Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Wajah


Melihat jerawat yang sudah hilang pasti sangat menyenangkan, namun yang bikin sebal adalah ketika jerawat meninggalkan jejak alias bekas jerawat. Bagi moms yang memiliki kulit berwarna putih atau terang, bekas jerawat yang biasanya menimpa adalah berwarna kemerahan. Bekas jerawat kemerahan ini memiliki nama ilmiah yaitu Post Inflammatory Erythema.

Bekas jerawat ini timbul karena adanya pembesaran pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit. Adapun bekas jerawat kemerahan sedikit lebih sulit untuk dihilangkan dari pada bekas jerawat kehitaman. Tapi moms tidak perlu khawatir beberapa cara ini akan menghilangkan bekas jerawat kemerahan tersebut.
  1. Pilihlah skin care yang dapat memberikan soothing dan calming pada kulit,  kandungan tersebut dapat moms temukan di produk skincare yang memiliki kandungan seperti centella asiatica, green tea, aloe vera, serta allantoin.
  2. Gunakan produk moisturizer dan oleskan pada area wajah yang membutuhkan kelembapan, khususnya daerah bekas jerawat untuk menghindari terjadinya kulit dehidrasi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti polusi, over-exfoliating, atau cuaca.
  3. Gunakan Masker Lemon.
  4. Gunakan Masker Tomat.
  5. Meminum Green Tea.
  6. Gunakan Pembersih Wajah yang tidak mengandung astringent dan alkohol karena produk pembersih tersebut akan membuat kulit moms menjadi kering dan rawan terkena iritasi.
  7. Gunakan Obat Antibiotik seperti Cindala atau Amoxicilin.
  8. Gunakan Masker Pala.
  9. Cara paling efektif untuk mengurangi bekas jerawat adalah dengan perawatan laser seperti vascular lasers (namun lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter ya moms untuk hasil yang lebih maksimal).
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Wajah
source: https://pixabay.com


 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung


Jerawat rupanya tidak hanya muncul di wajah melainkan di beberapa bagian tubuh lainnya lho moms, selama bagian kulit tersebut memiliki kelenjar minyak jerawat bisa tumbuh. Hal ini tentu akan membuat tidak nyaman, apalagi jika muncul jerawat di punggung.

Bekas jerawat yang banyak di daerah punggung akan sangat mengganggu apalagi jika moms memakai pakaian yang terbuka, seperti baju sabrina atau baju yang mengekspos punggung lainnya. Berikut ini beberapa cara alami yang dapat menghilangkan jerawat di punggung.

  • Lemon
Gunakan lemon, peras satu buah lemon dan ratakan pada bagian punggung, diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air.
  • Putih Telur
Gunakan putih telur, oleskan putih telur ke bagian punggung, diamkan selama 20 menit menit dan bilas dengan air.
  • Minyak Zaitun
Gunakan minyak zaitun, ratakan minyak zaitun pada permukaan kulit, diamkan sampai minyak mengering dan meresap, lalu bilas dengan air.
  • Lidah Buaya
Gunakan Lidah Buaya, kupas lidah buaya hingga nampak gelnya saja, oleskan pada punggung, diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air.
  • Timun
Gunakan Timun, iris timun kecil-kecil, kemudian tempelkan irisan timun secara merata di punggung sekitar 15-20 menit, lalu bilas dengan air.
  • Scrub Beras
Untuk hasil yang lebih efektif, gunakan scrub dari bahan alami seperti beras, tumbuk beras sampai halus dan campurkan perasan lemon atau jeruk nipis, lalu oleskan pada punggung sampai merata, oleskan scrub dengan cara memutar dan ditekan, lalu bilas dengan air.
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Dapur


Tak perlu ambil pusing untuk menghilangkan bekas jerawat, ternyata moms dapat menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan yang ada di dapur lho! Menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami ini rupanya ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat moms, berikut bahan-bahan dapur yang dapat moms gunakan.

  • Kunyit
Gunakan kunyit yang sudah menjadi bubuk, campur bubuk kunyit dengan air mawar atau bisa menggunakan toner mawar, oleskan pasta kunyit ke bekas jerawat, diamkan sekitar 15-20 menit, lalu bilas dengan air.
  • Pala
Gunakan Pala yang sudah menjadi bubuk, lalu campur dengan madu, oleskan ke bekas jerawat, diamkan sekitar 15-20 menit, setelah itu bilas dengan air.
  • Kayu Manis
Tumbuk kayu manis hingga menjadi bulir-bulir halus, campurkan bubuk kayu manis dengan madu atau air biasa hingga membentuk pasta, oleskan ke bagian tubuh yang terdapat bekas jerawat, diamkan sekitar 15-20 menit, jika sudah kering bilas dengan air.
  • ​​​​​​Minyak Kelapa
Gunakan virgin coconut oil, ambil setengah sendok teh minyak kelapa, oleskan minyak kelapa ke bagian tubuh yang terdapat bekas jerawat, diamkan sampai kering sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air. Untuk hasil yang maksimal gunakan secara rutin 2 kali seminggu.
  • Bawang Putih
Parut bawang putih sampai halus, kemudian oleskan pada bagian bekas jerawat sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air. (Namun perlu diketahui penggunaan bawang putih harus berhati-hati ya moms, jika memiliki kulit sensitif disarankan tidak menggunakan bawang putih agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit).
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Dapur
source: https://id.pinterest.com


 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Jeruk Nipis


Jeruk nipis merupakan salah satu pelengkap makanan yang sering kita konsumsi, rupanya jeruk nipis juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat hingga bekas jerawat lho moms! Jeruk nipis rupanya mengandung antioksidan dan antibiotik alami yang mampu mencerahkan, mengecilkan pori-pori, dan mengangkat sel kulit mati. Berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis.

  1. Siapkan 1 sampai 2 buah jeruk nipis, lalu peras di mangkok kecil.
  2. Setelah itu, campurkan 1 sdt madu dan aduk sampai rata sampai membentuk pasta. Apabila terlalu cair tambah madu dan sebaliknya jika terlalu kental tambahkan perasan jeruk nipis.
  3. Oleskan pasta jeruk nipis ke area kulit yang terdapat bekas jerawat menggunakan kuas untuk hasil yang lebih merata.
  4. Diamkan sampai meresap sekitar 30 menit.
  5. Jika sudah kering segera cuci dengan menggunakan air bersih. 
  6. Untuk hasil yang maksimal moms dapat menggunakan campuran jeruk nipis ini sehari sekali secara rutin.
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Jeruk Nipis
source: https://id.pinterest.com

Sebenarnya bekas jerawat dapat hilang dengan sendirinya namun membutuhkan proses yang lumayan lama. Beberapa cara dan tips di atas dapat membantu moms dalam menghilangkan bekas jerawat. Semoga bermanfaat ya moms!