Kondom sebagai Alat Kontrasepsi


Sebagai penduduk yang tinggal di Asia dengan kultur ketimuran yang sangat kental, kadang terasa tabu untuk membicarakan masalah reproduksi dan kontrasepsi padahal ini adalah hal terpenting yang perlu diketahui pasangan menikah atau yang akan menikah. Melakukan program perencanaan keluarga sangat penting dirancang dari awal, mau berapa anak nantinya, berapa jarak usia anak yang ideal, bagaimana cara menjaga perbedaan jarak usia anak. 

Ada beragam macam alat kontrasepsi diluar sana mulai dari sistem tradisional yaitu sistem KB tanggal, pemasangan IUD, atau steril. Padahal ada cara sederhana yang sering dilupakan karena dianggap tidak nyaman atau banyak yang ragu akan manfaatnya yaitu kondom. 

Apa sajakah yang perlu kita ketahui tentang kondom moms? 
Tentunya kegunaan kondom adalah sebagai alat kontrasepsi yang biasanya digunakan pasangan untuk menjaga sex tetap aman. Maksudnya sex tetap aman bukan hanya masalah penularan penyakit kelamin moms, tapi juga untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan. 

Kondom sebagai Alat Kontrasepsi
source: https://sc01.alicdn.com/

Beragam Macam dan Jenis Kondom

"Tapi suami saya ga mau menggunakan kondom katanya tidak enak?"

Sering sekali terdengar pernyataan seperti ini ya moms, padahal di jaman sekarang ini ada banyak sekali model kondom dipasaran. Dads bisa pilih mulai dari ukuran, ketebalan, jenis bahan, dan beragam kategori lainnya.

Perlu diingat untuk Moms atau Dads yang alergi dengan latex bisa menghindari kondom dengan bahan tersebut untuk mencegah terjadinya iritasi.

Terpenting ketika memilih kondom selain rasanya juga keamanannya moms. Kondom yang bagus dan baik adalah kondom yang dijamin tidak akan bocor ketika digunakan. Ketidakbocoran inilah yang menjamin tidak terjadinya kehamilan atau penularan penyakit kelamin. 

Beragam Macam dan Jenis Kondom
source: https://www.verywellhealth.com

Kapan sih memangnya waktu yang tepat memakai kondom? Setiap berhubungan suami istri kah? Untuk amannya memang begitu moms, tapi kalau moms memiliki siklus yang teratur dan tahu kapan masa subur yang dialami bisa kok memanfaatkan kondom hanya pada masa subur itu.

Jadi ketika Moms dan Dads berhubungan diluar masa subur bisa tidak mengunakan kondom. Dengan catatan ya Moms, jika moms sudah yakin nih dengan siklusnya. Tapi jika tidak yakin disarankan mengunakan kondom setiap berhubungan suami istri saja untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan. 

Di Indonesia  kondom yang paling dikenal oleh pasangan suami istri adalah Sutra dan Fiesta. Kondom Sutra sendiri sudah dikenal sejak tahun 1996 kemudian melahirkan beberapa brand lainnya dibawah Sutra salah satunya adalah Fiesta. 

Produk kondom sutra ada 3 macam yaitu Sutra Merah, Sutra Obat Kuat (OK), dan Sutra RM (Ramuan Manjakani), yang menarik untuk dibahas Sutra RM nih moms. Jadi Sutra RM adalah kondom Sutra coklat yang memiliki pelumas yang mengandung ramuan khusus yang berkhasiat untuk membersihkan dari virus dan bakteri, membuat aroma lebih sedap/wangi serta mengencangkan organ intim kewanitaan. 

Kalau Moms dan Dads tipe yang suka coba-coba bisa banget nih cobain kondom Fiesta berduri atau lebih dikenal dengan Fiesta Dotted. Kenapa perlu dicoba? Karena produk kondom dari Fiesta ini memiliki tekstur pada kondom yang bisa memberikan sensasi berbeda saat melakukan hubungan. 

Jadi gimana nih moms mau mulai coba kondom? Jangan takut kalau belum mencoba moms, karena kondom adalah alat kontrasepsi termudah dan termurah yang tersedia. Jadi mari yuk kita manfaatkan sebaik mungkin.