Kenali Tanda Menstruasi Pertama pada Anak

Kenali Tanda Menstruasi Pertama pada Anak
source: http://data.whicdn.com

Usia di mana remaja putri mendapatkan menstruasi pertama sangatlah berviariasi. Menstruasi pertama pada anak biasanya dimulai dari umur 10 tahun, dan ada pula yang sebelum menginjak usia 15 tahun. Adapun tanda-tanda yang mudah dikenali anak beranjak remaja dan saat mendapatkan menstruasi pertamanya adalah rambut pubis mulai tumbuh, payudara juga kian membesar dan tinggi badannya semakin bertambah. 

 

Ajak Anak untuk Berkomunikasi dengan Rileks

Ajak Anak untuk Berkomunikasi dengan Rileks
source: http://en.arabwomanmag.com

Tak perlu malu-malu atau terlalu formal mengajak anak berbicara tentang menstruasi. Menstruasi adalah hal normal dan dialami setiap anak perempuan, termasuk juga putrimu. Ayo, ajak anak terbuka untuk mengemukakan hal yang dirasakan dan dikhawatirkannya.

Jangan lupa, membuat percakapan kalian terasa menyenangkan agar putrimu merasa nyaman membuka diri.  Kalian bisa mengobrol sembari menikmati waktu berdua misalnya mengunjungi coffee shop atau ber-chit chat ria di kamar. Bersikaplah seolah-olah kamu sebagai teman curhat putrimu!

 

baca juga

Ada beberapa hal seputar menstruasi yang wajib banget kamu bicarakan dengan putrimu yaitu:


 
Ada beberapa hal seputar menstruasi yang wajib banget kamu bicarakan dengan putrimu yaitu:
source: http://coach2confidence.com

1) Kenapa Remaja Putri Mengalami Menstruasi? 

Apabila putrimu bertanya mengapa organ kewanitaannya mengeluarkan darah, maka jelaskan bahwa hal ini merupakan proses alami bagi setiap perempuan di dunia. Menstruasi merupakan siklus di mana memungkinkan seorang peremuan hamil dan memiliki anak. Kalau tidak hamil, maka darah pada dinding rahim akan meluruh sehingga menyebabkan menstruasi. 

2) Jelaskan tentang Apa Itu PMS

Jangan lupa juga menjelaskan tentang sindrom prahaid atau prementual syndrome (PMS). Biasanya sebelum mengalami menstruasi, anak perempuan merasakan gejala-gejala PMS selama beberapa hari terlebih dahulu. Gejala-gejala itu seperti mood swings, mudah tersinggung, payudara bengkak, dan terasa kembung di perut. 
 

Ada beberapa hal seputar menstruasi yang wajib banget kamu bicarakan dengan putrimu yaitu:
source: http://www.dailymail.co.uk


3) Menstruasi bisa Menyebabkan Kram di Bagian Bawah Perut

Terus teranglah kepada putrimu, bahwa kemungkinan ia akan merasakan kram atau nyeri di bagian bawah perut saat menstruasi. Kram ini normal terjadi. Namun, apabila kram tersebut terasa begitu nyeri dan tidak tertahankan, maka minta ia untuk mengungkapkannya agar segera diperiksakan ke dokter. 


4) Ajarkan Cara Menggunakan Pembalut yang Benar

Karena merupakan pengalaman pertama, maka ajarkan putrimu memakai pembalut dengan benar. Pilihlah pembalut yang cukup nyaman dipakai, dan beritahu cara memasang dan memakainya. Dengan penggunaan yang benar, maka akan menghindari putrimu mengalami kebocoran, terutama saat beraktivitas. Beritahu juga untuk sering mengganti pembalut, 4 sampai 5 kali sehari agar organ kewanitaannya tetap bersih dan terhindar dari bakteri. 

baca juga
Ada beberapa hal seputar menstruasi yang wajib banget kamu bicarakan dengan putrimu yaitu:
source: https://wallpapersafari.com


5) Berapa Lama Menstruasi Terjadi hingga Selesai? 

Remaja putrimu mungkin penasaran berapa lama ia mengenakan pembalut. Beritahu bahwa ia perlu memakainya selama darah masih keluar hingga benar-benar bersih. Biasanya di akhir menstruasi, darah yang keluar semakin sedikit hingga kemudian tersisa flek. Biasanya butuh waktu 5 hingga 7 hari untuk menstruasi benar-benar selesai. 


6) Bisakah Remaja Putri Hamil?

Nah, ini poin yang cukup penting. Katakan kepada putrimu bahwa menstruasi merupakan tanda organ kewanitaannya menjadi lebih matang. Ketika remaja sudah mengalami menstruasi, itu berarti ia bisa hamil kapan saja apabila melakukan hubungan seks dengan lawan jenisnya. Di sini kamu wajib membekali anak dengan pengetahuan tentang seks dan tidak boleh melakukan hubungan intim dengan laki-laki sebelum menikah.