Gusi Berdarah pada Anak


Terjadinya gusi yang berdarah pada anak adalah salah satu masalah yang sering terjadi. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan sejak dini oleh orang tua tentang betapa pentingnya merawat gigi. Kebersihan mulut yang buruk dan jarang menyikat gigi dapat menyebabkan penumpukkan karang gigi, jaringan gusi meradang, dan penumpukkan plak pada gigi.

Bakteri yang berada di dalam mulut memakan sisa makanan yang dimakan oleh si kecil, sehingga mengakibatkan gigi berlubang, pembusukkan gigi, hingga menyebabkan gusi berdarah. Jika tidak segera ditangani ke dokter, si kecil akan menderita penyakit yang lebih serius seperti gingivitis dan periodontitis lho moms! 

Gingivitis adalah inflamasi pada gusi yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Sedangkan periodontitis adalah suatu infeksi gusi yang serius dan merusak gusi serta dapat menghancurkan tulang rahang. Periodontitis sendiri merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan paru-paru. Wah ngeri ya moms!

Namun tidak semua gusi berdarah menyebabkan hal yang buruk ya moms, tumbuhnya gigi baru pada anak juga menyebabkan gusi berdarah hingga bengkak lho! Pendarahan pada gusi ini umumnya ringan dan jaringan gusi akan membuat jalan untuk gigi baru tumbuh.

Gusi Berdarah pada Anak
source: https://id.pinterest.com


 

Gusi Berdarah dan Bengkak


Gusi berdarah dan bengkak tidak hanya menimpa anak-anak, namun juga orang dewasa lho! Dari beberapa riset yang ditemukan kisaran umur yang paling banyak menderita penyakit gusi berdarah dan bengkak adalah umur 41 tahun sampai 60 tahun ke atas moms. Hal ini membuktikan bahwa masih minimnya edukasi tentang merawat kesehatan mulut yang benar.

Kebanyakan beberapa dari kita hanya menyikat gigi pada waktu pagi, padahal menyikat gigi pada waktu malam hari yang paling penting lho! Bakteri akan bekerja dan beraktivitas pada malam hari sehingga menyebabkan pembusukkan gigi, jika diteruskan akan menjalar hingga membuat gusi berdarah dan bengkak.

Namun juga ada beberapa faktor lain yang menyebabkan penyakit ini seperti berikut ini.

  1. Jarang sikat gigi
  2. Menyikat gigi terlalu keras
  3. Posisi gigi yang tidak teratur sehingga menyebabkan sisa makanan terselip di antara gigi dan susah dibersihkan dengan sikat biasanya untuk kasus seperti bersihkan gigi di dokter ya
  4. Kekurangan vitamin C dan K
  5. Perubahan hormon
  6. Kebiasaan merokok, nikotin yang terkandung dalam rokok juga bisa memicu periodontitis. Karena itulah perokok aktif lebih berisiko terkena periodontitis ketimbang non-perokok
Gusi Berdarah dan Bengkak
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Gusi Berdarah Terus Menerus


Mungkin beberapa dari kita pernah mengalami gusi berdarah, namun apa jadinya jika gusi berdarah terus menerus? Tentunya moms akan khawatir apabila kejadian ini terjadi. Berikut ini beberapa penyebab gusi berdarah terus menerus yang perlu moms ketahui.

  1. Gingivitis
  2. Jumlah Trombosit yang Rendah
  3. Leukimia
  4. Gigi Berlubang
  5. Hemofilia atau Penyakit Von Willebrand
  6. Diabetes
  7. Periodentitis
  8. HIV
Jika hal ini terjadi pada moms atau keluarga lebih baik melakukan penangan khusus ke dokter ya, untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.
Gusi Berdarah Terus Menerus
source: https://id.pinterest.com


 

Penyebab Gusi Berdarah Tiba-Tiba


Pernah tidak sih waktu moms menggosok gigi dengan pelan dan hati-hati namun tiba-tiba gusi berdarah? Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini, bukan hanya karena cara menggosok gigi moms yang salah. Berikut ini beberapa penyebab timbulnya gusi berdarah secara tiba-tiba.

  1. Menumpuknya plak pada permukaan gigi sehingga menjadi tempat berkembang biaknya bakteri
  2. Banyaknya karang gigi
  3. Adanya perubahan hormon
  4. Efek samping obat-obatan atau perawatan seperti kemo atau radioterapi
  5. Kekurangan vitamin K dan C
  6. Terjangkit penyakit seperti liver, ginjal, dan diabetes
  7. Gusi pernah cedera dan belum sembuh secara total, seperti tertusuk tusuk gigi atau menggunakan sikat gigi yang memiliki tekstur yang kasar
Penyebab Gusi Berdarah Tiba-Tiba
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Gusi Berdarah Saat Hamil


Kehamilan pertama merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para Mommy, namun beberapa hal terkadang terjadi dan membuat moms khawatir seperti adanya kasus gusi yang bengkak dan berdarah selama proses kehamilan. Lantas berbahaya tidak ya untuk bayi kita? Jawabanya tidak ya moms.

Sebuah penelitian mengatakan 5 dari 10 ibu hamil pernah mengalami gusi berdarah lho! Biasanya gusi akan mengalami pembengkaan pada 3 bulan pertama selama proses kehamilan. Berikut ini beberapa penyebab gusi berdarah pada ibu hamil.

  1. Meningkatnya hormon progesteron pada tubuh
  2. Perubahan hormon
  3. Kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C
  4. Kurang Vitamin K
  5. Merokok, selain menyebabkan gusi berdarah rokok juga tidak baik untuk perkembangan janin
  6. Menggosok gigi kurang bersih
     
Gusi Berdarah Saat Hamil
source: https://id.pinterest.com

Menjaga kesehatan mulut itu penting ya moms, maka dari itu tanamkan kebiasaan baik pada anak sejak kecil untuk merawat gigi dengan menggosok gigi pagi dan malam sebelum tidur. Untuk membersihkan karang dan plak gigi moms disarankan membersihkan ke dokter gigi ya! Tetap sehat ya moms!