Jelang persalinan, Moms perlu mempersiapkan segala sesuatu sebaik-baiknya. Tak terkecuali adalah persiapan fisik. Saat proses persalinan, terlebih persalinan normal, diperlukan tenaga dan teknik yang tepat agar Moms bisa melakukan persalinan dengan lancar. Untuk itu persiapan senam hamil dilakukan mulai trimester ketiga kehamilan atau saat janin berusia 7 bulan ke atas.

Ada beragam gerakan senam hamil yang bisa Moms pilih, salah satunya adalah senam kegel. Apa sih senam kegel itu?

Senam kegel adalah


Senam kegel adalah senam yang berfokus pada gerakan-gerakan untuk melatih otot panggul bagian bawah. Senam kegel akan mengencangkan otot-otot bawah rahim, usus besar dan kandung kemih. 

Jika dilakukan oleh ibu yang mempersiapkan persalinan, senam kegel akan menguatkan otot panggul dan meningkatkan elasitasnya sehingga mempermudah proses persalinan.

baca juga

Senam kegel untuk wanita pemula


Senam kegel bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mengikuti beberapa instruksi berikut ini.

  1. Buang air kecil dulu agar kandung kemih kosong dan senam kegel lebih nyaman dilakukan.
  2. Kencangkan otot panggul bawah seperti menahan buang air kecil, kendurkan lalu lepaskan.
  3. Kencangkan lagi otot panggung bawah sampai hitungan ke-5. Lalu kendurkan.
  4. Ulangi gerakan ini sebanyak 4 kali.
Senam kegel untuk wanita pemula

Senam kegel untuk ibu hamil


Senam kegel dengan gerakan jongkok akan mempermudah persalinan. Tapi melakukannya jangan tergesa-gesa ya, Moms. Begini caranya:

  1. Berdiri tegak lurus, ambil nafas panjang, keluarkan perlahan-lahan agar rileks.
  2. Dengan gerakan lambat, mulailah berjongkok sambil pertahankan posisi punggung tetap lurus selama 10 hitungan.
  3. Ulangi gerakan ini 4 kali dan beristirahatlah jika terasa lelah.
     
baca juga

Senam kegel untuk ibu hamil 5 bulan


Untuk ibu hamil, gerakan senam kegel bisa difokuskan pada memperkuat otot bagian bawah. Dibutuhkan juga lengan untuk menopang gerakan ini.

  1. Berbaring telentang di lantai bermatras. Tekuk lutut dan posisi telapak kaki rata menghadap lantai.
  2. Tarik nafas seiring dengan mengangkat pinggul dan panggul.
  3. Tahan nafas selama 10 detik
  4. Turunkan pinggul, lepaskan dasar panggil sambil menghembuskan nafas
  5. Ulangi gerakan ini sepuluh kali
Senam kegel untuk ibu hamil 5 bulan

Senam kegel setelah melahirkan


Senam kegel bukan hanya baik dilakukan sebelum melahirkan, tetapi juga setelah melahirkan. Dengan senam kegel, vagina akan rapat dan mempercepat pemulihan selepas melahirkan. Untuk Moms yang melakukan episiotomi alias gunting vagina saat melahirkan, vagina akan terasa lebih kendur. Senam kegel yang meningkatkan sirkulasi darah ke vagina dapat memulihkan efek akibat episiotomi.

Itu dia serba-serbi senam kegel yang bermanfaat untuk ibu hamil maupun pasca melahirkan. Konsultasikan dahulu kondisi Moms sebelum melakukan senam kegel ini ke dokter ya supaya lebih aman. Semoga informasi ini berguna untuk Moms.

Senam kegel setelah melahirkan