Penyebab Ketombe Parah


Penyebab utama ketombe adalah minyak berlebih di kulit kepala. Saat cuaca terik dan panas kulit kepala akan banyak mengeluarkan keringat, keringat di kulit kepala itu akan bercampur dengan produksi sebum kemudian menyebar ke seluruh kepala yang akan menyebabkan kulit kepala menjadi berminyak.

Kulit kepala yang berminyak adalah lingkungan ideal untuk tumbuhnya ketombe. Selain itu ketombe juga disebabkan oleh beberapa hal, berikut ini penyebab ketombe yang perlu Moms tahu:
 
source: https://pinterest.com
  • Dermatitis seboroik
Kondisi ini ditandai dengan kulit kepala yang memerah dan berminyak serta ditutupi oleh sisik berwarna putih atau kuning yang menyebabkan rasa gatal. Ketika di garuk, sisik putih itu akan mengelupas dan bertebaran. 
  • Jamur Malassezia 
Jamur ini tidak berbahaya. Tapi jamur ini akan meningkat pertumbuhannya seiring dengan meningkatnya produksi minyak. Ketika jamur ini berkembang biak di kelenjar minyak akan menyebabkan kulit kepala mengelupas yang disebut dengan ketombe. 
  • Sensitif terhadap produk tertentu 
Produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan kulit kepala kita akan menyebabkan iritasi, gatal, dan kulit kepala bersisik yang kemudian menimbulkan ketombe. 
  • Tidak menjaga kebersihan, jarang keramas
Saat Moms jarang membersihkan rambut atau jarang keramas, produksi minyak di kulit kepala akan menumpuk dan bercampur dengan keringat serta kotoron yang akan menyebabkan kulit kepala berkerak. 
  • Stress 
Moms, ternyata kondisi pikiran yang stres tidak hanya mempengaruhi kesehatan badan tapi juga kesehatan rambut. Kondisi pikiran yang stres sangat mempengaruhi timbulnya ketombe. 
  • Penyakit eksim 
Ternyata eksim tidak hanya menyerang kulit dibagian kaki atau tangan saja, lho. Eksim juga bisa menyerang kulit kepala yang menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan mengelupas. 
  • Kurang bersih ketika membilas rambut 
Ketika kita memakai shampo atau conditioner dan tidak bersih saat membilasnya maka akan menyebabkan kerak yang akan berubah menjadi ketombe. 
​​​​​​
 

Penyebab Ketombe Kering


Kondisi kulit kepala yang kering akan menyebabkan serangkaian masalah rambut salah satunya adalah ketombe. Kulit kepala yang kering biasanya terjadi akibat terlalu sering keramas, kurangnya konsumsi air putih, faktor cuaca juga turut mempengaruhi kondisi kulit kepala. Udara yang terlalu dingin dan kering akan menyebabkan kulit kepala menjadi kering.

Kulit kepala yang kering akan menimbulkan bercak bersisik yang dibarengi dengan rasa gatal yang tak tertahankan yang kemudian akan menimbulkan ketombe. Menjaga kulit kepala tetap lembab menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah ketombe kering. Penyakit eksim juga dapat menjadi penyebab timbulnya ketombe. 

 
source: https://pinterest.com

 
baca juga

Penyebab Ketombe dan Rambut Rontok


Ketombe dan rambut rontok memiliki keterkaitan yang erat. Penyebab utama rambut rontok adalah kulit kepala yang tidak sehat dan kuat untuk menopang rambut. Rambut yang tumbuh dari kulit kepala yang tidak sehat akan lebih rentan terhadap kerusakan. Salah satu penyebab kulit kepala yang tidak sehat adalah ketombe.

Ketika Moms mengalami masalah ketombe secara otomatis kulit kepala juga akan menjadi gatal. Saat kulit kepala terasa gatal, Moms akan segera menggaruknya. Menggaruk kulit kepala dapat merusak akar rambut dan meningkatkan risiko rambut rontok. Karena menggaruk dapat merusak helai-helai rambut, sehingga rambut akan mudah patah dan rontok. 

Apakah Ketombe itu Hidup


Ketombe adalah pengelupasan kulit mati di kulit kepala yang menyebabkan kulit kepala menjadi kemerahan, gatal, dan bersisik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa keberadaan jamur adalah penyebab timbulnya ketombe di kulit kepala.

Jamur yang bernama malassezia itu memakan sebum kulit kepala yang kemudian menghasilkan sisa pencernaan berupa asam lemak. Asam lemak inilah yang menyebabkan kulit kepala iritasi dan menghambat metabolisme dan mengganggu pertumbuhan sel kulit kepala yang baru.

Pertumbuhan sel kulit kepala yang terganggu menyebabkan pengelupasan kulit kepala yang ditandai dengan serpihan kulit kepala mati yang berwarna putih atau kuning. Dan perlu diketahui Moms, bahwa ketombe tidak menular. 

baca juga

Bakteri Penyebab Ketombe


Ada sebuah penelitian lain yang dilakukan bahwa penyebab ketombe adalah karena ketidakseimbangan dua bakteri yang secara alami hidup di kulit manusia. Jika kedua bakteri bisa seimbang saling mengendalikan, maka masalah ketombe tidak akan muncul. Namun, saat salah satu bakteri mendominasi maka yang akan terjadi adalah munculnya bintik-bintik putih yang menyebabkan ketombe.

Menggaruk berlebihan pada ketombe dapat menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko infeksi dari bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. Infeksi kedua bakteri itulah yang menyebabkan ketombe. 


 

source: https://pinterest.com

Cara Mengatasi Ketombe


Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketombe adalah dengan keramas secara teratur menggunakan shampo khusus antiketombe. Moms juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi ketombe seperti, tree tea oil, minyak zaitun, baking soda, dan lidah buaya. Jangan terlalu stres dan komsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin B, omega 3, dan minuman probiotik yang mengandung bakteri baik.

Bagaimana Moms sekarang sudah tahu kan apa sebenarnya ketombe itu? Semoga artikel di atas bisa menambah pengetahuan Moms seputar ketombe, ya.