Manfaat Daun Bidara Arab


Moms, bidara adalah jenis pohon yang tumbuh di daerah kering. Tanaman ini juga memiliki banyak nama sesuai dengan tempat tumbuhnya, contohnya adalah pohon bidara Arab. 

Daun dari pohon bidara Arab ternyata mengandung banyak manfaat. Moms, bisa merebus daun bidara Arab dan diolah menjadi jamu. Bahkan daun bidara Arab yang diremas juga mengeluarkan busa dan baik untuk djadikan sabun bagi orang yang sedang terkena demam.

Manfaat Daun Bidara dalam Islam

Ternyata Al-qur'an dan hadits sudah lebih dahulu mengetahui manfaat dari daun bidara ini lho, Moms. Karena dalam Al-quran banyak menyinggung tentang penggunaan daun bidara dalam kehidupan.

Salah satu manfaat daun bidara yang paling terkenal adalah digunakan untuk memandikan jenazah. Dalam hadits seorang muslim dianjurkan untuk menggunakan campuran daun bidara untuk memandikan jenazah, fungsinya untuk membersihkan kotoran yang menempel di tubuh.

Selain untuk jenazah, daun bidara dipercaya mampu menghilangkan jin yang mengganggu seseorang. Dahulu seorang tabi'in menggunakan 7 helai daun bidara saat ingin melakukan ruqiyah seseorang yang kemasukan jin.


 
baca juga

Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya


Moms, manfaat daun bidara arab selanjutnya mampu menjaga kesehatan jantung, mempercepat penyembuhan luka dan menurunkan berat badan.

Buat Moms di rumah yang ingin tahu cara menggunakan daun bidara, berikut cara mudahnya:
  • Menjaga kesehatan jantung: Moms bisa langsung mengonsumsi daun bidara atau diolah menjadi jus, kemudian diminum dengan teratur.
  • Mempercepat penyembuhan luka: Daun bidara mengandung sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka. Kamu bisa menghancurkan daun bidara lalu oleskan dibagian yang terluka.
  • Menurunkan berat badan: Moms, kamu bisa rebus daun bidara dan minum air rebusannya secara teratur.


 

Gambar Daun Bidara


Nah, Moms daun bidara itu memiliki ukuran sekitar 5-7 mm dengan bentuk yang pendek dan melengkung. Daun bidara biasanya berwarna hijau dan tumbuh hidup di daerah kering. Buat Moms yang masih penasaran banget dengan bentuk daun bidara, berikut gambar jelasnya.
baca juga

Efek Samping Daun Bidara


Selain memiliki banyak manfaat, nyatanya jika dikonsumsi setiap hari daun bidara tidak terlalu baik untuk kesehatan tubuh. Saat dijadikan sabun, ada beberapa jenis kulit yang sensitif sehingga sebelum menggunakannya cobalah terlebih dahulu untuk menghindari alergi dan lainnya.

Nah, Moms sudah tahukan serba-serbi daun bidara, semoga dapat membantu kamu dalam menambah pengetahuan ya.