memasak beras merah dan menyajikannya dengan nutrisi yang seimbang.