Gula Darah Normal Pria dan Wanita


Kadar gula darah normal pada tubuh manusia sebenarnya tidak bisa ditentukan dengan satuan angka baku. Sebab, kadar gula normal pada tubuh bisa berubah-ubah tergantung pada kondisinya, seperti sebelum atau sesudah seseorang mengonsumsi makanan. Begitupun jika penentuan kadar gula normal didasarkan pada gender. Tidak ada perbedaan signifikan antara kadar gula normal pada pria dan wanita.

Gula Darah Normal Puasa


Ketika makan terutama dari sumber karbohidrat contohnya seperti nasi, mie, roti, dan sebagainya akan menghasilkan gula di dalam aliran darah. Lalu, gula yang berada di dalam aliran darah ini akan diantarkan ke sel-sel tubuh yang membutuhkan energi agar bisa berfungsi dengan baik. Namun, saat puasa kadar gula darah dalam tubuh menurun karena tidak ada asupan yang masuk. Sehingga, tidak ada yang diantarkan ke sel-sel tubuh.

Kadar gula darah normal saat puasa dan tidak puasa tentunya berbeda. Berikut kisaran kadar gula darah normal pada tubuh :

  • Kadar gula darah normal sebelum makan : sekitar 70-130 mg/dL
  • Kadar gula darah normal setelah makan : kurang dari 180 mg/dL
  • Kadar gula darah normal puasa : kurang dari 100 mg/dL
Gula Darah Normal Puasa
source: https://alodokter.com/


 

baca juga

Kadar Gula Darah Normal Sesuai Usia

Anak-anak yang baru lahir sampai usia lima tahun memiliki target kadar gula darah yang normal, yaitu sekitar 100-200 mg/dL. Anak-anak yang berusia 5 tahun sampai dengan 11 tahun memiliki target kadar gula darah yang normal, yaitu sekitar 70-150 mg/dL.

Bagi anak usia 12 tahun ke atas memiliki target kadar gula darah yang normal, yaitu sekitar 70 mg/dL sebelum makan dan 150 mg/dL setelah makan. Jika kadar gula darah anak mencapai 100 mg/dL sebelum tidur, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter mengenai camilan sebelum tidur.

Untuk usia dewasa hingga lansia memiliki target kadar gula darah yang normal, yaitu sekitar sekitar 70-130 mg/dL sebelum makan dan kurang dari 180 mg/dL. 

Kadar Gula Darah Normal Sesuai Usia
source: https://hellosehat.com/


 

Tabel Kadar Gula Darah Normal

Di Indonesia merupakan negara urutan keempat dengan penderita diabetes terbanyak di dunia setelah India, China, dan Amerika Serikat. Jumlah ini pastinya akan terus berkembang dari tahun ke tahun jika banyak orang yang tidak mau mengubah pola hidupnya.

Banyak sekali orang yang tidak tahu jika sedang terkena diabetes. Hanya dengan pemeriksaan gula darah, maka dapat dideteksi. Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk mengetahui batasan gula darah normal dalam tubuh.

Tabel Kadar Gula Darah Normal
source: https://infosehatkeluarga.com/


 

baca juga

Makanan Penurun Gula Darah


Gula darah adalah bahan bakar dalam tubuh yang fungsinya sebagai energi untuk kerja otak, sistem saraf, dan organ tubuh lainnya. Gula darah  tubuh diperoleh dan dihasilkan dari sumber makanan yang mengandung lemak, karbohidrat, dan protein.

Kadar gula darah dalam tubuh selalu dalam batas normal. Apabila kadar gula darah terlalu tinggi, maka seseorang terkena penyakit diabetes. Hal tersebut sangat berbahaya jika dibiarkan.

Makanan yang perlu diperhatikan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh antara lain  buah alpukat, ikan yang mengandung zat omega 3 (ikan salmon, ikan trout atau ikan yang hidup di air tawar, ikan tuna, ikan kembung, ikan halibut), bawang putih, kakao, telur, dan sayuran hijau tinggi serat.

Makanan Penurun Gula Darah
source: https://sukita.info/