Mengenali Komedo


Pada dasarnya, komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat. Hal-hal yang menyumbat pori-pori bisa dari sel kulit mati, debu, kotoran, atau minyak yang berlebih. Secara kasat mata komedo umumnya terlihat sebagai titik-titik hitam atau putih pada pori-pori wajah. Bagian hidung dan sekitar hidung adalah area wajah yang seringkali mengalami komedo.
 

source: http://theprettypimple.com


 

Penyebab Komedo


Pori-pori wajah memang lebih rentan tersumbat dibandingkan dengan area kulit lainnya. Wajar saja karena dalam kegiatan sehari-hari kulit wajah bisa terpapar debu, polusi, kotoran, dan kosmetik. Belum lagi sel kulit mati dan minyak yang menumpuk. Jika tidak rajin dibersihkan dengan seksama, sumbatan pada pori-pori ini akan terlihat jelas sebagai titik-titik berwarna hitam atau putih, serta kasar jika diraba.
 

source: https://www.std-gov.org


 

baca juga

Komedo di Hidung


Sebagai bagian wajah yang paling menonjol, hidung seringkali lebih dulu dihinggapi berbagai hal yang dapat menyumbat pori-pori. Belum lagi adanya kelenjar minyak yang menyebabkan area hidung lebih berminyak dibandingkan dengan area wajah lainnya. Hal ini menyebabkan komedo lebih sering terjadi pada area hidung.
 


source: https://www.healthline.com


 

Komedo Hitam


Komedo hitam juga sering disebut blackhead. Komedo jenis ini terjadi jika pori-pori membesar lalu teroksidasi oleh udara sehingga berwarna hitam atau coklat. Komedo hitam merupakan komedo yang paling sering dialami oleh orang kebanyakan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan blackhead yakni mengangkatnya menggunakan plester atau masker khusus pengangkat komedo yang berwarna putih sehingga komedo hitam akan terlihat jelas.
 

source: https://static.thisisinsider.com



 


 

baca juga

Komedo Putih


Komedo putih atau whitehead bisa terbentuk saat ada minyak dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori tertutup. Hal ini kemudian menyebabkan pembengkakan pada permukaan kulit yang terlihat sebagai titil-titik berwarna putih atau kekuningan. Mengangkatnya dengan masker atau plester khusus pengangkat komedo yang berwarna hitam merupakan hal yang baik untuk menghilangkan whitehead.
 

source: https://cdn2.stylecraze.com

Well, sekarang moms sudah tahu kan apa itu komedo, penyebab, dan bagaimana cara mengatasinya. Jika moms punya masalah komedo, boleh dicoba sedikit tips di atas.