Cara Mendisiplinkannya

Tetapkan aturan yang jelas tentang perilaku dan komunikasi. Melibatkannya dalam sebuah diskusi artinya suatu hari kamu dapat mengingatkannya bahwa dia pernah membantu membuat peraturan, dan dia menyetujuinya.

- Fokus pada perilaku anak dan lihat bagaimana responnya. Hindari komentar tentang kepribadian atau karakter anak. Cbalah mengatakan bahwa kamu merasa sakit hati saat dia berbicara tidak santun padamu.

- Jalankan konsekuensinya, tapi usahakan jangan terlalu banyak mengaturnya.

source: http://www.pendidikankarakter.com


 

Cara Komunikasi yang Baik

- Tetap tenang dan tarik napas dalam-dalam. Hal ini penting jika anak kamu bereaksi dengan penuh emosi saat diskusi, kemudian lanjutkan dengan tenang apa yang ingin kamu katakan.

- Humor. Tertawa bersama bisa memecahkan situasi yang rumit serta meringankan nada percakapan yang memanas. Tapi hindari mengejek atau bersikap sarkastik ya.

- Perhatikan tingkat pengertianmu padanya. Terkadang remaja tidak sopan bukan berarti bersikap kasar.

- Berikan pujian pada anak, saat dia berkomunikasi dengan cara yang positif. Bila kamu memiliki interaksi positif, tunjukkan hal ini kepada dia. Ini memungkinkannya mengetahui bahwa kamu menyadari dan menghargai pendapatnya.

source: http://blogkesehatandetik.blogspot.co.id


 

baca juga

Cara Menjaga Hubungan

- Jadilah panutan. Bila kamu sedang  bersama anak, cobalah untuk berbicara dan bertindak sesuai bagaimana kamu menginginkan anak melakukan itu terhadapmu. Misalnya, jika kamu banyak melakukan bersumpah, anak kamu mungkin akan sulit untuk memahami mengapa tidak baik baginya untuk bersumpah juga.

- Jika ada banyak ketegangan antara kamu dan anak, orang dewasa lain yang kamu kenal dan percayai, seperti bibi, paman atau teman keluarga, mungkin bisa mendukung anak kamu selama masa ini. Melibatkan seseorang seperti ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi ketegangan.

- Pastikan pada anak bahwa tidak ada yang membuatnya merasa tertekan atau khawatir.

source: https://beritagar.id


 

Hindari Hal Ini!

- Tips mendidik anak remaja adalah dengan kamu harus menghindari perdebatan karena ini tidak akan berhasil. Jika kamu marah, akan sulit untuk mendiskusikan dengan tenang apa yang kamu harapkan darinya. Pendekatan yang lebih efektif adalah memberi tahu anak kamu bahwa kamu ingin berbicara pada waktu yang tepat.

- Kemudian jangan defensif terhadap anak kamu. Cobalah untuk tidak mengambil barang secara pribadi. Mungkin bisa membantu mengingatkan diri kamu bahwa anak kamu mencoba untuk menegaskan kemandiriannya.

- Jangan mengomel, menguliahi, dan sarkasme karena hanya akan membuat kebencian dan meningkatkan jarak antara kamu dan dia.

source: http://lifestyle.okezone.com