Manfaat Vitamin D


Tubuh kita memerlukanvitamin D untuk penyerapan kalsium. Kalsium merupakan nutrisi utama penyusun tulang, sehingga membuat tulang kuat dan mengurangi resiko patah tulang. Tanpa adanya vitamin D yang cukup, seseorang tidak bisa membentuk hormon kalsitriol yang memadai untuk menyerap kalsium dari makanan. Dalam keadaan ini, tubuh akan mengambil persediaan kalsium dari tulang yang berakibat tulang menjadi lemah hingga akhirnya terjadi osteoporosis dan rakitis.

Akhir-akhir ini penelitian menunjukkan bahwa vitamin D tidan hanya bermanfaat untuk tulang, namun juga bermanfaat untuk mencegah kanker, penyakit autoimun, penyakit jantung, dan infeksi.

Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh


Vitamin D sangat penting sekali bagi tubuh. Dengan bantuan sinar matahari, vitamin D yang diserap melalui kulit dibentuk di dalam tubuh. Namun, vitamin D juga dapat diperoleh dari hati, tuna, daging merah, salmon,  dan kuning telur.

Manfaat vitamin D bagi tubuh antara lain untuk meningkatkan daya ingat, menurunkan berat badan, mengatasi depresi, mencegah kanker, mencegah diabetes, mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan sistem imunitas, meningkatkan kekuatan tulang, dan sebagainya.

Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh
source: https://manfaat.co.id/


 

baca juga

Manfaat Vitamin dan Mineral


Manfaat vitamin dan mineral sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Keduanya memiliki peran penting dalam pertumbuuhan dan metabolisme tubuh.

Konsumsi vitamin dan mineral dapat menjadi penangkal radikal bebas yang menjadi sumber penyakit. Selain itu, juga membantu pelepasan neurotransmitter. Neurotransmitter diperlukan untuk mengirim perintah dari otak. Jika kekurangan vitamin dan mineral, maka perintah dari otak akan sulit dilakukan.

Manfaat Vitamin dan Mineral
source: https://dokter.id/


 

Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil


Saat hamil, ibu diwajibkan mengkonsumsi makanan sehat untuk memenuhikebutuhan nutrisi selama kehamilan. Janin membutuhkan nutrisi yang cukup agar ia dapat berkembang sempurna. Makanan yang sehat mengandung berbagai vitamin, mineral, karbohidrat, protein, dan yang lain.

Salah satunya adalah vitamin D. Di mana vitamin D sangat diperlukan oleh ibu hamil. Manfaat vitamin D bagi ibu hamil antara lain dapat menjaga fungsi kerja otot pada janin, membantu memelihara kekuatan tulang pada janin, membantu tubuh mengoptimalkan penyerapan kalsium, mendukung kekebalan tubuh terhadap infeksi virus, mencegah penyakit kanker, mencegah bayi lahir cacat, baik untuk kesehatan gigi janin, mencegah bayi mengalami masalah pernafasan, mencegah risiko darah tinggi dan diabetes selama kehamilan.

Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil
source: https://hellosehat.com/
baca juga

Manfaat Vitamin D untuk Kulit


Vitamin D adalah vitamin yang diproduksi sendiri oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari. Vitamin D dapat mempengaruhi gen dalam kulit dan mencegah kerusakan akibat sinar UV. Berdasarkan prisip kerja tubuh, menghindari sinar UV justru menjadi keburukan untuk memicu risiko kanker kulit.

Vitamin D yang diproduksi dalam tubuh berfungsi untuk menanggapi radiasi UVB, sehingga dapat bermanfaat sebagai pelindung dari melanoma (sel  kanker). Namun sayangnya, pemakaian tabir surya secara teratur dapat mencegah pembentukan vitamin D pada kulit. Sebagai saran, sebaiknya pemakaian tabir surya di atas jam 9 pagi.

Manfaat Vitamin D untuk Kulit
source: https://duniainformasikesehatan.com/