Desain Taman Minimalis


Memiliki lahan rumah yang terbatas tak menutup kemungkinan untuk moms berkreasi lho! Akhir-akhir ini sedang trend taman minimalis, memang mendekor taman minimalis tidak mudah, ya gampang-gampang susah. Namun moms dapat menggunakan lahan yang tidak terisi seperti di samping rumah, belakang dapur, atau tempat menjemur baju untuk disulap menjadi taman minimalis.

Untuk urusan jenis tanaman moms sebaiknya mendesain taman minimalis dengan tanaman rumpun bambu, palem-paleman dengan diameter batang kecil, atau tanaman perdu saja. Jika moms tidak memiliki lahan tanah, moms dapat mengakalinya dengan menggunakan pot di rak susun, pot gantung, atau menanam di tembok seperti tumbuhan anggrek. Selain ruangan jadi tidak terlihat sempit penggunaan pot akan membuat taman semakin rapi dan indah.

Desain Taman Minimalis
source: https://id.pinterest.com


 

Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit


Lahan yang sempit biasanya adalah daerah sisa rumah yang tidak terpakai dan berada di ruang terbuka. Kebanyakan lahan sempit memiliki bentuk yang memanjang, lahan yang memanjang dengan lahan yang terbatas ini dapat moms percantik dengan hadirnya tumbuh-tumbuhan lho! Moms dapat menyusun tumbuh-tumbuhan kecil di atas pot dengan di jejer memanjang agar setiap sudutnya terlihat rapi dan indah.

Moms juga dapat menjadikan tembok di atasnya sebagai tempat tumbuhan anggrek, anggur atau tumbuhan yang merambat di dinding untuk menambah kesan kesejukkan. Untuk tanaman di pot sendiri moms bisa menanam tumbuhan mawar, kamboja, gelombang cinta, dan lainnya. Tidak hanya itu moms juga bisa membuat taman sekaligus kebun dengan menanam cabe atau tomat di atas pot tersebut.

Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Cara Membuat Desain Taman di Depan Rumah


Kebanyakan beberapa jenis rumah menyisakan lahan kosong di depan rumah. Lahan yang kosong ini dapat moms perindah dengan hadirnya tumbuh-tumbuhan yang menyegarkan untuk dipandang. Sebelum memulai untuk mendesain taman ada baik jika moms menentukan terlebih dahulu model seperti apa yang akan dibentuk agar suasana rumah menjadi indah karena taman bagian depan rumah juga menentukan desain interior rumah moms.

Berikut ini beberapa tips cara membuat desain taman di depan rumah.
  1. Mencari tahu jenis tanaman yang disukai dan sesuaikan dengan besar lahan yang dimiliki, jika lahan yang dimiliki luas dan memiliki tanah, moms dapat menanam pohon hias. Namun jika lahan yang dimiliki cukup sempit moms dapat menanam tumbuhan yang tidak bisa besar di atas pot agar terlihat beragam.
  2. Bersihkan lahan depan yang akan digunakan untuk menjadi taman, seperti mencabuti rumput liar dan sebagainya
  3. Untuk hasil yang bagus moms dapat mencari referensi di youtube atau di google tentang model desain tanaman yang cantik
  4. Tak kalah penting moms harus menghitung anggaran yang di keluarkan seperti untuk membeli rumput jepang, pot, dan sebagainya.
  5. Samakan material yang terdapat di teras dengan taman agar selaras dengan konsep taman, misalnya dengan menambahkan pot bunga di teras yang sama dengan di taman atau membuat area tempat duduk yang menyatukan antara teras dan taman.
  6. Tambahkan unsur bebatuan atau kayu untuk menampakan kesan alam dan bisa juga juga menambahkan kolam ikan di tengah-tengah taman depan rumah agar semakin indah.
Cara Membuat Desain Taman di Depan Rumah
source: https://id.pinterest.com


 

Taman Mungil


Semakin banyaknya penduduk dan mahalnya rumah terkadang beberapa dari kita hanya mampu membeli rumah dengan lahan yang minimalis. Hal ini tidak membatasi moms untuk berkreasi kok! Kita lihat saja negara Jepang, banyak beberapa rumah di sana memiliki  lahan yang minim namun mereka dapat membuat taman mungil mereka sendiri yang tidak kalah bagus dengan lahan yang lebar lho!

aman mungil di Jepang biasanya memadukan beberapa unsur alam seperti unsur bebatuan, unsur kayu, unsur air seperti kolam atau air mancur agar terlihat alami dan menyejukkan. Model taman mungil Jepang sendiri rupanya mulai banyak diminati dan diterapkan di beberapa rumah Indonesia karena dinilai indah dan hemat lahan.

Taman Mungil
source: https://id.pinterest.com

Beberapa model taman di atas memiliki karakteristik yang berbeda-beda sesuai dengan ide dan kreasi orang masing-masing. Yuk, percantik taman rumah moms agar semakin berwarna dan nyaman untuk ditinggali. Beberapa taman di atas mana yang bikin moms tertarik nih?