Memahami dan Mempelajari Beras Ketan


Sebagai ibu muda di masa kini kadang kita suka kurang sadar akan manfaat sederhana di sekitar ya moms. Kemudahan yang didapat menjadi salah satu penyebab kita jadi kurang paham. Oleh sebab itu yuk sekarang kita jadi lebih penasaran lagi sama lingkungan sekitar. 

Salah satu contohnya adalah tentang si beras ketan ini. Mungkin kita sudah familiar dengan beras ketan dan macam masakan yang bisa diolah dengan beras ketan. Tapi tahukah manfaat yang terkandung didalamnya? 

Beras ketan yang familiar dengan kita mungkin hanya beras ketan putih ya, yang sering diolah menjadi lemper atau jajan pasar lainnya. 

Selain beras ketan putih, ada pula beras ketan hitam dan beras ketan merah. Beras ketan hitam dan merah biasanya dibuat sebagai bubur beras ketan, diolah dengan santan dan gula merah. Enak sekali ya apalagi dikonsumsi sore-sore. 

Tapi ternyata selain untuk jajan pasar beras ketan juga bisa diolah untuk kita konsumsi sehari-hari moms. Karena beras ketan memiliki manfaat dan khasiat yang baik selama diolah dengan benar. 

Memahami dan Mempelajari Beras Ketan
source: https://bukalapak.com/


 

Beragam Manfaat Beras Ketan


Pengolahan adalah kunci utama moms dalam memanfaatkan khasiat beras ketan. Karena kalau diolah dengan cara dibuat bubur jenang tentu tidak akan maksimal khasiatnya. 

Cara pengolahan paling sederhana adalah dengan mencampurkan beras ketan dengan beras biasa dan mengkonsumsinya sehari-hari. Karena kandungan kalori pada beras ketan lebih rendah dibandingan dengan beras biasa, so bisa juga loh beras ketan untuk diet, moms.

Menurut DietFacts.com 1 cangkir atau sekitar 200 gram beras ketan berisi berisi 169 kalori atau sekitar 8% dari asupan kalori harian yang direkomendasikan. Jadi untuk moms yang sedang program pengurangan kalori bisa banget loh. 

Beragam Manfaat Beras Ketan
source: https://www.heatherreseck.com

Selain kalorinya yang lebih rendah dibandingkan dengan beras biasa, beras ketan juga memiliki manfaat baik untuk jantung. Kandungan tinggi serat pada beras ketan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Bisa juga mengonsumsi beras ketan untuk diabetes agar berkurang kadar gula dalam darah.

Atau mungkin moms merasa lelah dengan hiruk pikuk kota metropolitan dan terpapar radikal bebas berlebih, tidak perlu bingung untuk mencari pengobatan khusus moms. Beras ketan juga ternyata kaya akan selenium yang merupakan mineral penting bagi tubuh kita berperan sebagai anti-oksidan. Sehingga mengkonsumsi beras ketan dengan benar dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh kita yang bisa rusak akibat radikal bebas. 

Penting juga untuk kita kaum wanita untuk mengkonsumsi beras ketan sebagai salah satu suplemen penjaga kesehatan tulang. Kita kaum wanita membutuhkan asupan kalsium lebih tinggi dibandingkan pria loh moms. Jadi di dalam beras ketan itu ada yang namanya kandungan mangan. Kandungan mangan ini membantu terbentuknya protein proteoglikan, protein yang diperlukan tubuh untuk menjaga tulang rawan serta jaringan tulang lainnya agar tetap sehat. 

Banyak sekali ternyata ya manfaat dan khasiat dari beras ketan. Banyak manfaat dan mudah didapat. Yuk moms, kita olah bersama beras ketan dengan baik sehingga memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh.